Jasa Perancangan dan Pembuatan Jig Dan Fixture

Jasa Perancangan dan Pembuatan Jig dan Fixture

Tahap Perancangan Jig dan Fixture

Perancangan adalah sebuah proses awal yang sangat penting dalam mencapai fungsi produk dan sekaligus menentukan keberhasilan sebuah pembuatan produk. Perancangan Jig dan Fixture dilakukan untuk mempermudah proses, baik untuk proses kerjanya maupun bongkar pasangnya. Kemudahan pemasangan dan pemrosesan tersebut adalah target akhir dari sebuah perancangan Jig dan Fixture. Tim kami di PT. Sentra Teknika Prima dalam melakukan perancangan biasanya dimulai dengan mendefinisikan proses pemesinan pada sebuah produk. Kemudian menentukan datum atau titik basic sebagai referensi yang dilanjutkan dengan merancang base plate. Tahap akhir adalah merancang lokator dan pencekam pada jig dan fixture tersebut.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang jasa pelayanan yang ada di PT. Sentra Teknika Prima, silahkan klik link berikut ini sentrateknikaprima.com/services/

Pembuatan Jig dan Fixture

Karena Alat ini kebanyakan dipakai untuk proses produksi atau manufaktur, maka pembuatan jig dan fixture tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi. Kenapa? tentunya agar bisa menghasilkan benda yang presisi dan sesuai dengan standar ukuran, bentuk yang diinginkan. Sehingga pembuatan alat ini harus dipesan secara khusus dan dikerjakan oleh tenaga khusus. PT Sentra Teknika Prima sudah memiliki banyak pengalaman dalam membantu konsumen dalam pembuatan alat dan pendukung mesin sesuai kebutuhan, termasuk pembuatan jig dan fixture. Dengan dukungan fasilitas produksi yang cukup memadai, Kami siap membantu Anda dalam merealisasikan dan mewujudkan Jig dan Fixture melalui optimasi desain, sehingga efisiensi produksi dapat tercapai dengan baik. silahkan klik link berikut ini untuk mengetahui lebih banyak fasilitas produksi yang tersedia sentrateknikaprima.com/about/#fasilitas

Perbedaan Jig dan Fixture

Dalam Pemesinan CNC banyak menggunakan alat-alat unik yang beragam. Alat -alat yang unik tersebut diterapkan masing-masing berdasarkan kemampuan dan fungsinya yang berbeda. Dari sekian banyak alat yang digunakan dalam pemesinan CNC, ada dua macam alat bantu, yaitu jig dan fixture. Untuk beberapa orang awam, mungkin kedua alat ini masih membingungkan karena fungsinya yang hampir mirip. Untuk menghilangkan kebingungan dalam jig dan fixture, pada artikel ini, anda akan dijelaskan tetang jenis, perbedaan, dan kegunaannya Jig dan Fixture.

Perhatikan ilustrasi JIg dan Fixture di bawah ini

Bagaimana? apakah sekarang anda sudah mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang alat Jig dan Fixture?
lantas, Apa pentingnya Jig dan Fixture ini?

Pentingnya Jig dan Fixture

Jig dan Fixture merupakan mesin yang digunakan dalam proses manufaktur khusus untuk menggandakan komponen dengan presisi dan akurat. Alat ini membantu pemotongan yang lurus dan akurat untuk memegang, menyangga, serta meletakkan barang yang akan dibentuk.

Dengan adanya jig dan fixture dalam proses produksinya, perusahaan dapat membuat melakukan pembuatan komponen dengan simetris. Keduanya sebenarnya memiliki fungsi yang mirip, namun sebenarnya fungsinya berbeda. Umumnya, jig merupakan mesin yang bisa menentukan posisi barang secara otomatis tanpa memegang. Jig biasanya disertai dengan bushing baja keras yang digunakan untuk mengarahkan bora tau perkakas untuk memotong lainnya karena jig harus dipasang pada meja produksi dengan kuat. Sehingga membuat benda yang akan dibentuk bisa diam ditempat sebelum dipotong. Sedangkan fixture dilengkapi dengan mekanisme pemegang benda yang mengikat. Fixture sendiri dikenal sebagai alat produksi yang digunakan untuk menyangga dan meletakkan benda yang diperlukan selama proses produksi. Dengan adanya mesin ini, kini skill operator mesin sudah mulai bisa tergantikan. Sehingga pekerjaan manusia pun semakin terbantu dengan mudah. 

BACA JUGA  Jasa Desain dan Pembuatan Jig Washing menggunakan Mesin CNC CNC

Contoh Jig dan Fixture

Jig dan Fixture bisa digabungkan menjadi 1 alat produksi, tapi di beberapa pengaplikasiannya, keduanya juga bisa bekerja sendiri – sendiri, tergantung sistem mekanik yang sudah ditentukan. Berikut ini contoh gambar Jig dan Fixture.

sumber: ebitfrista.wordpress.com

Jenis-jenis Jig Dan Fixture

Jenis – jenis dibagi kedalam 2 jenis kelas, yaitu jig gurdi dan jig bor. Jig gurdi digunakan untuk melakukan drilling, memperluas lubang, ngetap, counterbore, reverse spotface, atau chamfer. Sedangkan jig bor digunakan untuk mengebor dan membuat lubang besar.

