karakuri otomatisasi berbiaya rendah

Karakuri-Otomatisasi Berbiaya Rendah Untuk Industri

Karakuri-Otomatisasi Berbiaya Rendah

Apa itu Karakuri? Karakuri adalah mekanisme otomatisasi yang ditemukan di Jepang. Selama beberapa decade, Karakuri telah menjadi elemen sentral dalam filosifi lean, yang mengacu pada otomatisasi proses sederhana tapi cerdas dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika tanpa penggerak, udara bertekanan, listrik atau sensor.

Tujuan penggunaan karakuri adalah untuk memanfaatkan sumber daya yang sudah tersedia di pabrik, suku cadang dan komponen yang ada hingga menciptakan kreativitas tenaga kerja di lokasi di sisi lain. Dengan kata lain, Karakuri bisa dikatakan sebagai otomatisasi berbiaya rendah.

Mengenal Karakuri Sebagai Otomatisasi Low Cost

Karakuri merupakan metodologi luar biasa yang bisa membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya perusahaan. Teknik ini berasal dari Jepang, secara harfiah Karakuri berarti mekanisme yang terampil, dan salah satu karakri pertama yang digunakan adalah ‘boneka pengantar teh’ dari Jepang.

Tujuan karakuri modern dalam aplikasi industri ialah untuk meminimalisir waktu standar, mengurangi fluktuasi runtime, dan dapat menghemat biaya.

Karakuri adalah sistem otomasi sederhana tanpa memakai servomotor, sensor dan lainnya. Melalui pemanfaatan pipa lean manufacturing, suku cadang dan aksesorisnya, rak miring sederhana, lift dan lainnya. Alat ini bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan gaya gravitasi,  dan kekuatan manusia.

BACA JUGA  Mengembangkan Manusia Melalui Karakuri

Saat merancang sistem, ada penghematan finansial besar untuk perakitan yang dibuat dan penghematan dilakukan untuk operasi sebenarnya. Karena kita tahu bahwa komponen listrik akan membutuhkan biaya yang lebih besar, sedangkan karakuri tidak memanfaatkan energi listrik.

Kenapa Karakuri Disebut Sebagai Otomatisasi Biaya Rendah?

Alasannya karena dalam penggunaan karakuri, akan memakan biaya bahkan lebih hemat biaya hingga 80-90% dibandingkan mengotomatisasi proses produksi secara komprehensif, namun memberikan tingkat efisiensi yang sama. 

Apa Saja Manfaat dan Keuntungan dari Karakuri?

  • Karakuri dapat mengoptimalkan proses produksi.
  • Bisa menghilangkan ketegangan
  • Lebih hemat ruang
  • Dapat meningkatkan efisiensi.
  • Bisa menyederhanakan pekerjaan.
  • Memastikan fleksibilitas dan kompatibilitas.

Dengan menggunakan karakuri, Anda hanya memanfaatkan penggunaan energi mekanik, tanpa listrik, penggerak hidrolik atau pneumatik. Anda hanya menghabiskan sedikit uang saja dan memanfaatkan konstruksi tertentu yang mudah dilakukan perawatan. Memakai karakuri juga memungkinkan kreativitas karyawan meningkat.

karakuri otomatisasi berbiaya rendah

Karakuri memungkinkan pekerjaan operator lebih singkat tanpa harus membuat mereka berpindah tempat. Karena karakuri dapat meneruskan benda atau beban kerja ke dalam workstation lainnya. Sehingga memberikan solusi teknis efisien, sederhana dan juga berbiaya rendah.

Penerapan konsep Karakuri Kaizen dalam industri memang memberikan dampak ergonomi dan produktivitas. Sehingga bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan produktivitas proses industri sekaligus tetap mempertimbangkan faktor ergonomi yang juga tidak memerlukan biaya yang besar dengan Teknik yang sederhana.

Youtube : https://youtu.be/r_uskMj5FhQ

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file