Apa jig and fixture itu

Apakah jig dan Fixture itu?

Bagikan

Bagi mereka yang mencoba bergelut di dunia manufaktur atau prototyping, istilah “jig” dan “fixture” sering muncul. Terutama ketika berbicara tentang pemesinan, proses manufaktur subtraktif untuk benda kerja plastik dan logam. Tapi apakah jig dan fixture itu, untuk apa jig dan fixture itu digunakan?, dan mengapa jig dan fixture begitu penting?

Meskipun sering dikelompokkan bersama, kedua alat ini memainkan fungsi yang berbeda dalam proses manufaktur. Dan sering digunakan dengan peralatan manufaktur yang berbeda. Keduanya membantu menghasilkan benda kerja yang lebih akurat dan dapat dikerjakan diulang. Dan keduanya dapat dibuat menggunakan beberapa teknik manufaktur yang berbeda, tetapi jig dan fixture tetap berbeda secara fundamental.

Artikel ini akan menjadi pengantar bagi siapa saja yang membutuhkan penjelasan tentang jig and fixture. Disini akan dijelaskan perbedaan utama antara jig dan fixture, serta aplikasi utama mereka dan bagaimana mereka dapat dibuat.

Apa jig dan fixture itu ?

Sebelum membahas masalah spesifik tentang jig dan fixture. kita harus mundur selangkah dan mengajukan pertanyaan yang lebih luas, tentang jenis objek jig dan fixture.

Kita dapat menganggap kedua item ini sebagai alat atau bagian dari perkakas. Alat yang digunakan dalam pembuatan benda kerja baru yang berbeda dari mesin manufaktur. Misalnya mesin CNC, printer 3D, dan benda kerja yang sedang dibuat. Contoh perkakas lainnya termasuk perangkat pembentuk material seperti mold dan die, dan perkakas pemotong seperti mata bor.

Lebih khusus lagi, baik jig dan fixture —terutama fixture — dapat dianggap sebagai perangkat pemegang benda kerja. suatu item yang digunakan untuk menjaga benda kerja tetap stabil dan aman selama pembuatan.

Apa jig itu?

Kami akan memulai penjelasan kami tentang jig dan fixture dengan jig. Singkatnya, jig adalah alat yang digunakan untuk mengontrol atau memandu pergerakan alat pemotong seperti bor. Dan kadang-kadang untuk menahan benda kerja secara bersamaan).

Jadi mengapa produsen menggunakan jig? Dengan menggunakan alat yang secara tepat memandu pergerakan alat pemotong, maka akan dapat menjamin pengulangan. Memastikan pemotongan yang sama dibuat di tempat yang persis sama pada beberapa duplikat benda kerja. Jig yang sama dapat digunakan berulang kali, menghasilkan hasil yang sama pada setiap penggunaan.

Karena tujuannya terutama untuk memandu dan mengarahkan alat potong, jig paling sering digunakan untuk pekerjaan manual. Yaitu pemesinan dan pengeboran manual. (Mesin CNC kurang bergantung pada jig, karena dirancang untuk memberikan presisi tingkat mikron tanpa bantuan; alat pemotongnya “dipandu” oleh instruksi komputer.)

BACA JUGA  Jasa Milling CNC Checking Fixture Terbaik

Jenis Jig

  • Template jig: Jig sederhana yang dapat dipasang ke benda kerja. Memiliki lubang yang dapat digunakan sebagai pengarah alat pemotong (misalnya bor).
  • Plate jig: Mirip dengan template jig tetapi memiliki bushing bor, bukan hanya lubang.
  • Angle-plate jig: Digunakan untuk menopang benda kerja pada suatu sudut untuk memfasilitasi pengeboran misalnya untuk lubang diagonal.
  • Leaf jig: Jig dengan daun berengsel yang dapat dibuka dan ditutup untuk pemuatan atau pembongkaran yang lebih cepat.
  • Diameter jig: Digunakan untuk memungkinkan pengeboran benda kerja melingkar yang tidak dapat dengan mudah dilakukan pada jenis jig lainnya
mesin cnc
mesin cnc

Apa itu fixture?

Fixture memiliki beberapa fitur yang sama dengan jig, tetapi tujuannya pada dasarnya berbeda. Satu-satunya fungsi fixture adalah untuk menjaga benda kerja tetap stabil dan aman selama pembuatan; sementara fixture adalah perangkat pemegang benda kerja dalam arti sebenarnya.

Fixture dapat melakukan beberapa fungsi. Dengan menjaga benda kerja sepenuhnya aman, memastikan keakurasian dan pengulangan pembuatan. Fixture juga dapat disesuaikan untuk menahan benda kerja pada sudut tertentu, memungkinkan operasi pemotongan dalam berbagai arah. Fixture juga dapat meminimalkan kesalahan dan menjamin keselamatan pekerja dengan mencegah benda kerja terlempar dari meja kerja secara tidak sengaja. Seperti jig, Fixture sering digunakan dalam operasi pemesinan.

Anda mungkin melihat Fixture yang digunakan di Machining Center CNC dan peralatan manufaktur otomatis lainnya. Mesin CNC dapat mengarahkan alat potongnya tanpa menggunakan jig. Tetapi alat tersebut tidak akan berfungsi dengan baik jika benda kerja tidak dapat dipasang dengan aman.

Sementara jig biasanya ditahan di tempatnya dengan pengencang atau bahkan dipegang secara manual oleh operator. Fixture memiliki berbagai opsi penjepitan, termasuk sistem hidrolik, pneumatik, dan vakum untuk menerapkan gaya pengencangan yang diperlukan.

Jenis Fixture

  • Fixtur pembubutan: Biasanya dipasang pada spindel mesin atau pelat muka. Fixtur pembubutan berguna untuk membuat benda kerja yang lebih kompleks pada mesin bubut.
  • Fixture pengefraisan: Biasanya dipasang ke meja kerja dengan pengencang, fixture ini memungkinkan berbagai operasi pengefraisan.
  • Fixture pengeboran: Terdiri dari lubang dan bushing, fixture pengeboran kadang-kadang digunakan sebagai pengganti (atau sebagai tambahan) jig.
  • Perlengkapan penggerindaan: Digunakan untuk menopang benda kerja selama operasi penggerindaan.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan spare part molding, Jig dan Fixture. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di industri plastic baik sekala UMKM maupun skala besar.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file