Pergerakan Operator Lebih Efisien Dengan Karakuri Kaizen

Pergerakan Operator Lebih Efisien Dengan Karakuri Kaizen

Penggunaan robotik untuk membantu aktivitas manusia memang sudah diperkenalkan sejak dulu. Hanya saja, mesin robotik biasanya memanfaatkan perangkat listrik atau motor listrik yang tentunya tidak efisien; jika digunakan untuk membantu pekerjaan di industri.

Sebagai solusinya, baru-baru ini solusi otomatisasi ‘karakuri’ mulai digaungkan. Bahkan banyak industri yang sudah memanfaatkan konsep ‘Karakuri Kaizen’ untuk proses pemindahan barang tanpa melibatkan pergerakan operator.

Tahukah Kamu bahwa ‘Karakuri Kaizen’ diciptakan untuk memangkas waktu sekaligus uang yang terbuang? 

Ya, bahkan Inilah yang menjadikan alasan kenapa ‘Karakuri Kaizen’ disebut juga sebagai alternatif otomatisasi yang low budget. Metode Kaizen pasalnya mendukung inisiatif upaya pemangkasan dengan biaya lebih hemat. Karena dalam penggunaannya, ‘Karakuri Kaizen’ dirakit tanpa membutuhkan peralatan listrik atau motor listrik. Mereka hanya mengandalkan prinsip mekanik dan gaya gravitasi semata.

Apakah Karakuri Kaizen Membuat Pergerakan Operator Lebih Efisien?

Ya, jika sebelumnya operator harus menggunakan tangannya saat memindahkan atau mengambil barang. Bahkan harus bolak-balik berpindah tempat atau berjalan untuk memindahkan barang tertentu dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

BACA JUGA  Keuntungan Pemesinan CNC untuk Aplikasi Otomotif

Dengan adanya ‘Karakuri Kaizen’ operator justru lebih hemat tenaga atau energi karena tidak perlu bergerak. Hal ini sejalan dengan upaya untuk memangkas wasting time atau energi pada operator. Sehingga membuat perusahaan lebih efisien dalam menjalankan operasinya.

Karena kita tahu bahwa memperbanyak pergerakan pada operator justru bisa meningkatkan potensi waste. Maka dari itu, melalui ‘Karakuri Kaizen’ ini dapat mendorong proses penanganan material dengan mudah hanya mengandalkan gaya gravitasi, bubungan dan utilisasi tuas.

Sekaligus menggunakan kelembaban saat mentransfer dan memindahkan barang. Anda bisa menerapkan aplikasi ‘Karakuri Kaizen’ untuk pemindahan material dari mesin menuju operator; transfer barang antar mesin, hingga dari operator ke dalam mesin secara efektif dan akurat.

efisien dengan karakuri kaizen

Pahami Prinsip-Prinsip Dari Karakuri Kaizen

Meskipun ‘Karakuri Kaizen’ adalah istilah baru dalam continuous improvement, tapi konsep ini sebenarnya sudah sering diaplikasikan sebagai solusi lean dan TPS. Apa saja yang perlu diperhatikan saat  menerapkan metode Karakuri Kaizen? Ada beberapa prinsip Karakuri Kaizen yang wajib Anda perhatikan, diantaranya :

  • Jangan mengandalkan tenaga manusia, minimalisir kontak langsung yang dilakukan oleh operator. Anda bisa memindahkan barang dengan cara otomatis.
  • Memanfaatkan kemampuan seluruh peralatan yang tersedia.
  • Jangan menghabiskan banyak anggaran.
  • Jangan memanfaatkan kesigapan operator demi alasan keselamatan. Anda bisa membuat sistem tertentu yang dapat menghentikan operasi secara otomatis apabila terjadi masalah.

Karakuri Kaizen sendiri telah diperkenalkan sejak lama dari abad ke-17 sampai ke-19 di Jepang, lewat boneka mekanik yang dinamai ‘Karakuri Ningyo’ yang dapat bergerak secara otomatis. Sementara itu, kata ‘Karakuri’ itu sendiri mengacu pada pengertian ‘trik’ atau ‘mekanisme’.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file