pendingin cnc

Perbedaan antara jig dan fixture

Bagikan

Apakah jig dan fixture itu sama? Tidak, mereka tidak sama: meskipun keduanya adalah jenis perkakas yang digunakan dalam manufaktur, dan meskipun mereka memiliki beberapa sifat yang sama, mereka adalah objek yang berbeda. Pada Artikel kali ini, anda akan dijelskan tentang perbedaan jig dan Fixture.

Perbedaan utama antara jig dan fixture adalah bahwa jig memainkan beberapa peran dalam mengendalikan posisi atau pergerakan alat lain, umumnya alat pemotong, sedangkan fixture berkaitan dengan posisi benda kerja (potongan material yang diubah menjadi benda kerja baru).

Jig terkadang melakukan dua peran, mengontrol posisi benda kerja dan alat potong, sementara fixture melakukan satu peran.

Dalam praktiknya, ini berarti bahwa jig and fixture sering digunakan dalam situasi yang berbeda. Aplikasi jig sering ditemukan dalam pekerjaan manual, di mana manusia membutuhkan bantuan untuk memindahkan alat pemotong ke titik yang tepat yang diperlukan (misalnya, untuk memastikan bor membuat lubang di tempat yang tepat, misalnya).

Di sisi lain, aplikasi fixture dilakukan dalam pekerjaan manual dan otomatis: alat pemotong tidak selalu membutuhkan panduan, tetapi benda kerja selalu perlu dijaga dalam pemasangannya untuk memastikan kepresisian dan keamanan.

Perbedaan Jig dan Fixture

untuk lebih jelasnya anda dapat mengunduh file jig & Fixture di sini.

Perbedaan antara jig dan fixture

Perbedaan lainnya antara Jig dan Fixture, adalah:

  • Jig umumnya cukup ringan, sedangkan fixture harus cukup berat untuk memastikan kestabilan
  • Jig dapat dipegang di tempatnya secara manual, sementara fixture dipasang secara mekanis pada meja
  • Jg mungkin memerlukan desain yang lebih rumit, sedangkan fixtur biasanya lebih mudah

Keuntungan dari jig dan fixture

Penggunaan jig dan fixture selama manufaktur dapat mendatangkan manfaat yang signifikan dalam hal produksi dan kualitas benda kerja. Manfaat utamanya meliputi:

  • Tingkat produksi meningkat
  • Menghilangkan kebutuhan akan pengukuran dan penyelarasan secara manual
  • Konsistensi dan keakurasian pada beberapa benda kerja
  • Mengurangi ketergantungan pada keterampilan manual operator
  • Mengurangi ketergantungan pada langkah-langkah kontrol kualitas pasca-manufaktur
  • Peningkatan keamanan bagi pekerja
  • Memungkinkan operator menyesuaikan tingkat pemakanan dan kecepatan untuk produksi yang lebih cepat

Komponen jig dan fixture

Jig dan fixture mungkin terlihat seperti alat sederhana, tetapi biasanya terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian ini adalah:

Body: bagian terbesar dari jig atau fixture adalah bodynya, biasanya merupakan sepotong logam padat yang cukup kuat untuk menahan gaya yang signifikan.

Perangkat penjepit: Perangkat penjepit jig atau fixture digunakan untuk menahan benda kerja dengan aman dan menahan gaya potong.

Perangkat penempatan: Biasanya terbuat dari baja yang dikeraskan, perangkat penempatan seperti pin digunakan untuk menempatkan jig atau perlengkapan di tempat yang tepat.

BACA JUGA  Jasa Bubut CNC Jakarta

Bushing: Biasanya terbuat dari baja perkakas, busing digunakan di beberapa jig untuk memandu perkakas mesin dalam operasinya.

Cara membuat jig and fixture

Ada beberapa opsi berbeda dalam hal pembuatan jig dan fixture. Sementara mesin CNC telah menjadi metode dominan selama beberapa waktu, pencetakan 3D sekarang menjadi alternatif yang layak.

Meskipun bahan jig dan fixture biasanya logam – khususnya baja seperti baja karbon, baja ringan, dan baja coran – plastik juga layak untuk pembuatan jig dan fixture jika gaya klem rendah diperlukan. Nylon adalah plastik yang umum digunakan dalam produksi jig and fixture.

Pertimbangan desain

  • Jig dan fixture harus sangat mudah digunakan untuk mencegah kesalahan penempatan
  • Biaya produksi harus lebih kecil dari perkiraan penghematan biaya yang
  • Titik lokasi penempatan harus jelas (dan idealnya dapat disesuaikan) untuk meminimalkan waktu idle
  • Pengaturan penjepitan sebaiknya tidak rumit
  • Jig dan fixture harus cukup kuat untuk digunakan tetapi cukup ringan untuk penanganan yang lebih mudah
  • Peralatannya harus memiliki clearance yang cukup
  • Harus ada ruang yang cukup untuk pembersihan beram

Jig dan fixture hasil pemesinan CNC

Terbaik untuk: Jig dan fixture baja yang kuat, dengan geometri sederhana

Saat ini, pemesinan CNC adalah metode yang dominan untuk membuat jig dan fixture. Ini karena pemesinan CNC hemat biaya untuk jumlah kecil (dan jig dan fixture cenderung dibuat khusus untuk benda kerja tertentu).

Jig dan fixture pemesinan CNC ideal ketika jig dan fixture harus kuat tetapi tidak terlalu rumit dalam hal geometrinya. Sebagian besar jig dan fixture baja dibuat oleh mesin CNC.

Jig dan fixture hasil 3D printing

Terbaik untuk: Jig dan fixture cepat dari plastik, dengan yang geometri kompleks

3D Printing atau manufaktur aditif adalah cara alternatif selain pemesinan CNC untuk membuat jig dan perlengkapan dengan cepat. Seperti mesin CNC, printer 3D efisien dalam membuat item sekali pakai.

Jig dan fixture hasil 3D printing dapat memiliki geometri yang lebih kompleks daripada yang dikerjakan dengan pemesinan, dan 3D printing mungkin merupakan pilihan yang lebih terjangkau untuk membuat jig dan fixture plastik (melalui SLS, misalnya). Namun, dalam kebanyakan kasus, jig dan fixture hasil pemesinan memiliki kekuatan yang unggul.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan spare part molding, Jig dan Fixture. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di industri plastic baik sekala UMKM maupun skala besar.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file