sistem cold runner

Pengantar Rekayasa Mold Injeksi untuk Resin Termoplastik

Sebagian besar peralatan listrik dan rumah tangga berbahan plastik. Salah satu teknologi pembuatan produk plastik adalah dengan menggunakan rekayasa Mold Injeksi. Pada dasarnya jika bahan termoplastik dipanaskan akan berubah wujud. Bahan termoplastik akan menjadi lunak, meleleh dan dapat mengalir, bila didinginkan lagi, mereka menjadi padat lagi.

Apa Itu Mold Injeksi?

Ada beberapa definisi Mold Injeksi

  • Mold Injeksi adalah teknik pembuatan untuk membuat produk dari bahan plastik thermoplastic dan thermosetting ( wikipedia.com ).
  • Proses pembuatan untuk membentuk benda seperti plastik atau logam dengan memanaskan molding untuk merubah material ke dalam keadaan cair dan menyuntikkannya ke dalam sebuah mold. (www.answer.com).

Sedangkan pada artikel ini, Mold Injeksi adalah didefinisikan  sebagai proses manufaktur untuk membuat produk plastik yang memiliki ruang cavity untuk membentuk produk dengan pemanasan dan tekanan injeksi.

Jenis-Jenis Mold Injeksi

Berdasarkan Cara Pengolahannya (wikipedia.org) https://en.wikipedia.org/wiki/Injection_moulding  mold injeksi dibagi menjadi 7 jenis hingga, yaitu :

1. Mold injeksi reaksi

2. Mold injeksi cair

3. Mold injeksi bantuan gas

4. Mold injeksi bersama

5. 2-Shot Injection moulding

6. Fusible core injection molding

7. Rapid injection molding

Berdasarkan jenis metode pembukaan dan sistem runner, Standar DIN ISO 12165, “Komponen untuk Kompresi, Injeksi, dan Mold Injeksi Kompresi” mengklasifikasikan Mold  pada berdasarkan kriteria berikut:

1. Mold  standar (mold dua pelat)

2. Mold rongga terpisah (mold split-follower) mold pelat stripper

3. Mold tiga pelat

4. Mold tumpukan

5. Mold hot runner

Tergantung dari bahan yang akan disuntikkan, Mold  diklasifikasikan sebagai berikut:

BACA JUGA  perusahaan die casting molding

1. Mold injeksi termoplastik

2.Mold elastomer 

3.Mold termoset

4.Mold busa struktural

Gambar di bawah ini adalah Mold dengan  3 plat dengan sistem cold runner dan sistem ejeksi

sistem cold runner

Kondisi Tertutup

Pada gambar di bawah ini diperlihatkan Mold 3 Plate dalam posisi tertutup dengan pin pendukung, baut penarik, pin leader atau pin positioning. Anda juga dapat mempelejari pada artikel lainnya tentang konstruksi bukaan Mold 3 Pelat.

mold 3 pelat tertutup

Kondisi Ketika posisi Terbuka

Kemudian konstruksi mold jenis pelat 3 saat dibuka seperti gambar di bawah yang menunjukkan kondisi tiga pelat saat dibuka

mold 3 pelat terbuka

Anda juga dapat belajar lebih banyak tentang urutan bukaan, mengapa dan bagaimana mold terbuka serta menjelaskan setiap langkah atau urutan pembukaan mold, tentang konstruksi pembukaan, urutan pembukaan. Ini hanya untuk 3 jenis pelat, 2 jenis pelat lebih mudah karena hanya memiliki satu bukaan garis perpisahan. Itulah pengantar rekayasa mold injeksi untuk resin termoplastik yang perlu Anda ketahui.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan Pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses. 

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2007/12/introduction-to-mold-engneering-of.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file