reaksi kimia cetakan isocyanate

Jenis Metode Pengolahan Plastik – 2/2

Cetakan Injeksi Reaksi (RIM)

Konsep RIM adalah dua cairan reaktan dipanaskan dan disatukan di bawah tekanan tinggi. Salah satu contoh prosesnya adalah RIM poliuretan. Inti dari proses RIM poliuretan adalah reaksi kimia antara dua komponen cair yang disimpan dalam tangki umpan terpisah yang dikontrol suhu yang dilengkapi dengan agitator. Dari tangki-tangki ini, isosianat dan poliol mengalir melalui jalur suplai ke unit pengukuran yang mengukur secara tepat kedua komponen, pada tekanan tinggi, ke perangkat mixhead (http://www.rimmolding.com/rim/index.html). 

Lihat gambar di bawah ini, gambar tersebut menunjukkan dua proses reaksi kimia cetakan isocyanate (tangki biru) dan poliol (tangki merah)

reaksi kimia cetakan isocyanate

Kelebihan RIM adalah bagian yang kuat, fleksibel, ringan yang dapat dengan mudah dicat. Waktu siklus yang cepat dibandingkan dengan bahan cor vakum biasa. Kelemahannya adalah waktu siklus yang lambat karena harus dicampur sebelum dibentuk oleh cetakan.

Transfer Cetakan

Transfer Cetakan atau cetakan transfer resin (RTM)

Seperti pencetakan kompresi adalah proses dimana jumlah bahan cetakan (biasanya plastik termoset) diukur dan dimasukkan sebelum pencetakan berlangsung. Bahan cetakan dipanaskan dan dimasukkan ke dalam ruang yang dikenal sebagai pot. Sebuah plunger kemudian digunakan untuk memaksa material dari pot melalui saluran yang dikenal sebagai sistem sprue dan runner ke dalam rongga cetakan. Cetakan tetap tertutup saat bahan dimasukkan dan dibuka untuk melepaskan bagian dari sprue dan runner. Dinding cetakan dipanaskan sampai suhu di atas titik leleh bahan cetakan. Ini memungkinkan aliran material yang lebih cepat melalui rongga. Thermoforming adalah proses pembuatan lembaran atau film termoplastik dengan cara memanaskan lembaran termoplastik dan menggunakan vakum untuk menarik lembaran di atas cetakan berlubang. Produk dari metode ini adalah wadah makanan cepat saji, panel untuk bilik shower.

BACA JUGA  Metode Pendinginan Seri dan Paralel Pada Plat Tipe Datar dari Mold Base (Dasar Cetakan)

Pultrusion

Pultrusion adalah proses berkelanjutan dari pembuatan bahan komposit dengan penampang konstan dimana serat penguat ditarik melalui resin. Diikuti oleh sistem preforming terpisah, dan menjadi cetakan yang dipanaskan dimana resin mengalami polimerisasi. Banyak jenis resin yang dapat digunakan dalam pultrusion termasuk poliester, poliuretan, vinilester dan epoksi. (Wikipedia) 

2. Cetakan Pengecoran

Pengecoran adalah proses pembuatan dimana plastik cair dimasukkan ke dalam cetakan, dibiarkan mengeras di dalam cetakan. Karakteristik cetakan ini adalah mengisi cetakan dengan gravitasi, jenis cetakan pengecoran ini adalah:

metode pengolahan plastik

Resin cair (epoksi)

  • Plastik meleleh panas dituangkan ke dalam casting (nilon)
  • Slush casting untuk produk berdinding tipis (sepatu salju, sarung tangan, mainan)
  • Pemintalan basah -serat yang dibentuk dengan memutar larutan melalui
  • cetakan multi-lubang Cetakan

Rotasi Cetakan atau pencetakan rotasi adalah proses serbaguna untuk membuat berbagai jenis sebagian besar bagian plastik berongga. Ungkapan ini sering disingkat menjadi rotomolding atau rotomoulding.

  • Pencetakan produk besar seperti tangki penyimpanan dan wadah,
  • mainan kompleks, manekin (gambar tampilan), dll dicapai dengan menggunakan cetakan rotasi.
  • Belakangan ini semakin banyak aplikasi untuk teknologi ini.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2008/01/plastic-processing-methode.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file