milling cnc

4 Macam Defect Pada Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya Pada Pemesinan Milling CNC – 1/3

Pemesinan milling CNC adalah salah satu metode pemrosesan benda kerja yang paling umum digunakan; saat Anda membutuhkan komponen presisi tinggi yang akan diproduksi. Peralatan  pemesinan milling CNC modern menawarkan peluang besar untuk dapat membuat benda kerja bentuk bebas yang kompleks dengan cepat. Pemesinan milling CNC juga telah berkembang menjadi mesin dengan tingkat kepresisian yang tinggi; sehingga Anda bisa mendapatkan permukaan akhir benda kerja yang seperti cermin jika Anda menggunakannya dengan benar. 

Pemesinan adalah pekerjaan yang menuntut keahlian khusus yang Anda pelajari sepanjang hidup Anda. Dan ada banyak masalah yang dapat merusak benda kerja Anda atau bahkan alat pemotong Anda; jika Anda tidak tahu cara mencegahnya. Berikut adalah defect yang paling umum pada benda kerja yang diproses pada mesin milling CNC; sambil memberikan solusi yang sesuai untuk memperbaikinya.

milling cnc
Milling CNC

1. Penyok Tertinggal Dari Perkakas Setelah Proses Milling CNC

Defect  Pada Benda Kerja

Saat mengerjakan paduan kuningan, tembaga, perunggu, atau aluminium; Anda mungkin terkadang memperhatikan bahwa bagian tersebut memiliki penyok dilokasi dimana benda tersebut dijepit selama proses pemesinan milling CNC.

Penyebab

Ini terjadi karena kekuatan gaya penjepit yang berlebihan pada peralatan Anda. Jika peralatan Anda manual, artinya Anda harus mengambil kunci pas dan mengencangkan sekrup pada jig dan fixture, solusinya mudah. Anda cukup menghentikan pengencangan jig lebih awal atau memakai kunci khusus; yang memberi tahu Anda seberapa besar gaya penjepit pada setiap saat sehingga Anda dapat mengontrol gaya penjepit dengan lebih baik. Namun, banyak mesin CNC yang dilengkapi dengan silinder pneumatik atau hidrolik untuk mendapatkan gaya penjepitan yang konstan yang biasanya lebih besar dari gaya penjepitan manual .

Defect benda kerja
defect

Solusi

Solusi murah untuk mencegah penyok pada bagian yang dijepit oleh peralatan pneumatik dan hidrolik cukup sederhana. Anda harus membuat pelat baja perantara dan meletakkannya di antara benda kerja dan peralatan jig. Pelat digunakan untuk menyebarkan tekanan pada benda kerja secara merata dan meningkatkan area kontak. Hal itu dapat mencegah deformasi. Bahkan jika gaya penjepitan masih terlalu besar, penyok akan terjadi di pelat dan bukan pada benda kerja.

BACA JUGA  Merancang Sistem Manufaktur Tanpa Defect Pasca-Pandemi

Solusi lainnya adalah dengan memakai chuck dan jig khusus yang lebih lembut dan bahkan jika terjadi deformasi; tidak akan merusak benda kerja. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang solusi lainnya untuk memperbaiki berbagai penyok; Anda dapat mengunjungi halaman teknologi inti kami: Pemesinan CNC untuk aluminium.

Baca artikel lanjutannya 4 Macam Defect Pada Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya Pada Pemesinan Milling CNC – 2/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

2 thoughts on “4 Macam Defect Pada Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya Pada Pemesinan Milling CNC – 1/3”

  1. Pingback: 4 Macam Defect Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya

  2. Pingback: 4 Macam Defect Pada Benda Kerja Pada Pemesinan Milling CNC

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file