Sedangkan, fixture dibedakan sesuai dengan bagaimana alat tersebut dibuat. Biasanya, perbedaan tersebut ada pada beratnya karena gaya perkakas ini lebih tinggi dan besar dari jig.

Pada dasarnya, Fixture dibuat dari pelat dasar yang memiliki berbagai locator dan klem untuk memposisikan benda saat proses produksi.

Prinsip Kerja Jig dan Fixture

Dalam pembuatan desain jig dan fixture, diperlukan beberapa prinsip dasar untuk menentukan desain yang sesuai. Prinsip – prinsip tersebut meliputi:

  • Menentukan lokasi utama yang akurat untuk meletakan benda pada jig dan fixture
  • Setelah menentukan letak, proses pemuatan, pembongkaran, dan penjepitan selama proses produksi harus ditentukan untuk mengurangi idle time seminim mungkin.
  • Tentukan berat serta ukuran jig dan fixture sesuai kebutuhan.

Gambar Jig dan Fixture

Untuk mendapatkan visualisasi lain, ini dia contoh gambar jig dan fixture. Gambar dapat diakses disini.

Makalah Jig dan Fixture

Jig dan Fixture sudah banyak dibahas dan dipelajari oleh para mahasiswa atau ilmuwan teknik dalam proses studi mereka. Ada beberapa makalah ilmiah yang membahas dua benda manufaktur ini. Salah satunya adalah artikel ilmiah yang ditulis oleh Ismail Nurhadi di tahun 2016 dengan judul “Perancangan dan Pembuatan Jig dan Fixture Mass Product Knalpot Flange sebagai Alat Bantu Praktek CNC di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya”. Makalah tersebut dapat di akses disini.

Kekurangan Jig dan Fixture

Meski mesin terlihat lebih sempurna karena ketepatan yang presisi, namun tetap memiliki beberapa kekurangan, tak terkecuali jig dan fixture. Dalam proses pembuatannya, pekerja harus mendesain alat sesuai kebutuhan dan menentukan titik jepit dan penempatan dengan akurat. Apalagi jika sebelum alat tersebut jadi, pembuat tidak melakukan test trial secara keseluruhan dan perhitungan yang matang.

Perancangan Alat Bantu Jig dan Fixture

Sistem perancangan jig dan fixture harus menghitung prinsip pencekaman. Karena pencekaman yang spesifik dan ditentukan dengan matang akan mampu menahan pergerakan benda dan menghasilkan cengkeraman lebih kuat dan kemungkinan alat untuk menempatkan benda dengan tepat.

Untuk mendapatkan informasi Jasa Perancangan dan Pembuatan Jig Dan FIxture silahkan hubungi kami di alamat berikut ini

Melalui kami, PT Sentra Teknika Prima, yang dapat menjamin kualitas jig dan fixture berdasarkan spesifikasi yang telah disepakati. Google akan membantu anda menemukan lokasi kami. Klik website www.sentrateknikaprima.com untuk informasi selengkapnya.

22 thoughts on “Jasa Perancangan dan Pembuatan Jig dan Fixture”

  1. Pingback: G41 G42 Kompensasi Cutter - Kursus Operator Mesin CNC Bekasi

  2. Pingback: G41, G42, G40, kompensasi pahat - Kursus Operator Mesin CNC Bekasi

  3. Pingback: G90 , pemrograman menggunakan koordinat absolut

  4. Pingback: G54 untuk offset titik nol benda kerja

  5. Pingback: Jasa Pembuatan Jig Insert Jaw Spesial

  6. Pingback: Jasa Pembuatan Checking Fixture - Sentra Teknika Prima

  7. Pingback: Perbedaan antara jig dan fixture - Sentra Teknika Prima

  8. Pingback: Jasa Desain dan Pembuatan Jig Masking Painting

  9. Pingback: Apakah jig dan Fixture itu? - Sentra Teknika Prima

  10. Pingback: Jasa Bubut CNC Pembuatan Collet spesial - Sentra Teknika Prima

  11. Pingback: Jasa Desain dan Pembuatan Jig Washing menggunakan Mesin CNC CNC

  12. Pingback: Pemesinan CNC Untuk Pembuatan Mold - Sentra Teknika Prima

  13. Pingback: Keuntungan Pemesinan CNC untuk Aplikasi Otomotif

  14. Pingback: Aplikasi Pemesinan CNC pada Industri Otomotif

  15. Pingback: Bagaimana Mengelola Anomali Produksi Di Bengkel Pemesinan Prototipe?

  16. Pingback: 5 Langkah Merubah Ide Ke Produksi Massal - Sentra Teknika Prima

  17. Pingback: Tips dan Trik Pemesinan Milling CNC - Sentra Teknika Prima

  18. Pingback: Jenis-jenis Mesin Perkakas Konvensional Kursus CNC di Bekasi

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file