fungsi jig dan fixture

Fungsi Jig dan Fixture serta Contoh Penggunaannya dalam Industri

Fungsi Jig dan Fixture serta Contoh Penggunaannya Dalam Industri

Fungsi jig dan fixture merupakan alat penunjang paling vital dalam proses produksi massal. Di samping meningkatkan produktivitas, alat ini juga dapat menjaga kualitas pada benda kerja agar selalu stabil. Dengan demikian, ada 2 aspek utama dalam produksi yang bisa terpenuhi melalui alat bantu ini, yaitu kuantitas dan kualitas.

Fungsi Fixture

Dalam penggunaannya, fungsi jig dan fixture memegang peranan penting dalam hal kestabilan hasil proses. Fixture berfungsi untuk meningkatkan kualitas produk, menghasilkan suatu produk industri yang presisi untuk mencapai kualitas produk yang diinginkan, sekaligus dapat mempercepat dan mempermudah proses pemasangan komponen.

Perbedaan Jig dan Fixture

  • Jig dapat membantu benda kerja selama proses pemesinan berjalan, sedangkan fixture untuk menahan benda kerja secara aman.
  • Kalau Jig bisa melakukan kedua fungsi/tugas untuk menahan dan memandu benda kerja secara aman, lain halnya dengan fixture yang tidak bisa melakukan tugas tersebut.
  • Jika Jig langsung bersentuhan dengan alat potong sedangkan fixture tidak.
  • Penggunaan fixture biasanya harus dijepit secara aman pada meja mesin, sedangkan jig tidak harus dijepit pada bor pers meja melainkan jika ukuran diameternya besar.
  • Jig biasanya termasuk alat khusus untuk pengeboran, operasi borng, reaming dan ketukan.  Sedangkan fixture sendiri adalah alat khusus untuk membentuk, mesin slotting dan mesin penggilingan.
  • Jig lebih ringan digunakan dalam konstruksi, sedangkan fixture lebih berat.
  • Jig tidak membutuhkan blok pengukur, sedangkan pada fixture blok pengukur bisa disediakan agar penanganannya lebih efektif.

Contoh Jig dan Fixture

Karena fungsi jig dan fixture berbeda, contoh dari jig dan fixture juga berbeda. Contoh penggunaan jig sendiri biasanya diaplikasikan dalam pembuatan part lebih rumit, entah itu dilihat dari proses pengerjaan dan segi ukuran proses produksi, jadi dapat mendekati dan mencapai tujuan sesuai keinginan. Sementara contoh dari fixture adalah milling fixture, sawing fixture, lathe fixture dan grinding fixture.

BACA JUGA  Contoh Jig dan Fixture

Perancangan Alat Bantu Jig dan Fixture

Dalam prinsip perancangan alat bantu jig dan fixture, proses locating dalam pemakaian fixture adalah proses peletakan benda kerja sampai beberapa permukaan pada benda kerja bersentuhan langsung dengan beberapa locator pada fixture. Kemudian dilakukan pencekaman atau clamping terhadap fixture pada benda kerja sebagai upaya untuk mempertahankan posisi benda kerja saat proses permesinan berlangsung.

Di samping prinsip penempatan beban kerja, perancangan alat ini juga wajib mempertimbangkan konsep pencekaman. Seperti halnya locator, clamping atau pencekaman berguna untuk mempertahankan letak benda kerja itu sendiri. Secara spesifik, pencekam atau clamp didesain untuk menahan sistem pergerakan pada benda kerja.

Fixture Adalah

Sebagai alat produksi untuk menyangga, memegang sekaligus menempatkan benda kerja dengan kuat, agar pekerjaan pemesinan bisa dilakukan dengan sempurna. Fixture biasanya harus dipasang dengan tetap pada meja mesin sebagai tempat peletakan benda kerja.

Contoh Penggunaan Jig dan Fixture

Contoh aplikasi jig dan fixture, biasanya fixture digunakan dalam aplikasi lebih luas jika dibandingkan jig. Dalam aplikasinya fixture yang paling banyak digunakan ialah sawing fixture, grinding, milling dan lathe fixture.

Pengertian Fixture

Fixture merupakan perangkat yang berguna untuk mendukung, memegang, sekaligus menempatkan benda dalam operasi tertentu. Namun tidak berfungsi dalam memandu alat potong.

Fixture biasanya hanya menyediakan bagian permukaan perangkat atau referensi. Keunikan fixture ialah alat ini biasanya dirancang untuk menyesuaikan bagian maupun bentuk tertentu.

Penggunaan fixture bertujuan untuk memegang dan menemukan benda kerja saat operasi permesinan maupun industri manufaktur berlangsung.

Mengingat pentingnya fungsi jig dan fixture, Sentra Teknika Prima menyediakan jasa perancangan dan pembuatan jig dan fixture untuk membantu proses industri atau pemesinan Anda. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file