pembongkaran mold

Perakitan Dan Pembongkaran Mold

Perakitan Dan Pembongkaran Mold

Berikut ini adalah daftar periksa untuk prosedur perakitan dan pembongkaran Mold injeksi plastik. Beberapa pelanggan kami tidak memiliki staf pembuat Mold yang terlatih untuk melakukan perakitan dan pembongkaran semacam ini. Sehingga kami telah membuat daftar prosedur di sini untuk membantu. namun, ini dilakukan dengan risiko Anda sendiri! 

Kami sangat merekomendasikan bahwa setiap fasilitas Pembuat Mold harus memiliki staf profesional yang terampil untuk melakukan perakitan, pembongkaran, pemeliharaan, dan perbaikan. 

Gambar ini menunjukkan pembongkaran berbagai bagian Mold 

Cara Melakukan Pembongkaran Mold 3 Plat:

pembongkaran mold

Persiapan Pembongkaran

  1. Mold harus diletakkan pada dua rel di atas meja yang bersih dengan ruang yang cukup. Alat yang digunakan harus dalam kondisi baik dan harus mencakup kunci pas allen, palang aluminium, palu karet, lakban, dan beberapa wadah.
  2. Pisahkan Mold pada garis pemisah/ parting Line dengan hati-hati. Cari kerusakan yang terlihat. Jika Mold rusak, segera laporkan. Periksa karat di core dan rongga dan laporkan segera jika ditemukan.
  3. Siapkan  wadah untuk meletakkan semua bagian dan mengidentifikasinya dengan nomor pekerjaan yang tepat atau sesuai dengan nomor gambar yang tepat.
  4. Periksa pin core di rumah Ejector (di pelat penjepit bawah) dan lepaskan pin core terlebih dahulu.

Proses Pembongkaran

  1. Lepas semua baut di Rumah Ejector.
  2. Lepas baut dari Pelat Ejector.
  3. Periksa apakah semua pin ditandai?. jika tidak, tandai sesuai keperluan.
  4. Periksa apakah core lifter ditandai?. jika tidak, tandai sesuai keperluan.
  5. Lepas semua pin dan suku cadang dari Rumah Ejector. Lindungi semua bagian yang rapuh dan area kritis dengan lakban.
  6. Lepas semua sumbat saluran air
  7. Copot semua rakitan slide dan lindungi semua area kritis dengan selotip atau simpan dengan hati-hati dalam wadah.
  8. Lepas bushing sprue, hot sprue, atau sistem hot runner lainnya.
  9. Lepaskan semua baut dari cavity dan insert core. Pasang dua atau empat baut yang lebih panjang di cavity dan core. Kemudian lepaskan cavity dan insert core dari Mold Base dengan memukul baut. Gunakan palu karet, aluminium, atau tembaga Ketika memukul baut tersebut. HATI-HATI, JANGAN menjatuhkan insert ke lantai atau tempat lainnya yang dapat merusaknya. 

Pembersihan Mold Plat

  1. Setelah insert utama dilepas, lepaskan semua insert sub, insert gerbang, pin core, dll. dan lindungi semua tepi kritis dengan selotip atau simpan dengan hati-hati dalam wadah.
  2. Bersihkan semua part dan detail lainnya dengan hati-hati dengan cairan pembersih khusus, serta handuk bersih dengan hati-hati. JANGAN merusak tepi yang tajam, permukaan yang terbelah, penutup, atau lapisan akhir dari cavity.
  3. Terakhir, simpan semua insert sedemikian rupa sehingga permukaan Mold terlindungi. 

