waterjet

Waterjet, Oxycut, Plasma atau Laser, Teknologi Pemotongan Mana yang Harus Digunakan?

Ada persaingan yang signifikan di pasaran diantara teknologi pemotongan yang berbeda; apakah ditujukan untuk pemotongan lembaran logam, tabung atau profil. Ada yang menggunakan metode pemotongan mekanis dengan abrasi dan ada juga yang lebih suka menggunakan metode termal.

Namun, dengan adanya terobosan baru  pada teknologi pemotongan serat fiber di dunia laser saat ini; ada persaingan teknologi yang terjadi antara plasma definisi tinggi, laser CO2, dan laser serat fiber tersebut.

Mana yang paling hemat? Yang paling akurat? Untuk ketebalan seperti apa? Bagaimana dengan materialnya ? Maka pada postingan kali ini kami akan menjelaskan karakteristik dari masing-masing produk teknologi tersebut; agar kita lebih bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Waterjet

Ini adalah teknologi yang menarik untuk digunakan pada semua bahan yang mungkin terpengaruh oleh panas saat melakukan pemotongan dingin; seperti plastik, pelapis permukaan produk atau panel semen. Untuk meningkatkan daya potong, dapat menggunakan bahan abrasif yang sesuai  untuk pengerjaan baja berukuran lebih besar dari 300 mm. Cara ini sangat berguna untuk pengerjaan bahan keras seperti keramik, batu atau kaca.

Punch

Meskipun teknologi laser lebih populer digunakan daripada  mesin punching; akan tetapi untuk jenis pemotongan tertentu mesin punching  masih dapat dipakai karena biaya mesin pengerjaan jauh lebih rendah; serta kecepatan dan kemampuannya untuk membentuk peralatan/produk dan operasi pengetapan; yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi laser.

Oxycut

Teknologi ini paling cocok untuk pemotongan baja karbon dengan ketebalan lebih besar (75mm). Namun, tidak efektif untuk stainless steel dan aluminium.Teknologi ini menawarkan tingkat portabilitas yang tinggi, karena tidak memerlukan sambungan listrik khusus, dan investasi awal yang rendah.

Plasma

Kualitas Plasma definisi tinggi mendekati kualitas laser untuk pemotongan material yang memiliki ketebalan lebih besar; dengan biaya pembelian yang lebih rendah.Teknologi ini adalah yang paling cocok untuk memotong material dengan ketebalan mulai dari 5mm; dan praktis tak terkalahkan oleh laser untuk memotong material dengan ketebalan dari 30mm ke atas; dengan kapasitas untuk mencapai ketebalan hingga 90mm pada baja karbon, dan 160mm pada baja tahan karat. Tanpa idragukan lagi , ini adalah pilihan yang baik untuk pemotongan bevel; pemotongan bahan ferrous dan non-ferrous, serta bahan yang teroksidasi, dicat, atau pun grid.

Laser CO2

Secara umum, laser menawarkan kemampuan pemotongan yang lebih presisi. Terutama untuk pemotongan pada ketebalan yang lebih rendah dan pada pembuatan  lubang kecil. CO2 cocok untuk pemotongan dengan ketebalan material antara 5mm sampai 30mm.

Laser Serat Fiber

Laser serat fiber membuktikan dirinya sebagai teknologi yang menawarkan kecepatan dan kualitas pemotongan yang terdapat pada laser CO2 tradisional, tetapi untuk ketebalan kurang dari 5 mm. Selain itu, lebih hemat dan efisien dalam hal penggunaan energi. Sehingga biaya investasi, pemeliharaan dan operasi lebih rendah. Selain itu, penurunan harga mesin secara bertahap telah mengurangi faktor pembeda secara signifikan dengan plasma. Oleh karena ini, semakin banyak produsen yang mulai membuat dan memasarkan teknologi jenis ini. Teknologi ini juga menawarkan kinerja yang lebih baik  untuk memotong bahan reflektif, termasuk tembaga dan kuningan. Singkatnya, laser serat fiber menjadi teknologi terdepan, dengan keuntungan ekologis tambahan.

waterjet
teknologi pemotongan

Dengan demikian, apa yang bisa kita lakukan ketika kita akan melakukan pemotongan dengan rentang ketebalan tertentu; di mana ada beberapa pilihan teknologi yang mungkin cocok untuk melakukan pengerjaan tersebut ? Bagaimana seharusnya sistem perangkat lunak yang kita miliki dapat dikonfigurasi untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam situasi ini? Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memiliki beberapa opsi pemesinan tergantung pada teknologi yang digunakan. Produk yang sama akan memerlukan jenis pemesinan khusus yang memastikan penggunaan sumber daya seoptimal mungkin, tergantung pada teknologi mesin di mana produk akan diproses, sehingga tercapai kualitas pemotongan yang diinginkan.

BACA JUGA  Mengapa AGV Bisa Menjadi Solusi di Bidang Logistik - 2/2

Akan ada saatnya ketika suatu produk hanya dapat dieksekusi menggunakan salah satu teknologi tertentu. Oleh karena itu, akan dibutuhkan suatu sistem yang menggunakan logika tingkat lanjut untuk menentukan rute manufaktur tertentu. Logika ini mempertimbangkan faktor-faktor seperti bahan, ketebalan, kualitas yang diinginkan, atau diameter lubang internal; menganalisis barang yang ingin kita produksi, termasuk sifat fisik dan geometrisnya; dan menyimpulkan mesin mana yang paling cocok untuk memproduksinya.

Pemilihan Teknologi Pemotongan

Setelah melakukan pemilihan mesin; kita mungkin menghadapi situasi kelebihan beban yang dapat mencegah produksi terus berlanjut. Perangkat lunak yang menampilkan sistem manajemen beban dan alokasi untuk antrian kerja akan memiliki kapasitas untuk memilih jenis pemesinan kedua atau teknologi kedua yang kompatibel untuk memproses produk secara lebih baik dan tepat waktu; atau bahkan dapat menentukan kemungkinkan pekerjaan harus disubkontrakkan untuk menghindari periode menganggur dan membuat proses manufaktur lebih efisien.

Seperti yang dapat kita lihat, spesialisasi pemotongan dan penggunaan teknologi pemotongan yang berbeda untuk setiap kasus tertentu juga melibatkan perangkat lunak CAD/CAM; yang mampu menangani penggunaan dan kombinasi mesin-mesin tersebut ke dalam satu system; menetapkan dan mengelola alat berat yang ideal; menggabungkan teknologi dan situasi beban kerja,sehingga dapat memungkinkan untuk memproduksi barang dengan kualitas yang dibutuhkan; dengan cara yang paling ekonomis, dan memperhatikan waktu pengiriman.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file