7 Tips Untuk Menghemat Biaya Proses Pemesinan CNC – 2/2

Setelah Anda mempelajari tentang faktor utama yang memengaruhi biaya pemesinan; izinkan kami memberi Anda 7 tip praktis dan berguna untuk menghemat biaya proses pemesinan CNC.

1. Bijaksana dalam Pemilihan Material

Pemilihan material Anda harus berdasarkan dan sesuai dengan aplikasi benda kerja Anda. Ingatlah untuk memilih bahan yang sangat mudah dikerjakan sebisa mungkin. Penggunaan  bahan keras (misalnya, baja, titanium, atau superalloy lainnya) hanya jika sifat mekaniknya diperlukan untuk suatu aplikasi.

2. Sederhanakan desain benda kerja Anda 

Sebisa mungkin, Anda harus menyederhanakan benda kerja Anda dan fokus pada desain dengan implikasi praktis. Untuk meminimalkan waktu pemesinan, penggunaan peralatan, dan proses pemesinan; Anda tidak boleh terlalu memperumit fitur benda kerja yang bahkan tidak relevan dengan aplikasi Anda. Perhatikan bahwa harga benda kerja meningkat seiring dengan kerumitan proses pemesinan benda kerjanya.

3. Hindari proses yang membutuhkan toleransi yang sangat ketat sebanyak mungkin

Benda kerja dengan toleransi yang lebih ketat secara signifikan lebih sulit untuk dicapai[ sehingga membuatnya mahal. Hanya melakukan pengontrolan pada dimensi yang penting dan berpengaruh besar terhadap fungsionalitas benda kerja secara keseluruhan saja. Salah satu saran bagus yang dapat kami berikan kepada Anda; adalah merancang benda kerja Anda agar memiliki satu titik referensi atau datum yang sama. Ini akan membantu Anda dan operator mesin. Pertama, Anda, untuk meminimalkan kontrol dimensi yang perlu Anda terapkan pada benda kerja; dan kedua, operator mesin, untuk mengurangi waktu inspeksi.

4. Jika kompleksitas tidak dapat dihindari, ubah satu bagian dari benda kerja yang rumit itu menjadi komponen modular.

Ketika satu bagian benda kerja menjadi terlalu rumit; disarankan untuk membagi satu bagian utuh benda kerja menjadi beberapa komponen untuk dirakit. Ini akan membuat pemesinan lebih mudah dan sederhana. Hal Ini secara signifikan mengurangi waktu pengaturan, mengurangi operasi pemesinan, dan mengoptimalkan waktu pemesinan. Ini adalah strategi yang biasa digunakan oleh desainer untuk mempromosikan kemampuan manufaktur suatu benda kerja dan mengurangi biaya fabrikasinya.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Suku Cadang Mesin Custom

5. Pertimbangkan ukuran dan profil Lubang

Ketika membuat benda kerja pada mesin CNC Anda; Anda harus memastikan bahwa fitur benda kerja Anda (misalnya, lubang, kontur, slot, ulir, dll.) dapat dibuat dengan peralatan standar yang tersedia secara umum. Ukuran lubang dan ulir khusus akan membutuhkan alat khusus pula; yang harganya bisa sangat mahal. Ada banyak referensi tentang ukuran standar yang digunakan dalam industri permesinan yang tersedia melalui internet.

Ingat, hanya gunakan dimensi lubang khusus bila diperlukan atau bila perlu untuk aplikasi.

menghemat biaya proses

6. Hindari dinding tipis dan rongga yang dalam pada desain benda kerja Anda

Benda kerja yang berdinding tipis dan berongga yang dalam sangat menantang untuk dicapai melalui pemesinan; dan biasanya rentan terhadap ketidakakuratan dimensi. Fitur bagian ini cenderung menyebabkan getaran pada benda kerja dan kadang-kadang menyebabkan denturan pada benda kerja. Seperti yang kami katakan, benda kerja  yang sulit praktis mahal untuk dibuat.

7. Bijaksana dalam merencanakan operasi pemesinan

Kurangi operasi-operasi pada mesin Anda sebanyak mungkin. Lebih banyak operasi berarti lebih lama waktu pengaturan dan pemesinan. Strategikan teknik pemesinan Anda sedemikian rupa sehingga pembuatan benda kerja Anda dapat dicapai dengan sedikit perubahan dalam pengaturan

Poin Penting

Untuk menghemat biaya proses pemesinan CNC, Anda harus selalu mempertimbangkan kompleksitas benda kerja; persyaratan Dimensi dan Finishing; dan Material yang akan digunakan. Selalu ingat bahwa semakin sulit suatu benda kerja dibuat; semakin mahal pula harganya, jadi untuk mengatasinya; buatlah benda kerja Anda sesederhana mungkin.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file