lean manufaktur

Bagaimana Lean Manufacturing Diterapkan Di Bengkel CNC – 2/2

Mempertimbangkan efisiensi dalam setiap proses, dan salah satu cara yang paling mapan dan efektif untuk ini adalah melalui penerapan prinsip lean manufacturing.

Mengadaptasi Prinsip Lean Manufaktur Di Bengkel Pemesinan CNC

Apa itu lean manufaktur di bengkel pemesinan CNC?

Ketika kita berbicara tentang lean manufacturing, kita mengacu pada pemaksimalan produksi bengkel pemesinan CNC dengan meminimalkan pemborosan yang terjadi selama proses produksi.

Baca Artikel Sebelumnya Bagaimana Lean Manufacturing Diterapkan Di Bengkel CNC – 1/2

Pemborosan-pemborosan tersebut membawa kami pada solusi utama yang dapat digunakan oleh bengkel pemesinan dalam menerapkan lean manufacturing , yaitu:

– Menetapkan ekspektasi dan persyaratan produk dari pelanggan 

– Pemetaan alur produksi dan informasi bengkel pemesinan CNC

– Menciptakan aliran proses produk yang efisien

– Membangun ketertarikan pelanggan yang efektif

– Mengejar keunggulan yang berkelanjutan

lean manufaktur
Mesin CNC

7 Cara Bengkel Pemesinan CNC Untuk Dapat Menerapkan Prinsip Lean Manufaktur

1. Memaksimalkan Efisiensi Peralatan (pemilihan peralatan)

Efisiensi peralatan merupakan faktor penting untuk bengkel pemesinan karena faktor ini dapat membuat atau merusak kualitas benda kerja yang diproduksi oleh mesin CNC. Sangat penting untuk memilih alat yang tepat dalam memastikan kualitas pemotongan yang tinggi, dan pada gilirannya, akan meminimalkan benda kerja yang rusak karena pemanfaatan alat yang buruk.

2. Cerdas Dalam Menentukan Parameter Pemesinan dan Proses Pemesinan

Para Insinyur manufaktur dengan hati-hati merencanakan parameter proses pemesinan (misalnya, pemakanan, kecepatan potong, kedalaman potong, dll.) sedemikian rupa sehingga mereka akan mendapatkan nilai maksimal dari mesin CNC, material, dan peralatan. Selain parameter, hal penting lainnya adalah merancang pengaturan yang paling efektif untuk berbagai proses pemesinan. Melakukan hal ini akan meminimalkan pemborosan yang terkait dengan cacat, gerakan, dan pemrosesan yang berlebihan.

3. Pelaksanaan pemeliharaan berkala dan preventif secara konsisten

Waktu henti mesin sejauh ini merupakan salah satu alasan utama penghentian produksi yang tidak perlu di jalur fabrikasi, itulah sebabnya patuh dan rajin dalam pemeliharaan yang terjadwal adalah suatu keharusan. Waktu henti yang tidak terduga akan berkurang secara signifikan dengan pemeliharaan yang rutin dan pemeriksaan terhadap peralatan yang berbeda, sehingga pemborosan terkait dengan menunggu, cacat, dan bakat yang tidak digunakan akan berkurang.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Jig Insert Jaw Spesial

4. Produksi Tepat Waktu (JIT)

JIT dicapai melalui perencanaan dan penjadwalan yang cerdas untuk berbagai sumber daya. Penyebab utama terjadinya waktu tunggu di bengkel pemesinan CNC adalah tidak tersedianya bahan baku untuk dikerjakan. Untuk mencegah hal ini terjadi, perencana menyusun strategi dan metode yang paling efektif mengenai aliran masuk, pemrosesan, dan aliran keluar sumber daya yang berbeda.

5. Pengorganisasian untuk produktivitas

Penting untuk menyusun strategi organisasi dan penempatan berbagai instrumen yang diperlukan dalam produksi suku cadang CNC. Sesederhana menerapkan 5S ( Sort, Set in order, Shine, Standardize, and Sustain) di lingkungan kerja dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam organisasi alur kerja. Ini menghilangkan pemborosan yang berkaitan dengan gerakan dan sumber daya yang tidak digunakan.

6. Tata Letak Pabrik Yang Strategis

Di bengkel pemesinan CNC, tata letak pabrik adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan serius untuk menghindari pemborosan yang tidak perlu yang diakibatkan oleh transportasi berlebihan. Misalnya : rak untuk bahan baku harus ditempatkan di dekat operasi blanking, mesin diatur agar dengan mudah dapat mengangkut benda kerja ke proses pemesinan berikutnya, peralatan finishing ditempatkan di dekat area pengemasan.

7. Inisiatif perbaikan yang berkelanjutan

Terakhir adalah praktik terbaik yang berkelanjutan dari bengkel pemesinan CNC. Dalam jangka panjang, bengkel-bengkel pemesinan CNC yang terus meningkatkan kualitas prosesnya adalah yang mampu membuat benda kerja dengan kualitas terbaik dengan komitmen pengiriman yang menjanjikan.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file