mold

Loose Core atau Lifter Untuk Mengeluarkan Undercut Pada Cetakan Injeksi

loose core

Loose Core atau Lifter Untuk Mengeluarkan Undercut Pada Cetakan Injeksi

Gambar di atas menunjukkan loose core atau biasa disebut sebagai inclined pin atau slope ejector atau Lifter. Loose ejector adalah salah satu cara untuk mengatasi undercut pada produk. Khususnya undercut dengan posisi core yang menghadap ke bawah (ke arah sprue bush-center pada mold). Undercut tersebut tidak dapat dibuat hanya dengan menggunakan metode slider. Berikut bagian dari loose core lengkap dengan mold base :

  1. Top Clamping Plate
  2. Stripper Plate
  3. Cavity Plate
  4. Core Plate
  5. Support Plate
  6. Top Ejector Plate
  7. Buttom Ejector Plate
  8. Bottom Clamping Plate
  9. Loose Slide Unit
  10. Bushing

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini, yang menunjukkan posisi loose core sebelum terjadinya posisi loose core ejecting, sesudah proses ejecting, sesaat sesudah mould ditutup dan proses injeksi. Loose core pada posisi tertutup (bisa perhatikan close mould) setelah proses injeksi selesai dilakukan. Pada saat mendorong ejector rod, baik ejector plate bagian atas maupun bawah akan ikut terdorong keluar melalui ejector. Sedangkan bagian core Kn lepas karena kemiringan tertentu saat didorong bergerak perlahan ke bagian tengah dengan bantuan gesekan pada bushing pin, sehingga posisi loose core terpisah dari produk undercut (mould terbuka).

mold

Ejector Plate

Slide unit yang terpasang pada ejector plate pastikan selalu di atas atau di bawah.  Dan penggerak utama dari loose core adalah ejector rod yang akan bergerak bersamaan dengan proses ejecting. Hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain loose core ialah panjang langkah dan sudut yang digunakan. Bila sudut terlalu kecil dapat mengurangi terjadinya keausan namun dibutuhkan stroke yang panjang. Jika sudutnya terlalu besar bisa menyebabkan pin miring (loose core) patah akibat terjadinya keausan tinggi, namun langkahnya lebh pendek. Sudut yang digunakan biasanya antara 8-15 derajat. Syarat dari langkah harus melebihi 5 mm  untuk tetap dapat memasatikan produk  terlepas dari undercut pada core.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Spare Part Dies Bekasi

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.:

Sumber Tulisan

http://mould-technology.blogspot.com/2010/11/loose-core-for-ejecting-undercut-at.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file