mesin CNC

Bengkel Pemesinan CNC – Panduan Terbaik – 2/4

Apa yang Dapat Anda Temukan Di Bengkel Pemesinan CNC?

Baca Sebelumnya Bengkel Pemesinan CNC – Panduan Terbaik – 1/4

Sebuah bengkel pemesinan yang berfungsi penuh biasanya mencakup banyak peralatan mesin dengan ukuran dan tujuan yang berbeda, sebagai berikut:

Mesin Multi-Milling

Mesin multi-milling adalah mesin yang dapat melakukan operasi pemesinan yang ekstensif. Biasanya tidak memiliki sistem Computer Numerical Control (CNC) dan dioperasikan secara manual oleh seorang operator. Keuntungan utama dari mesin semacam itu adalah bahwa dengan operator yang cakap, Anda cukup memberinya gambar dan dia akan segera mulai melakukan pekerjaan pemesinan. Ini merupakan pilihan yang bagus jika Anda membutuhkan sebuah benda kerja logam tunggal sederhana. Anda bisa mendapatkannya dalam beberapa hari saja.

Machining Center (mesin CNC 3,4-5 sumbu dan lebih )

Machining Center adalah versi yang lebih kompleks dari mesin milling serbaguna. Anda akan memerlukan model 3D dari benda kerja Anda untuk memproduksinya tetapi keuntungannya adalah bahwa machining center CNC dapat memproduksi hampir semua bagian yang dapat Anda bayangkan. Mesin ini juga cukup presisi, dan jika Anda menyukai hasilnya, Anda dapat menduplikasi prototipe pertama dengan mudah hanya dengan memuat program NC yang sama berulang kali. Machining Center CNC dapat memiliki 3, 4, atau 5 sumbu kerja. Semakin banyak sumbu machining center CNC maka semakin kompleks benda kerja yang dapat dibuatnya.

Tetapi jika benda kerja Anda sederhana, lebih baik menggunakan mesin multi-milling saja karena operator akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyiapkan program NC yang baik.

pelatihan-operator-milling-cnc-gratis-di-bekasi

Mesin bubut

Mesin bubut adalah sejenis mesin di mana yang berputar adalah benda kerjanya bukan alat potongnya. Sangat cocok untuk membuat komponen-komponen simetris dan dapat bekerja secara otomatis jika dilengkapi dengan sistem CNC.

Mesin Gerinda

Mesin gerinda menggunakan roda gerinda berkualitas tinggi yang terbuat dari partikel-partikel keras yang kecil-kecil  untuk menggerinda sedikit lapisan pada bahan dan membentuk dimensi yang sangat presisi dengan permukaan akhir yang bagus atau seperti cermin. Operasi semacam itu digunakan untuk suku cadang berpresisi tinggi dan disarankan untuk menggunakannya hanya untuk toleransi IT 7 atau lebih tinggi. Proses penggerindaan biayanya mahal dan memakan banyak waktu.

Bor tekan

Mesin bor tekan adalah peralatan mesin manufaktur dasar. Ini digunakan untuk mengebor lubang pada benda kerja apa pun. Mesin ini berfungsi sebagai pelengkap yang baik untuk mesin multi-milling dan mesin bubut manual yang dapat membentuk kombinasi sempurna untuk membuat benda kerja dengan cepat.

Gergaji pita

Setiap bengkel pemesinan CNC membutuhkan stok bahan baku benda kerja. 90% dari bahan tersebut disediakan dalam bentuk silinder panjang dengan diameter berbeda. Ketika pesanan dibuat, bahan silinder tersebut dipotong menjadi satu bagian bahan tunggal sebagai benda kerja yang akan dikerjakan . Sebuah bandsaw digunakan untuk memotong bahan silinder panjang tersebut.

mesin edm

Peralatan EDM

EDM mengacu pada pemesinan pelepasan listrik (electrical discharge machining ), yaitu sebuah proses yang mengandalkan arus listrik untuk menguapkan partikel dari permukaan benda  kerja. Metode ini sangat cocok untuk suku cadang kedirgantaraan yang telah dikeraskan dan pembuatan rongga cetakan (dies cavities). Keuntungan luar biasa dari proses ini adalah bahwa gaya potong mendekati nol sehingga benda kerja tidak dapat berubah bentuk selama pemrosesan.

BACA JUGA  Panduan Pemesinan Milling CNC Lengkap - 2/3

Peralatan Finishing Permukaan

Ketika benda kerja telah selesai dikerjakan, Anda terkadang perlu mendapatkan sifat-sifat tambahan. Misalnya permukaan akhir yang seperti cermin, warna, kilau, atau kehalusan. Semuanya membutuhkan perlakuan khusus sehingga bengkel pemesinan CNC yang baik biasanya memiliki setidaknya satu set peralatan pengecatan. Dan bengkel pemesinan yang unggul dapat menyediakan layanan pemolesan dan anodisasi.

Mesin Pengukur Koordinat

Untuk memeriksa toleransi benda kerja dan mengevaluasi propertinya, maka peralatan kontrol diperlukan. Mesin pengukur koordinat paling cocok untuk digunakan pada berbagai pesanan yang diperoleh bengkel pemesinan CNC. Mesin ini presisi dan dapat mengukur hampir semua dimensi.

Pemindai 3D

Seseorang menggerakkan pemindai 3D di sekitar benda kerja untuk menangkap bagian-bagiannya yang berbeda dan memberikan model 3D-nya. Proses ini biasanya memakan waktu 3-4 menit.

Jangka Sorong

Dimensi-demensi yang berbeda dapat diukur dengan menggunakan jangka sorong seperti dimensi dalam, dimensi luar, dan kedalaman benda kerja dengan menggunakan rahang-rahangnya yang berbeda.

Mikrometer dan Pin Gauges 

Jika benda kerja yang diinginkan harus sangat presisi, maka mikrometer dapat digunakan untuk mengukur kedalaman, panjang, dan ketebalan. Sementara Pin Gauges digunakan untuk mengukur dan memeriksa diameter lubang yang kecil.

Di bengkel pemesinan CNC, mesin melakukan tugas produksi yang berbeda, baik secara manual oleh operator CNC maupun yang dilengkapi dengan teknologi CNC.

Selain dari pemesinan, produsen biasanya menyimpan bahan baku di bengkel pemesinan yang dapat digunakan untuk bahan benda kerja. Namun, untuk produsen dengan bengkel pemesinan CNCnya yang berukuran kecil, bahan benda kerjanya dapat disimpan di tempat lain, seperti di gudang.

Terdapat ruangan khusus yang berisi komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak CAD di benkel pemesinan di mana operator dapat mendesain benda kerja secara digital.

Baca Selanjutnya Bengkel Pemesinan CNC – Panduan Terbaik – 3/4

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

1 thought on “Bengkel Pemesinan CNC – Panduan Terbaik – 2/4”

  1. Pingback: Bengkel Pemesinan CNC - Panduan Terbaik - 3/4 -

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file