part mold base

Fungsi Dasar Bagian Dasar Mold

Plat Mold

Pelat Mold adalah plat yang dibutuhkan untuk membuat suatu Mold yang utuh. Plat yang digunakan sebagai Mold,  mempunyai persyaratan utama yaitu :

1. Tahan korosi yang baik 

2. Kemampuan mesin yang baik.

3. Mudah dibersihkan

3. Perpindahan panas yang baik.

4. Homogenitas baja.

5. Kemampuan mudah.

6. Biaya Rendah.

Pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat 3 Plat Untuk Mold Base dengan posisi tertutup. Pada dasarnya Mold dengan 3 plat dan 2 plat memiliki beberapa plat utama. Lihat penjelasan tentang jenis konstruksi Mold untuk lebih memahaminya. Penjelasan dibawah ini berdasarkan nomor pada gambar tersebut.

part mold base

Fungsi Bagian Dasar Mold Dasar

1. Pelat Klem Tetap atau Pelat Atas

Memegang sisi tetap Mold untuk dipasang pada pelat tetap mesin injeksi. Pada pelat ini akan dipasang locating ring, eye bolt, dan sprue bush.

2. Pelat Stripper 

Runner Plat ini hanya digunakan pada jenis Mold 3 plat. Fungsinya untuk memotong resin dari nozzle di atas sprue brush dan menarik runner dengan pin pengunci runner.

3. Plat Mold Tetap atau Plat Cavity.

Digunakan untuk menahan sisi Cavity produk, pin pemimpin, pin penopang, baut penarik, dan pin sudut saat penggeser terpasang.

4. Pelat Cavity Bergerak atau Pelat Cavity

Ini digunakan untuk memasang sisi coreproduk, pin kembali, semak pemimpin dan corepenggeser jika diperlukan.

5. Back up Plate atau Plat Penopang 

Ini digunakan untuk menopang pelat Cavity, memasang lubang untuk pegas pin kembali, dan saluran pendingin ketika di pelat Cavity tidak dapat membuatnya.

BACA JUGA  perusahaan die cast mold material

6. Block Spacer

Dipasang di antara pelat penjepit bergerak (plat bawah) dan pelat Cavity bergerak untuk memberi ruang dan memungkinkan plat ejector bergerak saat mengeluarkan bagian. Panjang blok spacer yang diperlukan tergantung pada langkah ejector yang diperlukan untuk mengeluarkan produk.

7. Pelat Penahan Ejector

Untuk menahan ejector, pin Z, shoulder bolts dan sekaligus untuk memberi ruang pada pin ejector dan pilar penyangga.

8. Ejector Plate

Mendorong pin ejector dan pin kembali terhubung dengan batang ejector.

9. Pelat Penjepit Bergerak atau Pelat Bawah

Memegang sisi Mold yang dapat digerakkan seperti blok spacer, pelat penopang, pelat Cavity dan mekanisme ejector ke pelat bergerak dari mesin injeksi.

Dan perhatikan gambar di bawah ini. Terlihat Mold  tipe 3 plat pada posisi terbuka.  tetapi pada gambar di bawah ini plat bawah atau plat penjepit yang bergerak adalah nomor 7, nomor 8 adalah pelat penahan ejector. Nomor 9 adalah pelat ejektor.

bagian dasar mold

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan Pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2008/02/basic-functions-of-mold-base-parts.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file