orientasi bahan karakuri kaizen

Orientasi Bahan Karakuri Kaizen Untuk Industri

Orientasi Bahan Karakuri

Beberapa perangkat karakuri yang ditampilkan di ajang pameran untuk industri biasanya digunakan untuk membantu mengatur bagian-bagian kecil agar lebih mudah digunakan oleh manusia atau tenaga mesin. Adapun contoh populernya ialah yang ditampilkan oleh Toyota.

Selama perakitan, para pekerja harus memasang 2 sekrup. Dimana sebelumnya, pekerja harus mengambilnya dengan cara manual dari kotak, hal ini tentu tidak praktis. Hingga akhirnya Toyota menempelkan 2 magnet ke lengan yang dapat digerakkan. Setiap kali pekerja mengembalikan bor listrik ke tempat dudukan bor listrik, maka berat bor akan menekan lengannya sebentar. Magnet dicelukpan ke dalam kotak sekrup dan mengambil beberapa sekrup dengan tepat. Mekanisme kecil ini justru lebih menghemat waktu pekerja untuk mencari jumlah sekrup dengan mudah.

Contoh lainnya adalah untuk mengumpan mesin dengan bagian-bagian yang berorientasi. Mekanismenya sangat sederhana, bahkan bisa dikatakan tidak memerlukan mekanisme pergerakan pada bagian ini sama sekali. Adapun tujuannya ialah untuk mengarahkan baut dengan arah kedua ujung yang diameternya sama, dengan sisi yang satu diameternya lebih besar dibandingkan sisi lainnya.

Dalam proses ini tidak memerlukan media pengumpan yang rumit, cukup dengan memakai seluncuran logam yang berbentuk setengah corong. Karena sisi baut yang berdiameter lebih besar menggelinding lebih cepat, maka ujung inilah yang selalu keluar lebih dulu dari ujung corong.

Masih banyak lagi contoh aplikasi karakuri membawa bahan atau material dalam orientasi yang baik untuk digunakan lebih lanjut. Inilah tujuan dari penggunaan karakuri.

BACA JUGA  Bengkel Pemesinan CNC - Panduan Terbaik - 4/4

Karakuri Dapat Mengurangi Biaya

Keuntungan mekanisme karakuri lainnya ialah bisa menekan pengeluaran biaya secara keseluruhan. Mesin konvesional yang mengandalkan computer, sensor dan actuator sudah pasti memerlukan biaya  lebih mahal. Namun biasanya tergantung daari kondisinya, mesin karakuri bisa menjadi pilihan mesin yanag efisien dan lebih murah.

Toyota Boshoku membangun pengumpan suku cadang karakuri dengan orientasi bahan atau suku cadang. Mereka menggunakan pendulum untutk menympan daya dan memungkinkan mekanisme bisa beroperasi selama beberapa detik tanpa tambahan daya. Mesin ini menghabiskan biaya perusahaan sekitar US $500. Mereka memperkirakan bahwa mesin yang dikendalikan computer konvensional bahkan bisa menelan biaya hingga mencaapai US $10.000.

orientasi bahan karakuri kaizen

Meningkatkan Keamanan

Keunggulan Karakuri Kaizen untuk meningkatkaan keamanan telah diperlihatkan dalam ajang pameran Toyota Motor Japan. Mereka menampilkan perangkat yang tergabung dalam winch yang mengangkat beban hingga 40 kg. Namun mereka khawatir apa yang akan terjadi jika rantai yang mengangkat beban tersebut putus, hingga akhirnya gagal. Oleh karena itut, mereka menamabahkan pengaman yang bisa menghentikan operasi saat rantai putus. 

Contoh lain yaitu Aisin Seiki yang menyediakan penyimpanan palet dengan gerbang. Adapun idenya yaitu supaya palet tidak akan terjatuh saat ada gempaa. Berat palet menutup gerbang Ketika forklift meletakkana palet. Jika forklift mengangkat palet Kembali, maka gerbang akan terbuka.

Youtube : https://youtu.be/SGmNRZcbIlY

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file