dfm

Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 2/3

DFM adalah standar untuk proses manufaktur, dan merupakan jembatan yang baik bagi pihak internal dan eksternal. DFM menghubungkan departemen desain, proses manufaktur, dan departemen – departemen yang terkait dengan produk secara organik, dan semua orang dapat mengikuti kodenya secara efektif.

Baca artikel sebelumnya Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 1/3

Tingkatkan kualitas dan keandalan produk.

Setelah produk berhasil diproduksi, dapat meningkatkan kualitas dan reputasi produk.  Selain itu, dapat menciptakan kondusif untuk transfer teknologi dan mempersingkat proses transfer produk. Produk dengan kemampuan manufaktur yang baik dapat ditransfer ke OEM/CM secara lancar untuk transfer dan transisi teknologi yang lancar. Dan Kondusif untuk standarisasi teknologi pemrosesan.

Menetapkan standar komunikasi

Ada standar yang harus diikuti, yang dapat sangat meningkatkan efisiensi kerja. Merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat.

Menetapkan desain dan standar kualitas untuk komunikasi dengan pelanggan, menanggapi perubahan desain pelanggan secara tepat waktu, dan mempersingkat waktu pengenalan produk baru.

dfm

Bagaimana Menggabungkan DFM Dengan Proses CNC?

 1. Pilih proses manufaktur

Produksi DFM harus didasarkan pada desain dan proses manufaktur yang berbeda. Proses manufaktur yang umum pada tahap pembuatan prototipe produk dan tahap produksi batch kecil adalah proses CNC. Bagaimana cara menentukan DFM dengan lebih baik dalam proses CNC?  Terutama dari langkah-langkah berikut dalam melakukan pekerjaan.

2. Desain

Langkah selanjutnya dalam mengkonfirmasi proses manufaktur adalah desain produk. Desain produk yang sesuai dengan proses manufaktur.

Pemesinan CNC adalah proses pengurangan material, dan waktu untuk menghilangkan material merupakan faktor utama dalam menentukan biaya pemesinan. Waktu pemesinan pada mesin milling ditentukan oleh volume dan bentuk benda kerja dserta kecepatan alat potong. Ketika alat potong digunakan, kekuatan dan kekokohannya, ditentukan oleh rasio panjang terhadap diameter pahat, yang merupakan cara paling efektif dalam menentukan kecepatannya. Semakin pendek alat potong relatif terhadap diameternya, maka semakin cepat ia dapat memotong benda kerja.

BACA JUGA  Cara Memilih Bengkel Pemesinan CNC Untuk Desain Prototipe Anda

3. Bahan

dfm

Penting juga untuk memilih bahan yang tepat. Plastik adalah bahan umum, dan beberapa serat kaca untuk meningkatkan kekerasan bahannya, tetapi lebih mudah untuk diproses. Di antara bahan logam, aluminium, kuningan, dan logam lunak adalah lebih mudah untuk diproses. Untuk baja, titanium dan bahan padat lainnya, lebih sulit untuk diproses dengan meningkatnya kekerasan dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, pemilihan bahan harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut: sifat mekanik, seperti kekuatan produk akhir, sifat optik, seperti refleksi atau transparansi, sifat termal dan ketahanan produk akhir untuk mencegah suhu tinggi.

4. Toleransi

Faktor lain yang mempengaruhi biaya pemrosesan adalah toleransi. Semakin ketat toleransi geometrik yang diperlukan pada gambar, semakin tinggi biaya pemrosesan komponen. Oleh karena itu, dalam desain, zona toleransi yang sesuai harus dirancang tanpa mempengaruhi fungsi perakitan.

Baca artikel selanjutnya Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 3/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

1 thought on “Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 2/3”

  1. Pingback: Pentingnya DFM - Design For Manufacturing - 3/3 -

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file