defect benda kerja

4 Macam Defect Pada Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya Pada Pemesinan Milling CNC – 2/3

Setelah kita mengetahui defect No. 1 yaitu Penyok yang tertinggal dari perkakas setelah proses milling CNC yang paling umum pada benda kerja yang diproses pada mesin milling CNC, selanjutnya adalah :

2. Hasil Permukaan Akhir Yang Bervariasi

Defect Benda Kerja

Salah satu masalah umum lainnya pada hasil akhir permukaan ketika pemesinan milling CNC digunakan adanya sejumlah penyebab dari hasil akhir permukaan yang buruk atau bervariasi pada benda kerja.

defect benda kerja
Hasil permukaan akhir

Penyebab

Alasan pertama adalah karena getaran berlebih yang terjadi pada peralatan mesin atau alat potong. Akibatnya, Anda akan mendapatkan permukaan yang rusak dan tidak rata alih-alih permukaan yang halus. Ada beberapa alasan terjadinya getaran tersebut, yang pertama adalah karena alat potong yang tumpul. Alat potong yang tumpul dapat merusak benda kerja sebelum beram terlepas dari benda kerja tersebut.

Hal ini menyebabkan bertambahnya gaya potong dan ujung pisau alat potong memasuki benda kerja lebih dalam sehingga deformasi terjadi dan kemudian beram putus secara kasar dan tiba-tiba, meninggalkan lubang kecil. Dalam jumlah tertentu,lubang-lubang kecil pada permukaan tersebut membuat kualitas hasil akhir permukaan jauh lebih rendah.

Alasan lainnya adalah strategi pemesinan milling CNC. Ada dua jenis strategi pemesinan milling: climb milling dan konvensional milling. Strategi pertama adalah ketika arah putaran alat potong bertepatan dengan arah pemakanan. Pada climb milling, pahat masuk ke benda kerja dengan sekali tekan dan keluar dari benda kerja secara perlahan dengan material minimum (pada permukaan yang terbentuk setelah pemesinan).

Hal tersebut menghasilkan hasil permukaan akhir yang bagus. Pemesinan milling konvensional terjadi ketika putaran alat potong berlawanan dengan arah pemakanan. Dengan strategi ini, alat potong  memasuki benda kerja dimulai dari permukaan benda kerja yang sudah jadi. Karena adanya sedikit getaran  dan variasi proses, alat potong dapat sedikit merusak hasil permukaan akhir.

Namun, hal tersebut sudah cukup untuk mengubah hasil final dari permukaan akhir. Operator pemula sering kali secara tidak sengaja menggunakan kedua strategi tersebut dengan menggerakan alat potong maju mundur. Hal ini menghasilkan kedua jenis bentuk hasil permukaan akhir. Terlihat lebih halus pada satu  jalur tetapi lebih kasar pada jalur lainnya.

BACA JUGA  Pelatihan Operator Milling CNC Gratis di Bekasi
ISO 9001 Certification
ISO 9001 Certification

Alasan terakhir untuk hasil permukaan akhir yang buruk adalah pilihan yang kurang tepat atau kurangnya cairan pendingin. Banyak orang meremehkan peran pendingin dan pelumas dan mengabaikannya atau menggunakan yang paling sederhana dan termurah.

Pada kenyataannya, menggunakan pelumas dan pendingin yang sesuai dapat meningkatkan kualitas permukaan akhir  secara keseluruhan. Dan kebalikannya tentu saja , dengan kurangnya pendinginan dan pelumasan akan menyebabkan panas berlebih serta masa pakai alat potong menjadi lebih pendek

Solusi

Agar dapat menjaga hasil permukaan akhir yang sehalus mungkin, Anda harus dapat merawat alat potong, menggunakan strategi milling yang benar, dan memperhatikan cairan pendingin. Secara umum, akan jauh lebih baik bagi alat potong untuk selalu memasuki benda kerja dari satu sisi dan keluar dari sisi lainnya.

Baca Artikel Selanjutnya 4 Macam Defect Pada Benda Kerja Secara Umum Dan Penyebabnya Pada Pemesinan Milling CNC – 3/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file