finishing permukaan

7 Cara Finishing Permukaan Untuk Benda Kerja Pemesinan

Dalam industri manufaktur yang cepat, berbagai finishing permukaan dapat dilakukan. Finishing permukaan mengacu pada pembentukan lapisan permukaan dengan satu atau lebih sifat khusus pada permukaan material dengan cara fisik atau kimia. Finishing permukaan dapat meningkatkan penampilan, ketahanan aus, ketahanan korosi, kekerasan, kekuatan, dan karakteristik suku cadang lainnya.

1. Pengerjaan Mesin

Karena pengerjaan mesin adalah salah satu cara finishing permukaan yang umum; dan permukaan benda kerja yang dibentuk oleh mesin CNC memiliki pola pengerjaan yang halus dengan kekasaran permukaan Ra 0.2 hingga Ra 3.2. Pengerjaan akhir permukaan seperti deburring dan tepi tajam biasanya diterapkan. Pengerjaan akhir permukaan ini cocok untuk semua bahan.

finishing permukaan
finishing permukaan

2. Pemolesan

Pemolesan adalah finishing permukaan yang menggunakan proses mekanis, kimia; atau elektrokimia untuk mengurangi kekasaran permukaan benda kerja agar diperoleh permukaan yang rata dan cerah.

pemolesan
pemolesan

3. Penembakan Manik-manik

Sandblasting adalah proses finishing permukaan yang menggunakan tumbukan aliran pasir berkecepatan tinggi; untuk pembersihan dan pengasaran permukaan benda kerja sehingga memperoleh tingkat kebersihan dan kekasaran tertentu.

4.Anodisasi

Anodizing adalah finishing permukaan yang menggunakan oksidasi elektrokimia logam atau paduan untuk membentuk oksida film pada permukaan benda kerja; yang dapat mencegah keausan dan oksidasi serta meningkatkan efek estetika. Warna yang berbeda dapat dicapai pada permukaan benda kerja. Jenis finishing permukaan ini hanya digunakan untuk benda kerja logam.

5. Elektroplating

Zine plating adalah finishing permukaan yang melapisi permukaan logam dengan lapisan seng tipis; yang dapat mencegah oksidasi logam, meningkatkan ketahanan aus, ketahanan korosi dan meningkatkan efek estetika. Permukaan benda kerja juga dapat dilapisi dengan tembaga, nikel, perak dan emas. Jenis finishing permukaan ini hanya digunakan untuk benda kerja logam.

BACA JUGA  Jasa EDM Core Cavity di Bekasi

6. Pengecatan

Pengecatan adalah finishing permukaan di mana lapisan cat diterapkan pada permukaan benda kerja. Warnanya dapat dimodulasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan permukaannya dapat dicapai dalam warna kilau matte, glossy, atau metalik.

7. Penggosokan ( brushing)

Penggosokan permukaan adalah finishing permukaan yang membentuk tekstur permukaan linier pada permukaan benda kerja; sehingga dapat memberikan efek dekoratif.

finishing
brushing

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file