Gambar Perakitan Akhir: 

Persiapan Perakitan 

  1. Siapkan semua pelat Mold, insert, dan komponen di satu tempat untuk perakitan. Siapkan meja yang bersih dan dua rel untuk menggeser pelat. Alat yang digunakan harus dalam kondisi baik dan harus mencakup kunci pas allen, palang aluminium, palu karet/tembaga/aluminium.
  2. Kebersihan sangat penting dalam perakitan Mold. Pastikan semua pelat, insert, dan komponen bersih dan bebas dari pasir, serpihan, dan serpihan. Setelah Anda membersihkan semua detail dengan hati-hati dengan pelarut yang bersih dan lembut, dan handuk bersih, LALU bersihkan semuanya lagi dengan tangan kosong Anda yang bersih untuk menghilangkan pasir kecil (Hati-hati JANGAN merusak tepi tajam, permukaan yang pecah, penutup, atau lapisan akhir rongga)
perakitan mold

Langkah-langkah Perakitan

  1. Pasang semua sub-insert, insert gerbang, pin core, dll. ke dalam insert utama. Periksa apakah semua insert dan pin ditandai dan dipasang di lokasi dan posisi yang benar.
  2. Pasang Pelat-B ke Pelat Penopang
  3. Pasang set insert B-Half, rakitan geser, dan komponen pelat-B lainnya. Periksa apakah semua bagian ditandai dan dipasang di lokasi dan posisi yang benar.
  4. Masukkan dan lumasi semua pin ejektor, selongsong ejektor, dan bilah ejektor melalui pelat penahan pin, pelat penopang, dan insertcore. Pasang semua pin dan pegas kembali. Pasang dan lumasi semua mekanisme Pengangkat. Baut pada pelat Ejector.
  5. Pasang rumah ejektor, dengan pilar penyangga, pin ejeksi Guide, dll. Arahkan rakitan ini melalui ejektor & pelat lainnya dan kencangkan ke pelat penyangga. Masukkan pin core apa pun yang dipasang di pelat penjepit bawah dan kencangkan pelat cadangannya. Lumasi seluruh rakitan.
  6. Pastikan rakitan Geser bergerak bebas, dilumasi, dan penahan geser berfungsi dengan baik.
  7. Gerakkan rakitan Ejector ke depan dan periksa apakah semua pin, selongsong, core pengangkat, dan semua komponen bergerak lainnya berputar bebas. Goyangkan untuk memverifikasi jarak bebas yang benar dan bahwa semua komponen bergerak bebas
  8. Periksa apakah pelat ejektor dapat menggunakan seluruh panjang perjalanan. Periksa apakah pelari & bagian akan menghapus core saat dikeluarkan.
  9. Pasang Pelat-A ke pelat penjepit atas
  10. Pasang set insertA-Half, pin sudut, dan komponen pelat-A lainnya. Periksa apakah semua bagian ditandai dan dipasang di lokasi dan posisi yang benar.
  11. Pasang locating ring & sprue bushing, periksa apakah radius sprue, dan oriface adalah ukuran yang benar dan pastikan bushing sprue terkunci dan tertahan pada putaran
BACA JUGA  Perhitungan dan Perancangan Pin Pendukung atau Pin Leader

Perakitan Khusus

  1. Jika Mold memiliki fitur 3-plate atau sistem hot runner, pasanglah pada tahap ini.
  2. Untuk Mold Tiga Pelat, verifikasi bahwa semua kait berfungsi dengan benar, bahwa kait dan lepas dalam rakitan, dan pemisahan pelat cukup untuk membiarkan bagian DAN runner jatuh. Periksa juga bahwa semua pin dowel gerendel telah diamankan agar tidak lepas selama pengoperasian. Lumasi seluruh rakitan dan pastikan ia bergerak bebas.
  3. Untuk Mold Hot Runner, periksa apakah semua kabel berada dalam saluran, bebas dari kerusakan, dan bebas dari kemungkinan “jepit” selama perakitan. Periksa kontinuitas semua sirkuit
  4. Pasang semua konektor pendingin dengan pita teflon atau sealant ulir yang sesuai.
  5. Periksa semua limit switch
  6. Semprot dengan WD-40 dan tutup rakitan
  7. Pastikan Mold memiliki tali Mold dan terpasang dengan benar 

Kesimpulan

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2007/03/assembly-and-disassembly-mold.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file