defect

4 Macam Defect Pada Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya Pada Pemesinan Milling CNC – 3/3

Setelah kita mengetahui defect No. 1 dan 2 pada artikel sebelumnya, maka yang selanjutnya adalah :

3. Gosong  Pada Permukaan Benda Kerja

Defect

Salah satu cacat yang umum terjadi adalah adanya luka bakar di sepanjang permukaan benda kerja. Luka bakar terjadi karena benda kerja terlalu panas.

Penyebabnya

Parameter pemotongan yang salah dapat mengakibatkan cacat benda kerja. Kombinasi nilai pemakanan dan kecepatan yang dipilih dengan buruk dapat mengakibatkan kerusakan signifikan pada benda kerja, alat  potong, dan bahkan pada  mesin 

defect
Defect

Solusi

Salah satu cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menurunkan kecepatan potong terhadap rasio pemakanan. Proses pemesinan akan menjadi lebih lambat dan suhu menjadi lebih rendah. Cara lain adalah dengan meningkatkan laju proses pendinginan. Dalam beberapa kasus ekstrem, seperti bahan titanium yang menghantarkan suhu dengan buruk, maka kedua metode tersebut diperlukan.

4. Burr

Defect

Burr adalah material sisa yang tertinggal setelah proses pemotongan. Umumnya terbentuk di tepi bawah benda kerja selama proses pengeboran atau milling. Lebih umum terjadi pada bahan yang memiliki plastisitas yang baik dengan kekerasan yang rendah.

defect burr
Burr

Penyebab

Lapisan terakhir dari bahan sering mengalami perubahan bentuk dan menjauh dari alat pemotong dan menjadi tidak mungkin untuk dihilangkan dari benda kerja . Bahan sisa yang terdeformasi tersebut tetap berada pada tepi benda kerja seperti film tipis. Dan itu tajam maka harus dihilangkan.

Solusi

Deburring adalah proses untuk menghilangkan burr dan sebenarnya merupakan hal yang menjadi pembahasan di seluruh bab pada teknik mesin dan permesinan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan burr. Cara paling sederhana adalah menghilangkan burr secara manual tetapi ada juga teknik deburring lanjutan seperti deburring termal dan deburring getaran.

BACA JUGA  Seperti Apa Pabrik Peralatan Industri Dalam Dekade Berikutnya? - 1/3

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, pemesinan milling CNC adalah jenis keahlian yang kompleks. Orang-orang menguasainya selama beberapa dekade dan terkadang masih bisa melakukan kesalahan. Anda dapat dengan mudah merusak benda kerja Anda setelah menginvestasikan banyak waktu untuk pengerjaan milling dan uang untuk pembelian bahan. Pilihan yang jauh lebih baik adalah memberikan pekerjaan tersebut  kepada para ahli yang professional di bidang pemesinan milling CNC. Sekelompok operator yang berkualitas yang bekerja setiap hari pada mesin yang sama pasti akan memproses benda kerja Anda tanpa cacat dan kesalahan.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file