peralatan bermotor

Presisi dalam suatu Proses – Bagaimana Peralatan Bermotor Dapat Membantu Pengujian dan Pengontrolan dalam Proses Manufaktur

Bagikan

Survey PWC’s UK Manufacturing Operations Pulse 2021 menemukan hampir setengah dari perusahaan-perusahaan manufaktur di  Inggris memprioritaskan otomatisasi proses robotika selama dua tahun ke depan. Peralatan otomatis dapat bekerja dengan tepat  sesuai persyaratan sehingga secara inheren menguntungkan dalam pengujian dan pengontrolan.

Perkembangan robotika telah memungkinkan peralatan otomatis menjadi semakin canggih, melakukan tugas dengan kecepatan dan akurasi yang unggul. Sebagai contoh, sebuah rumah sakit di Oxford menemukan robot bedah dapat melakukan operasi mata sepuluh kali lebih presisi daripada ahli bedah manusia . Namun, bukan hanya sektor medis saja yang dapat memanfaatkan akurasi tinggi dari mesin otomatis tersebut; perusahaan manufaktur pun juga dapat memetik manfaatnya.

Menjaga pengontrolan

Perusahaan Manufaktur yang mengadopsi sistem jalur produksi otomatis mendapatkan tingkat pengontrolan yang tinggi dalam proses perakitan; yang meminimalkan limbah dari barang yang cacat dan memastikan pelanggan secara konsisten menerima produk berkualitas tinggi. Manfaat ini telah berkontribusi pada rekor tertinggi penggunaan robot industri yaitu 2,7 juta unit; yang beroperasi di pabrik-pabrik di seluruh dunia pada tahun 2020.

Peralatan bermotor otomatis dapat diprogram secara digital untuk melakukan tugas dengan pengukuran yang tepat; menunjukkan pengulangan yang tak tertandingi oleh pekerja manusia. Misalnya, ketika dikalibrasi dengan benar,akan memungkinkan  robot industri enam sumbu dapat mencapai pengulangan posisi 0,1 milimeter (mm) atau lebih baik.

Ada sejumlah tahapan produksi yang dapat memperoleh manfaat dari ketepatan peralatan otomatis. Misalnya, obeng daya yang dikontrol torsi memastikan setiap sekrup di benda kerja diputar ke tingkat kekencangan yang sama persis; menghindari sekrup yang longgar atau terlalu kencang.

Contoh lainnya, pompa dosis otomatis dapat memasok jumlah bahan yang tepat, seperti perekat, pelumas, atau sealant; yang dibutuhkan pada area target suatu produk. Selain mencegah pemborosan dan menghindari kontaminasi bagian produk lainnya; kemampuan untuk memasok jumlah yang tepat membantu memenuhi tren miniaturisasi; membantu perakitan produk dengan ukuran yang semakin berkurang.

peralatan bermotor

Pengujian yang cermat

Namun, manfaat peralatan otomatis yang presisi tidak terbatas pada pembuatan produk saja, tetapi juga menguntungkan dalam pengujian. Misalnya, rig pengujian otomatis dengan mekanisme penguncian bermotor dapat menahan produk di tempatnya saat menjalani pengujian yang berbeda. Salah satu tes ini dapat berupa pememindaian produk dari cacat, seperti sekrup yang hilang, kerusakan, atau dimensi yang salah; dengan cara menggerakan rig di sepanjang sabuk konveyor bermotor yang kemudian hasil pemindaiannya dapat ditampilkan di layar /sistim penglihatan.

BACA JUGA  Seperti Apa Pabrik Peralatan Industri Dalam Dekade Berikutnya? - 1/3

Penilaian lain di mana otomatisasi itu bermanfaat adalah penggunaannya dalam uji tarik; di mana produk ditarik dan kemudian dipantau ketika berubah bentuk atau terkunci untuk mengukur ketahanannya terhadap putus di bawah tekanan. Ini sering digunakan pada paduan logam untuk mengetahui bagaimana kinerjanya di bawah beban yang berbeda. Perangkat pengujian tarik dapat digunakan sebagai bagian dari sistem kontrol kualitas atau selama penelitian material saat mengembangkan paduan baru.

Proses-proses pengujian tersebut tidak hanya akan sangat monoton bagi pekerja manusia; tetapi juga akan memakan waktu lebih lama untuk dilakukan daripada sistem otomatis. Motor berperforma tinggi dapat memberi daya pada sistem otomatis; untuk melakukan pengujian mekanis ini berulang kali dengan kecepatan tinggi tanpa campur tangan manusia.

Peralatan Bermotor

Banyak perusahaan manufaktur berfokus pada otomatisasi dalam rencana pengembangan masa depan mereka. Peralatan bermotor membawa tingkat akurasi dan presisi yang tinggi ke jalur produksi dan fasilitas pengujian; memastikan hanya produk berkualitas tinggi yang secara konsisten menjangkau pelanggan.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file