mikrometer pin gauges

Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 2/3

CMM Untuk Pengukuran Permukaan Linier

Baca artikel sebelumnya Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 1/3

Pengukuran paling sederhana adalah pengukuran toleransi permukaan linier atau silinder. Dalam sebagian besar kasus, pengukuran tersebut dilakukan oleh operator menggunakan mikrometer sederhana atau gauge pengukur tepat setelah ia selesai melakukan proses pemesinan. Jadi, Apa gunanya menggunakan CMM jika alat yang lebih sederhana dapat berhasil digunakan untuk pekerjaan semacam ini?

Jawaban atas pertanyaan itu adalah otomatisasi semua proses. Semua konsep industri modern termasuk Industri 4.0 yang futuristik mencakup otomatisasi proses manufaktur tingkat tinggi di mana pergerakan dan tugas-tugas tambahan bahkan dilakukan tanpa operator. Contoh yang bagus untuk tugas semacam itu adalah kontrol kualitas. Anda dapat memprogram CMM untuk melakukan tindakan identik pada sejumlah benda kerja dalam satu batch. Namun, Anda akan memerlukan perlengkapan otomatis dan robot tambahan untuk memasang dan membongkar benda kerja sebelum dan sesudah pengontrolan.

cmm

CMM Untuk Pengukuran Permukaan Yang Kompleks

Tujuan utama mesin Pengukur Koordinat adalah untuk mengukur permukaan yang kompleks. Itulah sebabnya ketika mesin tersebut digunakan untuk benda-benda kerja seperti bilah turbin, sayap pesawat terbang, impeler pompa, dan komponen lain yang memiliki permukaan yang tidak biasa, CMM dapat dikatakan bekerja secara maksimal. Otomatisasi pekerjaan semacam itu juga dimungkinkan jika Anda membuat sejumlah besar benda kerja yang identik dan sangat presisi sehingga Anda harus memeriksanya satu per satu. Namun, dalam sebagian besar kasus, benda kerja tersebut diukur secara manual oleh operator.

Untuk mengukur permukaan yang kompleks, operator akan menggerakkan probe di sepanjang tiga sumbu secara manual dengan remote kontrol hingga probe tersebut menyentuh bagian benda kerja yang dibutuhkan operator. Kemudian, setelah dilakukan banyak pengukuran, titik-titik tersebut dianalisa dan profil benda kerja tersebut dihubungkan sebagai splines. Kemudian, hasil pengukuran dibandingkan dengan model 3D benda kerja (termasuk penyimpangannya yang dapat diterima) atau dengan beberapa data lain di mana ukuran yang diperlukan ditampilkan. 

BACA JUGA  Bagaimana Lean Manufacturing Diterapkan Di Bengkel CNC - 2/2

Layanan Pengukuran CMM

Di Sentra teknika, kami mengoperasikan sistem kualitas yang  saat ini sedang diimplementasikan untuk mendapatkan sertifikasi oleh standar ISO 9001:2015. Jika Anda ingin mendapatkan benda kerja pemesinan dengan ukuran dan bentuk yang lebih akurat, jangan ragu untuk menghubungi kami terlebih dahulu untuk mendiskusikan persyaratan pengukuran benda kerja Anda. Pelajari lebih lanjut, Anda dapat mengunggah file CAD dan meminta penawaran di sini.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Baca artikel selanjutnya Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 3/3

1 thought on “Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 2/3”

  1. Pingback: Pengukuran CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file