Pengenalan Karakuri Kaizen Untuk Industri

Karakuri adalah istilah dalam Bahasa Jepang yang memanfaatkan perangkat mekanik untuk membantu berbagai macam tugas dengan menggunakan sumber daya listrik, pneumatic, atau hidrolik. Ini juga biasanya tidak dikendalikan oleh sistem komputer, melainkan oleh desain mekanik, menggunakan gravitasi, kinematika, pegas, otot manusia, counterweight, jungkat jungkit serta roda gigi yang dapat memanipulasi objek.

Komponen utama dari filosofi lean, sebagai prinsip dari Karakuri Kaizen, yakni alat yang diaplikasikan untuk mengangkut barang dengan memanfaatkan sistem gravitasi bumi. Sehingga sangat efektif untuk meningkatkan dan mempermudah sistem pengangkutan barang-barang Anda. 

Karakuri Kaizen, berasal dari ‘boneka mekanik’ asal Jepang, Bernama Karakuri Ningyo. Boneka ini pertama kali diperkenalkan sekitar 1500 tahun lalu, namun yang paling populer sekitar 200 tahun lalu. Boneka-boneka tersebut bisa dikatakan sebagai pendahulu robot. 

Bagaimana Prinsip Kerja Karakuri?

Prinsip kerja karakuri adalah operator yang hendak memindahkan suatu barang, cukup meletakkan barang tersebut pada tiang pipa, lalu mendorongnya untuk memindahkan ke lokasi atau tempat yang ingin dituju.

Barang dipindahkan dan didorong selanjutnya akan melaju pada bagian atas roda yang berukuran kecil dan terbuat dari bahan plastik. Melalui pemanfaatan gaya gravitasi serta kemiringan pada pipa karakuri, maka barang pun akan meluncur leluasa. Operator tak perlu lagi harus berjalan mengantarkan barang, sebab dengan Karakuri Kaizen, maka proses transfer barang lebih efisien.

BACA JUGA  Praktik Karakuri : Wawancara Dengan Ahlinya

Berikut beberapa prinsip dasar dari Karakuri Kaizen, diantaranya :

  1. Tidak menggunakan tenaga manusia, karena dapat memindahkan objek secara otomatis.
  2. Tidak perlu menghabiskan uang,.
  3. Meningkatkan pekerjaan penanganan secara manual, seperti meneruskan beban kerja ke stasiun kerja lainnya lewat roller terpisah.
  4. Untuk keamanan, bisa menciptakan perangkat yang dapat berhenti otomatis, tak hanya mengandalkan perhatian saja.
pengenalan karakuri kaizen

Apa Kelebihan dan Manfaat Karakuri Kaizen?

Dengan menggunakan Karakuri Kaizen, ada sejumlah manfaat yang diperoleh berikut ini :

  1. Biaya Lebih Murah

Waktu pengembangan yang lebih ringkas, memerlukan bahan yang lebih terjangkau karena seringkali hanya menggunakan beberapa item saja yang terlibat, dan biaya energi yang jauh lebih sedikit (jika ada).

  1. Perawatan Mudah

Dengan suku cadang lebih murah, serta banyak informasi mengenai cara kerjanya, sehingga mempermudah proses perawatan dan membuat perangkat ini bisa berjalan lebih sederhana.

  1. Lebih Mudah Ditingkatkan

Karena dibuat menggunakan tangan, bisa diubah dengan mudah dan cepat untuk mendorong peningkatan perangkat berkelanjutan.

  1. Lebih Banyak Keterlibatan Tim

Lebih banyak orang bisa membantu membangun perangkat karakuri, daripada mengalihkannya ke perusahaan lain. Sehingga keterlibatan karyawan semakin besar.

  1. Peningkatan Keamanan dan Bersifat Ergonomi

Dapat mengurangi resiko cedera pada tenaga kerja sekaligus kemungkinan kehilangan hari kerja karyawan.

  1. Peningkatan Kualitas

Perangkat karakuri dapat meminimalisir kesalahan manusia.

Link Youtube : https://youtu.be/8_AY4IgADiI

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file