7 Tips Untuk Menghemat Biaya Proses Pemesinan CNC – 1/2

Kualitas sempurna dan fitur presisi yang kami dapatkan dari produk-produk hasil proses pemesinan CNC kami; berasal dari sebuah langkah awal perencanaan dalam  membuat benda kerja sesuai pesanan Anda; adalah mempelajari dahulu satu elemen penting; yaitu perihal nilai-nilai ekonomi di balik pemesinan CNC.

Elemen ini menjelaskan faktor-faktor tertentu yang menyebabkan kenaikan harga yang signifikan; untuk memproduksi benda kerja. Menyadari faktor-faktor ini akan membawa Anda ke pemahaman yang lebih jelas; tentang sisi biaya untuk produksi menggunakan pemesinan CNC; yang pada akhirnya akan membantu Anda menghemat biaya proses pemesinan CNC.

Terus ikuti tulisan ini, karena  kami akan  mencoba memadu Anda dengan yang terbaik dalam mempelajari faktor-faktor utama yang memengaruhi biaya pemesinan CNC, serta berbagai tip dalam meminimalkannya.

3 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Biaya Pemesinan CNC

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa benda kerja A jauh lebih mahal daripada benda kerja B padahal sebenarnya benda kerja B lebih besar daripada benda kerja A? Dalam industri permesinan CNC, penetapan harga tidak hanya bergantung pada ukuran, seperti kebanyakan produk.

Harga untuk membuat benda kerja dengan proses pemesinan CNC seringkali merupakan kombinasi dari berbagai faktor, yang dapat direduksi menjadi tiga faktor utama: kompleksitas benda kerja, persyaratan fitur, dan bahan yang digunakan.

1. Kompleksitas Benda Kerja

Desain benda kerja Anda akan termasuk dalam kategori ini. Geometri dan fitur tertentu lebih sulit untuk dicapai dan memerlukan peralatan khusus dan pemrograman ekstensif sebelum dapat dibuat. Itulah sebabnya sudah menjadi aturan umum, bahwa semakin rumit benda kerja Anda, maka semakin mahal harganya. 

Benda kerja yang rumit lebih sulit untuk dicapai karena memerlukan tindakan luar biasa seperti waktu pengerjaan yang lebih lama, tingkat keterampilan operator yang lebih tinggi, melalui beberapa proses pengerjaan mesin, dan peralatan khusus, yang kesemuanya memperhitungkan biaya pengoperasian yang lebih tinggi.

2. Persyaratan Dimensi dan Hasil Akhir Benda Kerja

Spesifikasi benda kerja seperti batasan-batasan dimensi, fitur kontrol, dan persyaratan akhir benda kerja dapat secara drastis memengaruhi harga benda kerja yang diproses  pemesinan CNC.

BACA JUGA  Pemesinan CNC Untuk Benda Kerja Pesanan Khusus - 1/2

Hal ini karena benda dengan toleransi yang ketat akan mengharuskan pemilik bengkel pemesinan untuk memiliki rangkaian operasi pemesinan yang lebih intensif dalam memastikan pembuatan benda kerja sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. 

Dengan kata lain, pemilik bengkel pemesinan akan membutuhkan proses pemesinan tambahan dan serangkaian pemeriksaan ketat yang memerlukan pengukur khusus dan operator yang sangat terampil.

Baca Juga 7 Cara Finishing Permukaan Untuk Benda Kerja Pemesinan

3. Bahan yang Digunakan

Bahan yang dibutuhkan untuk benda kerja Anda dapat memengaruhi harga pemesinan dalam berbagai aspek, dan ini adalah:

Ukuran – Proses pemesinan untuk benda kerja yang berukuran besar akan membutuhkan penggunaan alat yang mahal, perlengkapan penahan khusus, dan upaya ekstra. Itulah mengapa bisa sangat sulit untuk mengerjakan bagian-bagian besar dan biasanya akan memakan waktu lebih lama daripada bagian-bagian yang lebih kecil.

Machinability – Tidak semua material memiliki karakteristik yang sama terhadap proses pemotongan yang terjadi selama operasi pemesinan. Material dengan indeks machinability tinggi seperti kuningan dan aluminium akan sangat mudah dipotong dan harganya lebih murah dibandingkan material dengan machinability rendah seperti baja.

Baca Selanjutnya 7 Tips Untuk Menghemat Biaya Proses Pemesinan CNC – 2/2

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda.

Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file