Jenis dan Contoh Mesin CNC: Memahami Varian-Variannya

Mesin CNC (Computer Numerical Control) telah merevolusi dunia manufaktur dengan memberikan presisi, kecepatan, dan konsistensi yang tak tertandingi dalam proses produksi. Namun, untuk memanfaatkan teknologi ini secara maksimal, penting untuk memahami jenis-jenis mesin CNC yang berbeda dan aplikasi masing-masing. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis mesin CNC yang umum digunakan serta contoh-contohnya.

Jenis Mesin CNC

1. Mesin CNC Frais (Milling)

CNC Machine Frais atau Milling digunakan untuk membuat bentuk dan permukaan kompleks pada benda kerja dengan menghilangkan material menggunakan alat pemotong berputar. Mesin frais dapat dibagi menjadi beberapa tipe, termasuk:

  • Vertical Machining Center (VMC): Mesin ini memiliki spindle (poros putar) yang tegak lurus terhadap meja kerja, memungkinkan pemrosesan benda kerja dari atas.
  • Horizontal Machining Center (HMC): Spindle pada mesin ini berada sejajar dengan meja kerja, memungkinkan pemrosesan sisi benda kerja secara efisien.

Contoh: Haas VF-2SS Vertical Machining Center, Makino A71 Horizontal Machining Center

2. Mesin CNC Bubut (Turning)

Turning CNC Machine atau Mesin Bubut digunakan untuk memutar benda kerja sambil menghilangkan material menggunakan alat potong yang dipasang pada spindle. Mesin ini ideal untuk pembuatan bagian berbentuk silinder seperti poros dan fitting.

Contoh: Okuma LB3000EXMY CNC Lathe, Mazak Quick Turn Nexus 250-II MSY

3. Mesin CNC Router

layanan-pemesinan-cnc

CNC Router Machine digunakan untuk memotong, mengukir, dan membentuk benda kerja pada berbagai jenis material, termasuk kayu, plastik, dan logam non-ferrous. Mesin ini sering digunakan dalam industri perabotan, pembuatan prototipe, dan industri kreatif lainnya.

BACA JUGA  7 Tips Untuk Menghemat Biaya Proses Pemesinan CNC - 2/2

Contoh: ShopBot PRSalpha CNC Router, AXYZ Infinite CNC Router

4. Mesin CNC Plasma dan Laser

CNC Machine Plasma dan laser digunakan untuk pemotongan material logam dengan akurasi tinggi dan tanpa kontak fisik. Mesin plasma menggunakan gas yang dipanaskan untuk memotong material, sementara mesin laser menggunakan sinar laser yang sangat kuat.

Contoh: Hypertherm Powermax45 XP CNC Plasma Cutter, Trumpf TruLaser 3030 Fiber Laser Cutter

Manfaat Penggunaan Mesin CNC

  1. Presisi Tinggi: Mesin CNC mampu mencapai toleransi yang sangat ketat, menghasilkan produk dengan akurasi yang konsisten.
  2. Efisiensi Produksi: Proses otomatisasi memungkinkan produksi yang lebih cepat dan efisien, mengurangi waktu dan biaya produksi.
  3. Fleksibilitas: Dengan kemampuan untuk mengubah program secara cepat, mesin CNC dapat digunakan untuk memproduksi berbagai jenis komponen dengan cepat dan mudah.

Dengan memahami jenis-jenis mesin CNC yang tersedia dan aplikasi masing-masing, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dalam memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan produksi Anda. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan efisiensi, presisi, dan kualitas dalam proses manufaktur Anda.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file