pembuatan jig dan fixture

Pembuatan Jig dan Fixture : Definisi, Klasifikasi dan Prinsip Kerja Jig dan Fixture

Pembuatan Jig dan Fixture : Definisi, Klasifikasi dan Prinsip Kerja Jig dan Fixture

Definisi

Jig dan Fixture adalah alat bantu yang berguna untuk mengarahkan dan memegang benda kerja. Dengan demikian, proses manufaktur sebuah produk bisa lebih efisien. Di samping itu, alat ini juga bisa berfungsi agar produk yang dihasilkan kualitasnya bisa terjaga sesuai yang sudah ditentukan. Melalui jig dan fixture inilah, skill operator tidak dibutuhkan lagi untuk mengoperasikan industri manufaktur. Sehingga pekerjaan dalam proses manufaktur lebih mudah agar kualitas yang dihasilkan lebih tinggi.

Klasifikasi Jig and Fixture

Jig dan fixture dikelompokan ke dalam beberapa jenis berikut ini:

1. Jig Fixture Standar

Jenis ini dipakai untuk berbagai benda kerja berbentuk geometris sejenis. Ruang yang ada untuk menempatkan spare part biasanya sudah distandarkan. Selain itu, jenis jig dan fixture ini membutuhkan penyesuaian antara proses kerja dengan benda kerja itu sendiri. Contohnya untuk penambahan atau penyetelan elemen.

2. Jig Fixture Modular

Merupakan kombinasi pada komponen-komponen standar tertentu yang tidak banyak membutuhkan pekerjaan lanjut untuk menyesuaikan bentuk benda kerja geometri dengan jenis pekerjaan tertentu yang diinginkan. Karena itu, solusi ini biasanya dapat meminimalisir biaya produksi jika memungkinkan untuk diaplikasikan.

3. Jig Fixture Khusus

Biasanya dikonstruksikan pada benda kerja dan proses pengerjaan tertentu. Adapun pembagian jenis jig dan fixture adalah jig dan fixture pada benda kerja yang panjang dan jig dan fixture untuk pemakanan. Peralatan yang satu ini biasanya diperlukan untuk meletakkan posisi sekaligus mencekam spare part industri dalam proses frais.

Contoh Jig dan Fixture

Sebenarnya alat yang berfungsi untuk menyangga, menempatkan dan memegang benda kerja dengan kuat agar pekerjaan permesinan dapat dilakukan adalah fixture. Akan tetapi, jig sendiri yang mengarahkan bagian alat pemotong saat operasi berjalan. Fixture umumnya lebih berat dan kuat dibandingkan jig sebab gaya perkakasnya lebih tinggi. Contoh dari fixture diantaranya milling fixture, lathe fixture, sawing fixture, dan grinding fixture. Sedangkan contoh jig adalah boring jig dan drill jig.

Pengertian Fixture

Berdasarkan pembahasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa fixture adalah alat produksi yang berfungsi untuk memegang, menempatkan dan menyangga kuat benda kerja agar pekerjaan permesinan dapat dilakukan secara maksimal.

BACA JUGA  Jasa Gerinda Silinder Presisi di Bekasi

Prinsip Kerja Jig dan Fixture

Fixture harus diaplikasikan dan dipasang ke meja mesin yang diletakkan benda kerja. Jig dan Fixture, keduanya memegang spare part atau benda kerja. Namun jig akan mengarahkan bagian alat potong saat operasi dijalankan, tidak demikian dengan fixture.

Kelebihan dan Kekurangan Jig dan Fixture

Ada beberapa kelebihan menggunakan jig dan fixture, diantaranya bisa mendapatkan ketepatan/kepresisian dalam ukuran, membantu menghemat tenaga kerja dengan efektif, meningkatkan efisiensi pemakaian mesin atau alat, meminimalisir biaya produksi caranya dengan mempersingkat waktu proses dan untuk optimalisasi mesin operasi yang dirasa kurang teliti. Sedangkan kekurangannya jig dan fixture adalah penggunaannya sangat ditentukan oleh perancangan.

Pembuatan Jig dan Fixture

Pembuatan jig dan fixture meliputi perancangan atau desain, teknik dan metode yang dibutuhkan dalam hal peningkatan produktivitas dan efisiensi manufaktur. Rancangan jig dan fixture memiliki peranan yang sangat penting. Dalam proses pembuatannya, dibutuhkan beberapa informasi gambar produk, rencana produksi, waktu dan biaya serta dibutuhkan pengalaman.

Contoh Penggunaan Jig dan Fixture

Fixture biasanya diterapkan dalam aplikasi lebih luas daripada jig. Ada beberapa contoh umum dari Fixture yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu sawing fixture, milling fixture, lathe fixture, dan grinding fixture. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk operasi permesinan yang mengandalkan hubungan tepat antara benda kerja dengan posisi alat.

Katalog Jig and Fixture

Dengan mengetahui pengertian jig dan fixture adalah, jenis-jenis dan aplikasinya, Anda kini bisa bekerjasama dengan PT. Sentra Teknika Prima untuk merancang alat bantu yang satu ini. Jig dan Fixture sangat penting untuk mendapatkan efisiensi produk manufaktur yang Anda buat. Selain itu, Anda juga bisa lihat katalog jig and fixture yang ada di toko Kami atau googling!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file