7 Tips Memilih Suku Cadang Cadangan Umum yang Tepat

Suku cadang pada mesin CNC merupakan komponen yang dibuat menggunakan teknologi manufaktur yang subtraktif; dengan menghilangkan material dari balok padat atau solid block; memakai berbagai macam alat pemotong untuk membuat desain akhir.

Biasanya orang-orang menyebutnya dengan suku cadang khusus, suku cadang mesin CNC, suku cadang mesin, komponen mesin CNC dan lainnya. Suku cadang yang dipilih harus mencapai tingkat kerumitan, akurasi, presisi tinggi dan hemat biaya.

Tips Memilih Suku Cadang Cadangan Umum yang Tepat

Pemesinan CNC bisa membuat finishing suku cadang memiliki presisi yang tinggi. Ini memungkinkan toleransi yang sangat ketat dalam dimensi spare part dan desain yang rumit. Untuk memilih suku cadang cadangan umum yang tepat, berikut ulasannya :

1. Pemilihan Bahan

Pemilihan material adalah komponen terpenting dalam menentukan fungsionalitas keseluruhan dan biaya suku cadang. Perancang biasanya menentukan karakteristik material penting untuk desain. Beberapa diantaranya adalah kekakuan, kekerasan, perlakuan panas, ketahanan kimia, dan stabilitas thermal.

a. Logam

Sebagai aturan umum, logam yang bersifat lebih lunak, berupa kuningan dan aluminium, serta plastik; akan membutuhkan waktu lebih sedikit dalam mengeluarkan material yang dapat mengurangi waktu dan biaya pemesinan.

Material yang lebih keras, seperti baja karbon dan stainless steel, harus dikerjakan menggunakan RRM spindle yang lebih lambat; serta memiliki laju pengumpanan mesin yang meningkatkan waktu siklus dibandingkan dengan material yang lebih lunak.

Secara umum, aluminium akan bekerja 4 kali lebih cepat dari baja karbon dan stainless steel; akan bekerja setengah kali lebih cepat dari baja karbon.

b. Plastik

Material plastik dapat menjadi alternatif lebih murah dibandingkan logam apabila desainnya tidak membutuhkan kekakuan seperti pada logam. Polyethylene mudah dikerjakan menggunakan mesin, dan biayanya sekitar 1/3 dari biaya alminium.

Sementara itu nilon dan polikarbonat sekitar 3 kali lipat biaya asetal. Sedangkan ABS biasanya 1,5 kali lipat biaya asetal. Walaupun plastik bisa dijadikan alternatif material yang hemat biaya; Anda harus ingat bahwa plastik bisa melengkung akibat tegangan yang tercipta ketika material dilepas.

BACA JUGA  Mengapa Simulasi Sangat Penting untuk Mendorong Era Manufaktur Berikutnya - 2/3

2. Tujuan Penggunaan Suku Cadang

Tips memiliki suku cadang cadangan umum yang tepat lainnya adalah mengetahui tujuan penggunaan suku cadang. Lingkungan akhir tempat spare part mesin CNC anda akan digunakan; dapat berdampak signifikan terhadap pemilihan materal.

Contohnya, jika anda memakai spare part di area lingkungan yang basah atau di area outdoor; gunakan stainless steel ketimbang baja karbon supaya suku cadang tidak berkarat.

Spesifikasi desain seperti toleransi, beban tegangan dan jenis pengencangan juga bisa mempengaruhi pilihan material Anda; seperti halnya spesifikasi untuk suku cadang penerbangan maupun militer yang diatur oleh FDA.

3. Berat Beban

Secara umum, material paduan umum standar 6061 adalah pilihan kepadatan rendah yang bagus untuk menjaga bobot agar tetap rendah; jika diperlukan bahan logam. Bahan plastik seperti ABS dan Delrin bisa membantu mempertahankan bobot lebih rendah.

4. Tahan Panas dan Kekuatan

Tips Memilih Suku Cadang

Ada beberapa cara berbeda yang dilakukan untuk mengukur kekuatan material termasuk kekerasan material; ketahanan aus dan kekuatan tarik. Memilih bahan yang menggabungkan berbagai macam kekuatan yang diminta dalam rancangan; memungkinkan Anda untuk memilih material spare part Anda.

Hal ini juga berlaku pada suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang akan membatasi pemakaian material tertenu. Lingkungan yang memiliki fluktuasi temperature tinggi sangat penting dipertimbangkan karena ada beberapa material dapat menyusut atau memuai secara signifikan.

5. Kompleksitas

Saat spare part mesin CNC menawarkan lebih banyak keterbatasan atau kerumitan. Maka perancang harus berurusan dengan geometri berkontur dan memotong banyak permukaan.

Dengan spare part yang semakin kompleks, maka akan semakin mahal pula biaya permesinan pada produk akhir. Namun anda bisa mengurangi waktu dan meminimalkan biaya dengan mengurangi kebutuhan dalam penggantian alat.

6.Ukuran

Ukuran spare part ditentukan oleh kemampuan mesin yang diperlukan oleh fitur suku cadang itu sendiri. Jadi tergantung pada fitur dan ukuran suku cadang yang dapat menentukan ketinggian suku cadang.

Kemampuan membentuk spare part mesin CNC biasanya tergantung pada bentuk, panjang atau diameter dan ruang suku cadang itu sendiri.

7. Harga

Hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih suku cadang lainnya adalah harga. Umumnya, semakin banyak material yang dipakai pada suku cadang, maka harganya semakin mahal. Begitu pula, material khusus seperti titanium bisa lebih mahal.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai material suku cadang terbaik, hubungi teknisi ahli kami di Sentra Teknika Prima!

Itulah 7 tips memilih suku cadang cadangan umum yang tepat untuk mesin CNC Anda.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file