3d printing

Penggunaan 3D Printing dan Peralatan Otonom dalam Bidang Konstruksi

Ada banyak sekali penerapan teknologi 3D di berbagai bidang. Salah satu yang paling menjanjikan adalah penggunaan peralatan otonom dan 3D printing dalam konstruksi. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan teknologi ini dalam industri konstruksi dan bagaimana mereka dapat berkembang pada tahun-tahun mendatang.

Apa 3D Printing dalam Konstruksi  itu ?

Sebagai sebuah konsep, 3D Printing bukanlah hal baru. Asal usul 3D Printing sudah ada sejak tahun 80-an. Namun, baru belakangan ini 3D Printing menjadi populer. Teknologinya  yang meningkat selama bertahun-tahun dan biaya proses pengoperasiannya yang menurun dapat mengantarkan Pencetakan 3D ke era penggunaan praktisnya.

Banyak bidang, seperti kedokteran dan kedokteran gigi, mulai mengeksplorasi kemampuan teknologi ini. Perusahaan konstruksi pun mengikutinya dan mulai menggunakan 3D Printing juga. Ada dua cara utama bagi perusaan konstruksi dalam menggunakan 3D Printing.

Pertama, printer 3D dapat membangun proyek konstruksi di tempat. Dalam hal ini, printer dipasang ke lengan konstruksi untuk mencetak proyek secara penuh,sehingga  dapat meminimalisir penggunaan tenaga kerja.

Kedua, perusahaan konstruksi dapat menggunakan printer 3D untuk membuat komponen tertentu yang mereka butuhkan untuk sebuah proyek. Di sini, printer tetap berada di pabrik, di mana ia membuat bagian-bagian yang diperlukan dari proyek konstruksi. Para pekerja konstruksi kemudian merakit bagian-bagian tersebut di lokasi sehingga pada cara ini sejumlah tenaga kerja masih diperlukan.

Pada tahun 2021, menggabungkan 3D Printing dengan konstruksi masih cukup langka. Tidak banyak rumah dan bangunan yang dicetak 3D Printing yang bisa Anda lihat. Namun demikian, masa depan konstruksi otonom terlihat sangat menjanjikan.

Manfaat dan Keuntungan menggunakan 3D Printing dalam Bidang Konstruksi

Meskipun di bidang konstruksi 3D Printing tidak umum digunakan, namun terbukti cukup bermanfaat. Karena kegunaannya yang banyak, perusahaan konstruksi siap berinvestasi pada teknologi ini. Berikut adalah manfaat utama penggunaan 3D Printing dan teknologi otonom dalam bidang konstruksi:

3d printing
Sumber: Roger Liucci, BIM dan spesialis pencetakan 3D di Microsol Resources06/04/21, 05:45 | Pencetakan, Desain & Pengembangan Aditif & 3D | Konstruksi

Risiko Cidera Pekerja Lebih Sedikit

Pekerjaan konstruksi bisa sangat berbahaya. Para pekerja harus membawa material berat dan mengoperasikan peralatan berbahaya, yang dapat menyebabkan cedera serius. Di situlah peralatan konstruksi otonom dapat sangat membantu.

Pada dasarnya, manusia lebih rentan melakukan kesalahan daripada mesin otomatis. Sebagian besar kecelakaan terjadi karena  kelelahan  seseorang sehingga tidak dapat fokus pada tugas yang dihadapi. Sementara mesin sukar mengalami  kelelahan, sehingga penggunaannya dapat mengarahkan pada peningkatan keamanan secara keseluruhan.

BACA JUGA  Tingkatkan Efisiensi Proses Manufaktur Dengan Layanan Pemesinan CNC - 3/3

Lebih Sedikit Biaya Material dan Lebih Sedikit Limbah

Industri konstruksi bertanggung jawab atas sekitar 1 miliar ton limbah per tahun. Meskipun Anda berusaha untuk menggunakan bahan yang secukupnya saja, namun pada akhirnya kemungkinan besar Anda akan mengalami kelebihan bahan juga. Karena Anda tidak pernah tahu jumlah pasti bahan yang Anda perlukan, Anda perlu membeli lebih banyak daripada yang akan Anda gunakan.

Namun, jika Anda menggunakan 3D Printing selama proses pembuatan, Anda akan menggunakan jumlah bahan yang sebenarnya sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, Anda akan mengurangi limbah yang tidak perlu, dan Anda bahkan dapat membuat proses konstruksi Anda benar-benar tanpa limbah. Selain itu, Anda akan menghemat uang yang akan Anda keluarkan untuk biaya bahan berlebih.

Konstruksi Lebih Murah dan Lebih Cepat

Peralatan konstruksi otonom sebagian besar dapat beroperasi sendiri secara otomatis. Oleh karena itu, hanya  sedikit pekerja  saja yang dapat digunakan itu pun untuk melakukan pekerjaan tertentu saja. Sehingga Anda akan membayar lebih sedikit gaji pekerja ,dengan demikian  seluruh proses konstruksi akan jauh lebih murah.

Selain itu, peralatan otonom kurang rentan terhadap kesalahan. Faktanya, peralatan berkualitas tinggi pada dasarnya bebas dari kesalahan. Oleh karena itu, kecepatan proses konstruksi juga akan meningkat.

Demikian pula, menggunakan 3D Printing dalam konstruksi jauh lebih cepat daripada menggunakan tenaga manusia. 3D Printing dapat membangun seluruh rumah dalam waktu sekitar satu hari. Tugas yang sama akan membutuhkan beberapa pekerja berpengalaman dengan waktu pengerjaan setidaknya selama seminggu. Oleh karena itu, kontraktor akan dapat melakukan lebih banyak pekerjaan, menghasilkan lebih banyak daripada jika mereka tidak menggunakan 3D Printing.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

1 thought on “Penggunaan 3D Printing dan Peralatan Otonom dalam Bidang Konstruksi”

  1. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored subject
    matter stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be
    delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file