sambungan o ring

Konstruksi Sambungan Lainnya Antara Sistem Pendingin Pada Cavity dan Mold Base Menggunakan O Ring

Apa Itu O Ring?

O Ring adalah  loop elastomer berpenampang bulat (berbentuk O) yang digunakan sebagai seal mekanis atau gasket. Dan dirancang untuk disimpan pada lubang  alur selama perakitan antara dua atau lebih bagian, sehingga menciptakan seal diantara dua permukaan besi.

O Ring  adalah benda berbentuk torus, seperti donat yang terbuat dari senyawa elastomer, seperti karet sintetis atau karet alami dan digunakan untuk menyegel bagian mekanis pada gerakan fluida (cair atau gas). Juga berperan dalam proses penyegelan dengan cara mengubah bentuk untuk mengambil bentuk rongganya.

Tipe O Ring yang digunakan biasanya antara 2 desain seal, yaitu radial atau aksial. Dalam desain cetakan O Ring digunakan untuk menempelkan cavity ke dalam mold base aksial. Jenis Face biasanya lebih dipilih dibandingkan tipe radial, karena tipe aksial lebih mudah dirakit dalam cetakan dibandingkan tipe radial. Gambar O Ring 2D bisa dilihat pada gambar di bawah ini!

Konstruksi Sambungan Dengan O Ring

sambungan o ring

Berbagai konstruksi dapat dikembangkan dari konstruksi dasar. Kita tahu bahwa konstruksi dasar adalah model konstruksi yang murah dan cepat, namun tidak cocok jika diaplikasikan dalam cetakan besar dan produksi cetakan massal. Karena cetakan produksi harus memiliki daya tahan hingga 100.000 shots.

Gambar di bawah ini menunjukkan salah satu pengembangan konstruksi yang menggunakan sambungan pipa pendingin.

Berdasarkan gambar di atas, warna biru menunjukkan sisi mold base dan warna kuning menunujukkan sisi cavity. Aturan dasar pada gambar tersebut adalah :

  1. T adalah tinggi O Ring.
  2. Bagian pada cincin O Ring yang akan menerima tekanan pembentukan cavity plate. Dengan 15-30% dari ketinggiannya adalah yang terbaik. Tekanan kecil ini diberikan untuk mencegah terjadinya kebocoran saat air mengalir pada sistem pendinginan.
  3. Nilai t2 sama dengan t, tetapi t2 berbentuk horizontal, karena O Ring selalu terbuat dari bahan plastik elastomer, dengan sedikit tekanan kita dapat menambahkan O Ring ke dalam lubang O Ring.
  4. L adalah celah antara saluran pendingin dan lubang O Ring. 

Pertimbangan Desain O Ring

  1. Proper Squeeze

Kompresi dinyatakan sebagai persentasi dari ketebalan penampang keadaan bebas :

CS > Bd-Gd / 2

            

Face Seal : 20-30%

Statistic male/female : 18-25%

Reciprocating : 10-20%

Rotary : 0-10%

  1. Dalam segel statis, dimana O-Ring tidak dalam gerakan aksial di dalam lubang, kompresi maksimum yang disarankan ialah sekitar 40%.
  2. O-Ring harus dikompresi dengan jumlah yang telah ditentukan, dan kompresi ini menentukan diameter penampang pada O Ring.
  3. Diameter pada O Ring biasanya dipilih agar mendekati diameter bagian dalam Groove, dengan memilihnya sedikit lebih kecil dari diameter dalam Groove, sehingga O Ring akan meregang.
  4. Lebar Groove harus lebih besar dari diameter penampang O Ring, untuk mengakomodasi ekspansi radial O Ring saat dikompresi secara aksial.
  5. Peregangan.
  • Peregangan berlebihan dapat membuat material terlalu tertekan, menjadikan penampang lebih tipis dan mengurangi persentase pemerasan.
  • Persen pengurangan penampang akibat peregangan adalah 0,5 % dari stretch ID.
  1. Sharp Corner, buatlah R pada corner untuk mencegah kerusakan pada saat pemasangan seal.
  2. Tekanan dan Celah Jarak
BACA JUGA  Jasa Pembuatan Spare Part Molding Jakarta Berkualitas

Kebanyakan segel elastomer dirancang untuk beroperasi dalam tekanan hingga mencapai 1.500 psi. Dalam tekanan yang sangat tinggi, seal harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan ekstrusi ke dalam celah-celah. Bagan di samping kanan menggambarkan batas yang direkomendasikan dari perpaduan berbagai celah (diameter), seal hardness dan perbedaan tekanan. Gambar di bawah ini menunjukkan grafik antara celah dan tekanan.   

  1. Suatu elastomer dapat dikatakan baik bagi suatu aplikasi, apabila ada beberapa dari senyawa tersebut yang termasuk ke dalam bahan tersebut bisa diterima. Namun tidak semuanya baik. Misalnya beberapa senyawa EP baik untuk aplikasi minyak rem, namun sebagiannya lagi tidak bisa diterima.
  2. Jangan memakai pelumas yang terbuat dari bahan yang sama dengan O Ring. Seperti  halnya pelums silikon yang tidak boleh digunakan dengan O Ring Silikon.
  3. Hindari penggunaan komponen yang mengandung grafit dengan baja tahan karat.

Jasa Molding di Jabodetabek

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Terjawab sudah ya apa itu o ring.

Sumber Tulisan

ttp://mould-technology.blogspot.com/2008/06/other-joint-construction-betwen-cooling.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file