desain sprue bush

Desain Sprue Brush Dalam Cetakan Injeksi

Desain Sprue Brush Dalam Cetakan Injeksi

Plastik cair yang disuntikkan dari nosel injektor akan melewati sprue bush, runner, gate dan mengisi cavity.

Saat suhu plastik cair diturunkan melewati sprue bush dan runner maka viskositas akan naik. Oleh karena itu, viskositas diturunkan oleh panas yang dihasilkan saat melewati gate untuk mengisi cavity.

Jadi mempelajari desain sprue bush itu penting karena sprue bush adalah bagian yang pertama kali bersentuhan dengan plastik cair. Desain sprue bush yang buruk dapat membuat produk plastik rusak terutama sprue pecah dan runner pecah.

Gambar di bawah ini menunjukkan konstruksi dasar cetakan dengan sprue bush. Di bawah ini adalah model 3D sprue bush dengan 2 baut :

desain sprue bush

Jenis ini umumnya digunakan dalam ukuran cetakan kecil hingga mesin injeksi 350 ton.

Konstruksi lainnya adalah 4 baut. Jenis sprue bush ini biasa digunakan dalam jenis cetakan besar dan produksi massal. Dengan tonasi lebih dari 200 ton. Dan di bawahnya adalah sprue bush dengan Ring. Jenis ini digunakan ketika ketebalan pelat atas lebar tetapi beberapa desainer lebih suka menggunakan besar chamfer di top plate. Jadi dengan model pertama sprue bush masih bisa dilampirkan 

Aturan Desain Sprue Bush 

1. Radius bola sprue harus lebih besar dari radius bola nozzle. Jangan lupa untuk mengecek diameter nozzle mesin injeksi atau bisa dilihat di katalog mesin injeksi. Misalnya bila radius bola nozzle mesin injeksi adalah 10mm gunakan ball radius sprue 11 sampai 13 mm.

bola sprue bush

2. Diameter lubang bagian dalam harus lebih besar dari diameter lubang nozzle. Diameter nozzle bervariasi berdasarkan jenis dan pembuatan mesin injeksi yaitu sekitar 2 mm sampai 5 mm. Gunakan 0,5 mm lebih besar dari diameter lubang nosel.

diameter sprue bush

3. Periksa ketebalan plat Anda, pastikan panjang sprue bush sesuai dengan ketebalan plat. 

BACA JUGA  Perusahaan Die Cast Mold Components

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2008/07/sprue-bush-design-in-injection-mold.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file