Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Go No Go Gauge Sebagai Alat Ukur Pembanding

Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Go No Go Gauge Sebagai Alat Ukur Pembanding

Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Go No Go Gauge Sebagai Alat Ukur Pembanding

Standarisasi Go no Go Gauge sebagai alat ukur pembanding atau kaliber batas. Sebenarnya adalah produk peralihan hasil revolusi industri antara ke-2 dan ke-3, yakni dengan produksi massal. Melalui alat ukur kaliber atau limit gauge ini ini, batas ukuran sebuah produk ada di area toleransi maupun di luar area toleransi. Apabila hasil pengukuran memperlihatkan dimensi alat terletak di area toleransi. Ini artinya produk telah memenuhi standar. Namun apabila hasil pengukurannya berada di luar area toleransi ini artinya produk tidak dapat digunakan alias gagal.

Alat Ukur Kaliber Batas

Go no go Gauge sebagai alat ukur pembanding juga disebut sebagai alat ukur kaliber batas. Dimana kaliber batas tersebut adalah alat pengecekan ukuran tanpa skala dan kaku yang fungsi utamanya dipakai untuk mengecek dimensi komponen yang diproduksi. Selain itu, kaliber batas sendiri tidak menunjukkan hasil nilai yang sebenarnya pada dimensi benda tertentu yang diperiksa. Go no go gauge hanya bisa dipakai untuk menentukan komponen yang telah dibuat apakah sesuai batas yang telah ditentukan ataukah tidak. Maka dari itu, biasanya pembuatan kaliber batas disesuaikan dengan batas ukuran komponen.

Plug Gauge Adalah

Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Go No Go Gauge Sebagai Alat Ukur Pembanding
Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Go No Go Gauge Sebagai Alat Ukur Pembanding

Plug Gauge adalah salah satu jenis alat ukur kaliber batas, yang biasa disebut sebagai kaliber poros. Pengukur ini bisa dikatakan sebagai sejenis alat uji pengukuran silinder yang dapat dipakai untuk mengecek keakuratan lubang. Biasanya Plug Gauge pengecek apakah semua diameter terletak dalam toleransi sesuai ditentukan. Jadi, Go no Go Gauge sebagai alat ukur pembanding di sini dibagi ke dalam 2 bagian. Yaitu Pengukur Plug Gauge “Go” yaitu ukuran bata pada bawah lubang, sedangkan untuk Plug Gauge “No-Go” artinya sesuai batas ketinggian lubang.

Pengukuran Dengan Kaliber Batas Merupakan

Pengukuran dengan kaliber batas merupakan proses pemeriksaan tanpa menghasilkan data numerik/angka. Sama halnya dengan proses pengukuran umumnya. Pemeriksaan tersebut biasanya dilakukan agar memastikan bahwa objek yang diukur tersebut memiliki nilai yang ada di dalam maupun di luar area toleransi ukuran, posisi dan atau bentuk. Dimana proses pengukuran ini berlangsung cepat dan cocok untuk selanjutnya menangani pengukuran kualitas geometrik hasil proses produksi secara massal.

BACA JUGA  Jasa Spare Part Mesin Injeksi

Alat Ukur Pembanding Contohnya

Go No Go Gauge sebagai alat ukur pembanding  digunakan untuk mengukur objek dengan membandingkan. Metode pengukuran ini tidak menentukan toleransi atau dimensi sebuah benda ukur langsung. Cara pengukuran ini memakai perbandingan berbentuk standar seperti untuk pemeriksaan atau pengecekan bentuk konis. Alat yang biasa disebut sebagai limit gauge ini juga terdiri atas Thread Plug Gauge, Plug Gauge, Thread ring Gauge, Snap Gauge, Pin Gauge, Plain Plug Gauge, dan Plain Ring Ring Gauge.

Kaliber Go dan Not Go

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kaliber batas atau limit gauge biasa dinamakan dengan istilah kaliber Go dan kaliber Not Go. Penamaan tersebut biasanya dikarenakan terdapat 2 batasan yakni ukuran minimum dan ukuran maksimum, yang mana keduanya digunakan dalam pengecekan dimensi komponen.

Go/No Go Adalah

Maksud dari penamaan Go atau No Go adalah mengindikasikan tentang hasil pengukuran alat menggunakan alat pembanding atau limit gauge. Dimana maksud dari kata “Go” jika hasil ukur yang didapat menampilkan dimensi benda ada di dalam daerah toleransi, ini artinya produk sudah memenuhi standar (Go), sedangkan jika sebaliknya hasil pengukurannya berada di luar batas toleransi ini artinya produk gagal alias tidak dapat terpakai (Not Go).

Alat Ukur Standar

Seperti kita ketahui alat ukur standar biasanya digunakan untuk mengukur suatu objek, baik mengukur panjang, massa, ketebalan dan lain sebagainya. Ada beberapa contoh alat ukur standar yang biasa kita jumpai, diantaranya mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup, dan lainnya.

Alat Ukur Pembanding Adalah Sebagai Berikut

Alat ukur pembanding sendiri terdiri dari gauge ring, gauge calliper, screw pitch gauge, fillet gauge, plug gauge, gauge snap, pin gauge, dan lainnya. Masing-masing digunakan untuk mengukur objek dengan bentuk yang berbeda. Go No Go Gauge sebagai alat ukur pembanding yang dipakai untuk pengecekan toleransi pada benda kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file