manufaktur modern

Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 1/3

Industri Modern dicirikan oleh kepresisian dari elemen-elemen yang diproduksi. Dan sudah dievaluasi dalam sepersepuluh mikron dan terus mengalami perkembangan tanpa henti. Sebenarnya, kepresisian peralatan mesin yang dinyatakan oleh pabrikan telah berkembang sedemikian rupa sehingga semakin sulit untuk mengukur penyimpangan yang sebenarnya dari benda kerja yang diproduksi. Jadi, cara baru untuk mengontrol dan metrologi peralatan terus dikembangkan dan ditingkatkan. Salah satu unit peralatan yang fleksibel, cepat, dan presisi untuk memperkirakan kepresisian benda kerja adalah Mesin Pengukur Koordinat (Coordinate Measuring Machine ). 

Aplikasi Serbaguna CMM Dalam Manufaktur Kontemporer

pengukuran cmm

CMM adalah cara modern paling mutakhir untuk pengukuran otomatis dan manual, yang telah menemukan banyak kemungkinan penggunaan di industri. Banyaknya jenis CMM yang berbeda memungkinkan peralatan untuk dapat digunakan baik pada yang besar (CMM tipe gantry) maupun yang terkecil (mesin CMM tipe kantilever). Berbagai jenis probe ( mekanik, optik, laser atau cahaya putih) memastikan bahwa Anda dapat mengukur permukaan yang bahkan tidak dapat disentuh oleh probe atau benda lain. Otomatisasi CMM tingkat tinggi memungkinkan untuk menggunakannya secara manual oleh seorang operator atau pun secara otomatis untuk operasi berulang yang menyangkut volume produksi yang besar untuk memotong biaya tenaga kerja.

Cara menggunakan Mesin CMM akan tergantung pada tujuan yang ingin Anda capai. Tingkat fleksibilitas dan kepresisiannya memberi banyak peluang bagi produsen. Anda dapat menggunakan CMM setelah proses pemesinan atau mengukur benda kerja yang ada untuk mendesain ulang, atau Anda dapat menggunakannya sebagai bagian dari rantai proses manufaktur otomatis. Berikut adalah beberapa pilihan dan di antaranya tercantum dalam paragraf-paragraf berikut.

Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menggunakan CMM

Mesin CMM adalah instrumen yang paling tepat untuk melakukan pengukuran. Mesin ini dapat memperkirakan kesalahan pada benda kerja yang lebih kecil dari satuan mikron. Namun, agar kepresisian mesin tersebut seperti yang seharusnya, masinis harus mempersiapkan peralatan secara menyeluruh untuk melakukan pengukuran. Tingkat persiapan tergantung pada kepresisian benda kerja  yang akan diukur. Jika kita berbicara tentang benda kerja dengan kepresisian tertinggi (yang memiliki toleransi IT6 atau bahkan lebih kecil), Anda harus menyiapkan CMM dan area di mana Anda akan melakukan pengukuran. Area tersebut harus memiliki persentase kelembaban dan suhu tertentu yang optimum, dan harus sangat bersih karena, pada pengukuran kepresisian itu, bahkan bintik kecil debu pun bisa mempengaruhi hasil operasi pengukuran tersebut.

manufaktur modern

CMM itu sendiri biasanya dikalibrasi dengan menggunakan bola logam yang sangat presisi. Penyimpangan ukuran dan bentuknya diketahui pada derajat paling tinggi. Posisi bola di meja kerja granit juga diketahui (biasanya ada perlengkapan khusus untuk itu yang berada tepat di tengah meja). Probe harus menyentuh bola di sejumlah titik dan menentukan diameter dan bentuk penyimpangannya. Pengukuran kemudian disesuaikan tergantung pada penyimpangannya dan bola diukur lagi untuk memastikan pengaturan yang benar telah disimpan.

BACA JUGA  Manfaat Otomasi Pabrik Dan Manufaktur Untuk Industri Saat Ini - 3/3

Layanan Pengukuran CMM

Di Sentra teknika, kami mengoperasikan sistem kualitas yang  saat ini sedang diimplementasikan untuk mendapatkan sertifikasi oleh standar ISO 9001:2015. Jika Anda ingin mendapatkan benda kerja pemesinan dengan ukuran dan bentuk yang lebih akurat, jangan ragu untuk menghubungi kami terlebih dahulu untuk mendiskusikan persyaratan pengukuran benda kerja Anda. Pelajari lebih lanjut, Anda dapat mengunggah file CAD dan meminta penawaran di sini.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Baca Artikel Lanjutannya Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 2/3

1 thought on “Pengukuran menggunakan CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern – 1/3”

  1. Pingback: Pengukuran CMM Di Bengkel Pemesinan Manufaktur Modern

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file