pentingnya dfm

Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 1/3

Dalam lingkungan persaingan pasar yang semakin ketat, bagaimana mengurangi biaya dan mengoptimalkan biaya secara efektif menjadi salah satu fokus peningkatan daya saing perusahaan di semua lapisan. Dalam hal pengurangan biaya, Penerapan DFM memiliki dampak terbesar pada biaya produk, karena adanya penyederhanaan dan perakitan desain yang dilakukan pada tahap awal desain produk baru. Di sisi lain, untuk produk yang diproduksi secara massal, untuk mencapai pengurangan biaya, perusahaan juga memperhatikan bagaimana DFM dapat memilih proses dan bahan yang terbaik, dan memahami biaya pemasok komponen untuk menentukan kisaran harga yang wajar.

Apa itu DFM?

Istilah DFM merujuk pada “desain untuk proses manufaktur”. Ini menggambarkan proses perancangan atau merancang produk untuk memfasilitasi proses manufaktur, memungkinkan perbaikan masalah potensial selama fase perancangan, yang merupakan tempat termurah untuk memecahkan masalah tersebut. Hal ini dapat dicapai dengan mengoptimalkan dan menyederhanakan desain produk. Oleh karena itu, ini adalah metode yang sangat efektif dan digunakan oleh perusahaan-perusahan besar di seluruh dunia.

design for manufacturing

Keuntungan DFM

Mempersingkat siklus pengembangan

Menemukan masalah dan memperbaikinya selama proses desain dapat menghindari pemborosan waktu yang disebabkan oleh kegiatan berulang antara departemen dan pabrikan, mengurangi waktu verifikasi insinyur dan waktu memperbaiki kesalahan, serta menghasilkan desain lebih cepat. Hemat waktu 50% dari peluncuran produk.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Suku Cadang Standar dan Custom di Bekasi

Mengurangi biaya

(1) Mengurangi jumlah perubahan versi atau menghilangkan kebutuhan untuk memodifikasi desain dan mengurangi biaya pengembangan. Produk yang tidak dikendalikan oleh spesifikasi DFM sering menemukan masalah pada tahap pengembangan produk selanjutnya atau dalam produksi massal. Perubahan pada saat tersebut tidak diragukan lagi meningkatkan biaya pengembangan.

(2) Mengurangi biaya pengerjaan ulang dan perbaikan.

(3) Mengurangi biaya pengenalan proses baru dan mengurangi biaya pengembangan proses yang sangat besar.

Baca artikel selanjutnya Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 2/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

1 thought on “Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 1/3”

  1. Pingback: Pentingnya DFM - Design For Manufacturing, Tingkatkan kualitas

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file