Rancangan Pembuatan Jig dan Fixture

Rancangan Pembuatan Jig dan Fixture Untuk Efisiensi Produk Manufaktur

Bagikan

Rancangan Pembuatan Jig dan Fixture Untuk Efisiensi Produk Manufaktur

Pembuatan jig dan fixture wajib dilengkapi oleh prosedur penggunaan dengan jelas bertujuan agar keluaran proses pemesinan menyesuaikan rancangan. Sehingga membuatnya bisa dipakai oleh operator atau orang yang masih belum berpengalaman. Serta meminimalisir terjadinya kesalahan pemakaian alat bantu itu sendiri.

Contoh Jig dan Fixture

Dalam pembuatan jig dan fixture, kita harus mengetahui jenis-jenis dan contoh dari jig dan fixture itu sendiri. Ada beberapa jenis dan contoh jig yang sering digunakan. Diantaranya ialah jig gurdi, jig bore, jig template, jig plate, jig sandwich, jig angle plate, dan jig tumble/kotak. Sementara berdasarkan sistem clamping-nya itu sendiri, fixture terdiri atas beberapa macam atau contoh. Diantaranya fixture konvensional, fixture semi otomatis, dan fixture otomatis.

Apapun jenis fixture, biasanya tergantung dari produk yang dikerjakan sekaligus perhitungan cost-nya. Hal ini dengan mempertimbangkan keunggulan kekurangan tiap-tiap fixture itu sendiri.

Perbedaan Jig dan Fixture

Perbedaan jig dan fixture umumnya terletak dari bobotnya itu sendiri, biasanya fixture bobotnya lebih berat dibandingkan jig yang lebih ringan. Dari segi kegunaannya juga berbeda, dimana jig diaplikasikan untuk mengontrol gerakan maupun lokasi alat lain. Sedangkan fixture ialah perangkat pendukung atau penahan kerja yang dipakai untuk menahan beban kerja pada tempatnya.

Perancangan Alat Bantu Jig dan Fixture

Perancangan alat bantu jig dan fixture sangat diperlukan. Karena dengan keduanya, kita tidak perlu lagi kemampuan operator untuk melakukan proses operasi manufaktur. Sehingga pembuatan Jig dan fixture menjadikan proses pengerjaan manufaktur lebih mudah. Demi mendapatkan kualitas lebih tinggi pada produk ataupun mendapatkan laju produksi lebih tinggi.

Proses mendesain sekaligus mengembangkan jig dan fixture, teknik sekaligus metoda yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi manufaktur. Produksi yang volume produksinya lebih besar dengan kecepatan produksi yang tinggi membutuhkan alat bantu khusus. Adapun syarat desain alat bantu ini yaitu; menghasilkan part yang berkualitas tinggi, mudah dioperasikan, simpel dan menurunkan anggaran biaya untuk manufaktur.

BACA JUGA  Jasa Bubut CNC Spare Part Custom Profesional

Jig and Fixture Welding

Dalam industri pengelasan, sistem otomatisasi yaitu robot welding. Dimana mesin welding tertentu yang dapat melakukan proses pengelasan berdasarkan pada program yang sudah dibuat; dengan memberikan hasil yang efektif juga stabil. Dalam mengimbangi kecepatan kerja robot welding biasanya proses pemasangan pada benda kerja pun harus cepat tapi tetap presisi.

Adapun caranya ialah dengan memanfaatkan fixture semi otomatis atau otomatis. Adapun maksud dari otomatis di sini ialah sistem clamping-nya; dimana arti otomatis di sini operator tak perlu melakukan clamping pada benda kerja lagi. Karena pekerjaan tersebut sudah dilakukan oleh fixture secara otomatis.

Jig and Fixture Mesin Bubut

Jig dan fixture juga kerap diaplikasikan dalam membubut. Biasanya jig digunakan saat bagian pada benda kerja mempunyai bentuk kompleks. Atau saat benda kerja tersebut tidak dapat dicekam menggunakan pencekam standar pada mesin bubut; maupun saat kita membuat sebuah bentuk yang persis sama secara massal.

Makalah Jig dan Fixture

Jig dan fixture, alat ini memegang pekerjaan atau  benda kerja. Namun jig berfungsi untuk mengarahkan bagian alat potong saat berjalannya sebuah operasi. Sementara fixture sendiri tidak melakukannya. Umumnya fixture lebih berat dan kuat dari jig sebab gaya perkakasnya lebih tinggi. Tujuan pembuatan jig dan fixture sendiri sangat membantu menghemat tenaga kerja dengan cara efektif. Mendapatkan ketepatan atau kepresisian dalam hal ukuran, dan meningkatkan efisiensi pemakaian mesin atau alat.

Katalog Jig and Fixture

Sentra Teknika Prima adalah perusahaan yang berfokus pada jasa fabrikasi untuk membantu industri manufaktur dalam mendapatkan benda kerja yang presisi. Kami membantu Anda yang sedang membutuhkan spare part alat-alat industri sebagai alternatif lain dari import mesin industri. Memberikan solusi efektifitas dan efisiensi barang produksi yang dihasilkan. Termasuk menghadirkan produk dan rancangan alat bantu jig and fixture yang bisa Anda pesan.

Perancangan Jig and Fixture

Desain adalah hal terpenting dalam pembuatan alat bantu jig and fixture. Untuk membuat alat ini bekerja secara maksimal dan membuat presisi alat industri yang dibantu. Kami membuat perancangan jig dan fixture sesuai dengan spesifikasi dan desain alat yang Anda butuhkan. Sentra Teknika Prima adalah jasa pembuatan jig dan fixture berkualitas dengan harga terbaik.

Bagikan

1 thought on “Rancangan Pembuatan Jig dan Fixture Untuk Efisiensi Produk Manufaktur”

  1. Pingback: Apakah jig dan Fixture itu? - Sentra Teknika Prima

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file