Perbedaan Jig dan Fixture

Perbedaan Jig dan Fixture

Jig dan Fixture sebenarnya adalah dua alat yang dipakai untuk proses produksi barang dengan ukuran dan bentuk yang sama persis. Dengan bantuan dua alat tersebut, perusahaan bisa membuat produk dengan presisi yang sama dan akurat. Namun, meski memiliki fungsi yang sama, kedua alat ini ternyata berbeda. Dilihat dari bentuknya, Jig dan Fixture memiliki perbedaan pada massa. Fixture memiliki massa lebih besar karena bentuknya yang kebanyakan lebih besar, berbeda dengan jig yang umumnya memiliki bentuk yang kecil dan tugasnya yang lebih ringan.

Contoh Jig dan Fixture

Pada perusahaan besar yang membutuhkan produksi barang dalam jumlah yang besar, jig dan fixture tentu dibutuhkan untuk efisiensi waktu dan produk yang terukur dan terbentuk secara presisi. Apapun produksi dari sebuah perusahaan, baik di sektor makanan, aksesoris yang dibutuhkan sehari – hari, maupun spare part kendaraan, dan sebagainya, biasanya mereka akan membutuhkan dua alat ini. Namun khusus untuk perusahaan yang memproduksi mesin atau perkakas, jig dan fixture ini pasti dibutuhkan. Contoh perusahaan tersebut adalah perusahaan mobil, motor, mesin, alat pertukangan, dan sebagainya. 

Klasifikasi Jig and Fixture

Jig dan fixture dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi.

1)      Jig Fixture Standar

Klasifikasi yang pertama ini menggunakan benda yang memiliki bentuk geometri. Benda tersebut berbentuk gelombang atau sejenis flens yang sistem pengerjaannya hanya terbatas untuk satu proses pemesinan. Contoh pemesinan yang menggunakan jig fixture standar adalah proses pengeboran.

2)      Jig Fixture Sistem Modular

Klasifikasi kedua ini adalah penggabungan berbagai komponen standar yang tidak terlalu membutuhkan proses pengerjaan untuk menyesuaikan bentuk geometri, sehingga cara ini lebih mengurangi biaya produksi.

3)      Jig Fixture Sistem Khusus

Klasifikasi ketiga ini digunakan hanya untuk proses kerja tertentu. Jig fixture jenis ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: a) Jig fixture untuk pemakanan, b) Jig fixture untuk penggabungan komponen barang menggunakan solder, perekat, baut, las, dan lain – lain, c) Jig Fixture untuk melakukan proses khusus pada proses pemeriksaan, sesuatu yang panas, penggulungan, serta proses lain yang tidak menghasilkan beram.

BACA JUGA  Bagaimana Proses Jetting Terjadi Pada Pencetakan?

Fungsi Jig dan Fixture

Karena sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang secara masal, jig dan fixture tentu memiliki fungsi tertentu. Fungsi mereka adalah membantu manufaktur untuk memproduksi barang yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama persis secara masal. Kedua alat ini didesain khusus untuk membuat lubang, menyangga, memposisikan, serta memegang barang – barang sesuai dengan spesifikasi khusus yang ditetapkan oleh bagian produksi di perusahaan itu.

Prinsip Kerja Jig dan Fixture

Sistem kerja jig dan fixture disesuaikan dengan desain saat pembuatannya. Beberapa prinsip dasar yang mempengaruhi prinsip kerja jig dan fixture adalah:

–          Menentukan peletakan jig dan fixture dengan akurat

–          Memastikan proses pembuatan, penyempitan, dan pembongkaran dengan benar dan presisi agar dapat mengurangi idle time seminim mungkin

–          Penentuan berat dan ukuran jig dan fixture yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam proses pembuatannya, jig dan fixture harus dibuat oleh tenaga profesional yang tahu bagaimana mengukur dan membuat desain yang sesuai dengan perhitungan yang presisi. Jika anda adalah pemilik perusahaan dan membutuhkan mesin jig dan fixture, anda dapat berkonsultasi sebelum melakukan pemesanan di PT Sentra Teknika Prima yang sudah melayani pelanggan dalam pembuatan mesin sejak beberapa tahun dan dipercaya oleh berbagai brand kenamaan di Indonesia maupun mancanegara. Akses website kami disini.

Jig adalah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jig merupakan alat khusus yang membantu proses pembuatan produk secara massal. Secara spesifiknya, jig ini berfungsi untuk menggenggam barang dan membuat lubang pada benda tersebut. Sistem kerja jig ini bisa ditentukan sesuai hasil yang diinginkan. Jika anda ingin membuat lubang, anda dapat mengaktifkan mode yang mengharuskan alat ini melubangi produk anda. Namun jika tidak, anda dapat menggunakannya sebagai alat yang untuk menyangga dan menggenggam. Namun alat tidak akan mencengkeram, namun hanya menyentuh jig saja.   

Buku Jig and Fixture

Salah satu buku yang membahas jig and fixture yang masih diminati adalah Edward Hoffman dalam buku yang berjudul Jig and Fixture Design. Buku ini dipublikasikan tahun 2012 yang membahas bagaimana desain jig dan fixture itu dibuat sesuai kebutuhan.

Contoh Penggunaan Jig dan Fixture

Sebenarnya ada banyak contoh karena kebanyakan kita dikelilingi oleh robot dan semua yang dijalankan mesin. Salah satu contoh penggunaan jig dan fixture adalah mesin jig dan fixture dalam pembuatan dan perakitan mesin motor.

Makalah Jig dan Fixture pdf

Ada banyak tulisan ilmiah yang menjelaskan bagaimana fungsi dan juga perbedaan jig dan fixture untuk membantu produksi masal di perusahaan. Salah satu tulisan ilmiah yang membahas jig dan fixture dapat diakses disini.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file