pin leader

Perhitungan dan Perancangan Pin Pendukung atau Pin Leader

Perhitungan dan perancangan Pin pendukung atau Pin Leader

Seperti yang kita ketahui pada postingan sebelumnya, tentang konstruksi utama Mold. Pada sebuah Mold terdapat pin pada komponen leader, pin ini akan menopang konstruksi utama dan pelat Cavity (3) dari defleksi. Juga menghubungkan bagian cavity dengan bagian core saat cetakan tertutup.

Berikut ini merupakan contoh gambar support pin atau pin leader pada tipe Mold 3 plat.

pin leader

Pin Pendukung Bagian Utama

Kita dapat membagi bagian utama dari Pin Pendukung menjadi 3 jenis:

1. Pin pendukung itu sendiri, beberapa pakar cetakan menyebut pin pendukung itu dengan sebutan Leader Pin atau main Support Pin (pin pendukung utama).

2. Bushing, berapa banyak bushing yang kita butuhkan bergantung pada jenis dasar cetakan. Misalnya untuk 3 jenis Mold pelat dasar , kita membutuhkan setidaknya 2 bushing. Satu  pada pelat stripper (2) dan satu lagi pada pelat rongga (3). Bushing mencegah pin penyangga bersentuhan langsung dengan pelat dasar. Karena pelat dasar biasanya menggunakan bahan yang lebih lunak dan pin penyangga adalah bahan yang lebih keras, dan  dapat menyebabkan goresan jika digunakan dalam waktu lama untuk produksi massal. Bushing selalu menggunakan bahan yang lebih keras dengan toleransi yang baik terhadap pin pendukung. Sehingga keuntungan lainnya adalah cetakan dapat dibuka dan ditutup secara presisi serta dapat digunakan dalam cetakan produksi secara masal.

3. Collar berfungsi untuk mencegah pelat cetakan keluar dari pin leader saat baut penarik patah atau kemungkinan terjadinya hal-hal lain. konstruksi Mold menjadi lebih aman dengan adanya collar.

Lihatlah bagian utama dari pin pendukung pada gambar di bawah ini :

bagian utama support pin

Perhitungan Defleksi

Ok, untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cara menghitung defleksi pada pin pendukung. Ketika pin pendukung menerima beban dari pelat dasar cetakan pada ujungnya, maka pin pendukung dapat membelok karena besarnya momen lenturnya. Maka, untuk memilih diameter yang tepat dan berapa besar lenturnya terlebih dahulu kita harus mengetahui gaya yang mempengaruhi support pin, lihat gambar di bawah.

gaya pada support pin

Jadi, pada jenis 3  pelat, beban minimumnya adalah dari berat pelat stripper dan pelat rongga, dengan perhitungan defleksi sederhana (walaupun tidak presisi) seperti rumus di bawah ini :

perhitungan defleksi sederhana

Untuk menghitung lebih kompleks dan presisi, tambahkan gaya dari berat pin penopang, berat collar, dan metode perhitungan 3 dimensi.

BACA JUGA  Perusahaan Die Cast Mold Manufacturers

Di bawah ini adalah beberapa referensi yang tersambung menggunakan tautan teknik lengkap untuk menghitung defleksi, daftar girasi radius, rumus turunan dari defleksi dan lain-lainnya : 

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_second_moments_of_area

https://www.doitpoms.ac.uk/tlplib/beam_bending/printall.php

Kemudian, dengan perhitungan itu kita bisa mendapatkan diameter Pin yang mendekati. Setelah perhitungan I, defleksi maksimum sekitar 0,05 mm, lebih dari 50 mikro milimeter. Gunakan Diameter penopang yang lebih besar. atau menempatkan Guide yang lebih presisi, seperti Block Guide, Liniear Guide dan lainnya antara pelat Cavity dan pelat corte. Hal tersebut akan menjadi lebih presisi ketika cetakan dalam posisi tertutup.

Itulah perhitungan perancangan pin pendukung atau pin leader yang dapat Anda praktikkan.

Hubungi Kami

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

SUmber Tulisan

http://mould-technology.blogspot.com/2008/09/calculation-and-designing-support-pin.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file