Ini Dia Tips Penting Untuk Membuat Jig DIY Anda Sendiri

Jig biasanya tidak pernah bisa dipisahkan dari Fixture, karena keduanya merupakan alat bantu pekerjaan. Ini adalah alat benda kerja yang membantu aktivitas produksi; yang biasanya dipakai untuk menggandakan suatu komponen atau peralatan dengan cara akurat pada proses manufaktur. Lantas, apa saja tips penting untuk membuat jig DIY Anda sendiri?

Sebelum membuat Jig DIY sendiri, anda harus tahu tujuan pembuatan dari Jig dan Fixture itu sendiri.

Keduanya merupakan alat bantu untuk memproduksi produk dalam jumlah yang banyak dengan tingkat ketelitian tinggi; akurasi, presisi dan sesuai seperti bentuk yang anda inginkan. 

Apa Itu Jig?

Jig adalah sebuah peralatan khusus untuk memegang, menyangga atau diletakkan pada komponen tertentu yang nantinya di mesin.

Sementara fixture, merupakan piranti untuk memegang; menyangga dan menempatkan benda kerja dengan kuat agar proses pekerjaan permesinan dapat dilakukan. 

Tips Penting Untuk Membuat JIG DIY Anda Sendiri

Permintaan industri modern agar meminimalkan kerugian dan memaksimalkan produktivitas yaitu hal yang cukup menantang untuk desainer atau perancang Jig.

Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, perencanaan serta ketepatan pada jig itu sendiri. 

Para perancang alat memiliki tanggung jawab dalam menentukan cara agar biaya produksi lebih terjangkau.

Sehingga perancang perlu memahami sekaligus mempraktekkan tips penting untuk membuat jig DIY Anda sendiri :

1. Faktor Kesederhanaan

Ini adalah sifat yang mesti diterapkan perancang, dengan tujuan lebih hemat materi dan waktu yang akhirnya dapat meminimalisir biaya produksi. 

2. Pemilihan Bahan

Pengurangan bahan material bisa menekan biaya produksi, caranya dengan meminimalisir beberapa operasi mesin. 

BACA JUGA  Kalkulasi Penyusutan pada Mold

3. Tahap Operasi Lanjutan

Dalam hal perlakuan panas, penggerindaan serta beberapa proses terkait pemesinan, semestinya terbatas pada peralatan yang dapat bekerja dengan cara efisien. Selain itu, penggerindaan ini seharusnya anda lakukan di area yang bersentuhan, yakni antara komponen dengan komponen atau dengan alat mesin. 

Selain itu, proses hardening dapat dimanfaatkan di area seperti handel dan dudukan. 

4. Komponen Standar

Jika dilihat secara komersial, ada standar komponen jig bisa mengimprovisasi kualitas pada peralatan, selain itu standar komponen ini juga bisa menghemat biaya material, pengerjaan bahan dan para pekerja. Contohnya seperti peletak, baut, klem, mur dan lainnya.

5. Kelonggaran dan Toleransi

Toleransi pada Jig semestinya berada di kisaran 20-50% dari nilai toleransi benda, yang tidak secara langsung bisa meningkatkan akurasi pada peralatan Jig, namun dapat berpengaruh pada tingginya biaya produksi.

6. Rancangan Gambar Sederhana

Tips Penting Untuk Membuat Jig

Rancangan desain alat atau benda kerja adalah bagian yang mengakumulasikan seluruh biaya produksi Jig. Dengan banyaknya gambar dapat mempengaruhi biaya produksi Jig. 

Dengan kata lain, yang menjadi penentu dari pembuatan jig adalah desain atau rancangan gambar itu sendiri. 

Mengingat jig dan fixture adalah alat yang memegang benda kerja atau pekerjaan. Akan tetapi, fungsi jig yaitu mengarahkan komponen alat potong ketika sebuah operasi berjalan, sedangkan fixture tidak melakukannya. 

Tujuan pembuatan jig maupun fixture akan sangat membantu proses penghematan tenaga kerja secara efektif. Jika anda kesulitan membuat jig DIY sendiri, Anda bisa mengandalkan bantuan jasa fabrikasi yang bisa membuatkan Jig secara presisi.

Jasa Pembuatan Jig dan Fixture 

Sentra Teknika Prima merupakan perusahaan dalam bidang jasa fabrikasi yang dapat membantu industri manufaktur memiliki alat kerja yang presisi.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan Jig untuk alat industri anda yang presisi dan sesuai desain dan spek yang diinginkan. Maka anda bisa memilih Sentra Teknika Prima sebagai mitra Anda!

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file