mengapa menggunakan karakuri

Mengapa Menggunakan Karakuri Daripada Komputer?

Mengapa Menggunakan Karakuri?

Dalam era industri 4.0 saat ini kian populer, mengingat sistem otomatisasi yang kini semakin pentng peranannya. Akan tetapi, ‘otomatisasi’ ini sebenarnya tak hanya berupa pembuatan robot yang berteknologi tinggi dan kompleks; yang seringkali dihubungkan dengan teknologi industri modern. Salah satu contohnya dengan adanya Karakuri Kaizen. Karakuri Kaizen sendiri lebih fokus terhadap solusi mekanik. 

Perangkat ini tidak terhubung secara nirkabel dan tidak membutuhkan akses internet sebagai bagian dari sistem Internet of Things maupun sistem fisik cyber. Bahkan perangkat ini juga tidak mempunyai microchip.  Lagipula, semua Tindakan tersebut juga bisa dilakukan memakai prosessor, actuator dan sensor. Lantas, kenapa menggunakan Karakuri? Karakuri Kaizen ternyata lebih baik dan menawarkan banyak keuntungan. Apa saja keuntungannya ?

Ini Dia Manfaat dan Keuntungan Karakuri

Lebih Murah

Sistem mekanis tentu saja jauh lebih terjangkau dibandingkan sistem kompujterisasi. Bahkan pengurangan biaya yang dikeluarkannya bisa mencapai 95%. Walaupun tak semuanya bisa mencapai nilai tersebut, seringkali harganya lebih murah dibandingkan pesaingnya.

Tak sedikit yang memakai profil aluminium untuk membuat gadget. 

Jika Anda pernah bekerja dengan profil aluminium, Anda tentu paham bahwa ada 2 kategori harga perangkat gadget, yaitu bisa sangat mahal bahkan lebih mahal. Meskipun demikian biasanya lebih murah dibanding computer. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan pipa aluminium dengan harga lebih murah. 

BACA JUGA  Mengenal Lebih Jauh Karakuri Untuk Industri

Perawatan Lebih Mudah

Perawatan karakuri jika dibandingkan computer, tentu lebih mudah. Berbeda dengan saat sistem computer mengalami bug, akan sangat sulit mencari faktor kesalahannya dimana. Anda mungkin memerlukan teknisi, teknisi listri, attau mungkin seorang programmer.

Akan tetapi dengan perangkat mekanis, biasanya cukup mudah mengetahui letak permasalahannya. Oleh sebab itu, menemukan serta memperbaiaki masalah berpotensi jauh lebih mudaha, bahkan bisa dilakukan oleh penjual atau karyawan tokonya sekalipun. Lain halnya dengan sistem computer, belum tentu pekerja di toko computer bisa memperbaiaki sistem komputernya, karena lebih sulit memperbaikinya selain harus memanggil teknisi computer.

Lebih Mudah Di Upgrade

Hal yang tak kalah penting kenapa harus menggunakan Karakuri Kaizen ialah lebih mudah diupgrade. Karena Kaizen dalam kata ‘Karakuri Kaizen’ memiliki arti perbaikan terus menerus. Dimana perbaikan ini, biasanya memerlukan trial and error, dan biasanya memerlukan masukan dari para pekerja.

Analoginya, mirip seperti poin nomor 2 di atas, dimana pekerja toko bisa membuat sekaligus meningkatkan perangkat karakuri sendiri, berbeda dengan computer yang mana pekerja toko tidak akan mengubah atau memasang apapun yang mencakup sensor dan computer.

Oleh sebab itu, perangkat karakuri memungkinkan perbaikan berkelanjutan dengan beberapa langkah kecil. Sementara sistem computer memerlukan perbaikan dengan lanagkah-langkah besar, yang bahkan membutuhkan teknisi hingga pemrogram. Dengan kata lain, Kaizen jauh lebih mudah dengan Karakuri, dan tentunya Karakuri Kaizen lebih mudah dan terjangkau dibandingkan computer.

Youtube : https://youtu.be/Om2txc-Rq5s

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file