mold injeksi

Pertimbangan Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Gate

Pertimbangan Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Gate

Ketika kita merancang Gate untuk Mold injeksi, kita membutuhkan ukuran Gate yang tepat. Dengan memperbesar ukuran Gate,maka akan membuat aliran menjadi tidak seimbang dan berpotensi mennghasilkan cacat pada produk. Sedangkan, mengecilkan ukuran gate akan membuat siklus waktu pengisian menjadi lebih lama, sehingga produk tidak terisi sempurna dan dan sink mark  menjadi mudah terlihat pada produk.

Meskipun ada berbagai faktor yang mempengaruhi ukuran Gate, di sini saya akan merinci beberapa faktor umum yang dapat mempengaruhi ukuran Gate.

Berat Produk

Tentu saja berat produk yang besar membutuhkan ukuran Gate yang lebih besar. saya masih belum mendapatkan grafik atau tabel korelasi yang baik dari berbagai bahan dan massa produk. 

Ukuran Produk

Ukuran bagian juga memiliki dampak besar dalam perancangan Gate yang tepat, dan dengan jalur  aliran yang lebih sesuai.  ukuran cavity yang lebih besar dalam cetakan injeksi tentu saja membutuhkan ukuran Gate yang lebih besar.

Temperatur Mencair

Bila kita menggunakan temperatur maksimum dan ternyata cavity masih tidak dapat terisi, maka kita bisa menggunakan gate yang lebih kecil. Karena dengan gate yang lebih kecil maka  panas ditransfer dalam resin dari pemanas juga akan lebih besar. Sehingga tegangan geser Resin akan berkurang dan viskositas juga menjadi berkurang, sehingg resin akan mengalir lancar dengan nilai viskositas yang kecil.

solusi atasi produk defect

Posisi Ujung Nozzle

Jangan menggunakan ukuran yang lebih kecil antara ujung nosel dan Gate. Karena akan menimbulkan  pembekuan di awal. Jika konstruksi cetakan tidak memungkinkan untuk dibuat menjadi lebih panjang, maka anda dapat mencegahnya dengan membuat Gate yang lebih kecil.

BACA JUGA  Kemungkinan Anomali dan Kasus Produksi Di Bengkel CNC Prototipe

Viskositas Resin

Viskositas resin dan tegangan geser resin memiliki pengaruh yang besar dalam merancang Gate yang tepat. Jika kita membeli resin, biasanya data tegangan geser dan viskositas tersedia. Data tersebut dapat digunakan untuk menghitung ukuran Gate yang tepat. Kita dapat menghitung aliran plastik rata-rata dengan membagi volume geser dengan waktu injeksi. Selalu gunakan kecepatan aliran plastik yang rata-rata lebih dari kecepatan suara, lebih dari 340 m/s. Jika nilainya di bawah kecepatan suara kemungkinan besar produk anda akan mengalami fase pengisian yang belum terselesaikan.

Terlepas dari faktor-faktor yang telah dituliskan di atas, ada beberapa faktor besar seperti kecepatan pendinginan, suhu pendinginan dan waktu injeksi yang akan memberikan  efek yang krusial ketika merancang Gate. Poin utama dari yang telah diuraikan adalah kita harus merancang Gate yang tepat dalam cetakan secara cepat dan efektif.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber Tulisan

http://mould-technology.blogspot.com/2008/09/considering-factor-that-affecting-gate.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file