karakuri untuk industri

Mengenal Lebih Jauh Karakuri Untuk Industri

Karakuri Untuk Industri

Konsep tentang Karakuri Kaizen memang sangat menarik. Karena metode Kaizen sendiri mendukung inisiatif terhadap pemangkasan waste serta bisa melakukan penghematan.

Bayangkan saja, jika operator biasanya menggunakan tangan saat memindahkan atau mengambil barang, bahkan harus berpindah tempat atau berjalan untuk mentransfer barang atau beban dari satu tempat ke tempat lain, maka Karakuri Kaizen justru mengajarkan yang sebaliknya. Dimana, operator tak boleh berpindah tempat dan tak terlalu banyak untuk bergerak, karena bisa memperbesar terjadinya potensi waste. Maka dari itu, konsep dari Karakuri Kaizen ini sendiri mendorong penanganan beban atau benda dengan mengandalkan utilisasi tuas, gravitasi, hingga memanfaatkan kelembaman dalam mentransfer dan memindahkan barang.

Dimana konsep ini bisa dipakai untuk memindahkan barang dari perangkat mesin langsung ke operator, perpindahan dari mesin ke perangkat mesin lainnya, atau dari operator ke perangkat mesin dengan teliti.

Bagaimana Karakuri Kaizen Bisa Bekerja dan Apa Saja Daya yang Dibutuhkan?

Perangkat karakuri memerlukan daya untuk bergerak. Bukan menggunakan penggerak seperti motor, namun alat ini mengambil energi dari mana saja. Berikut ini, ada beberapa sumber energi karakuri, cara penyimpanan dan cara membuangnya di bawah ini :

BACA JUGA  Prinsip Kerja Karakuri Kaizen Untuk Industri - 1/2

Sumber Energi

Seringkali sumber energi yang menggerakkan Karikuri Kaizen adalah otot manusia. Ada banyak perangkat karakuri yang dioperasikan menggunakan tangan, seperti tuas. Ini juga bisa berbentuk tidak langsung. Banyak perangkat karakuri lainnya yang dioperasikan dengan cara menginjak pedal atau tuas. 

Penyimpanan Energi

Dalam prinsip kerja karakuri biasanya melibatkan proses menyimpan dan melepaskan energi. Kita bisa melihat contohnya seperti jungkat-jungkit. Dimana sisi yang satunya bergerak ke atas untuk menyimpan energi, sedangkan yang satunya lagi bergerak ke bawah untuk melepaskan gaya gravitasi. 

Energi Disipasi

Energi disipasi disini maksudnya ialah energi yang dilepaskan atau hilang. Hilang disini artinya mengubah bentuk energi tertentu menjadi energi lain. Munculnya energi disipasi dengan cara alamiay tidak bisa dihindari 100%. Ada beberapa contoh energi disipasi yang terjadi, diantaranya energi panas akibat gesekan. Contohnya peredam oli, rem, atau lainnya. 

karakuri untuk industri

Bisa disimpulkan bahwa karakuri adalah konsep pemindahan barang atau material yang telah diaplikasikan di industri Jepang melalui pemanfaatan bidang miring. Karena konsep pergerakan benda pada karakuri dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Melalui karakuri, proses pemindahan barang lebih terukur serta dapat meminimalkan pemakaian daya penghasil gaya untuk memindahkan barang tertentu. 

Sudah mengenal lebih jauh karakuri untuk industri ya…

Youtube : https://youtu.be/R4HYNqMJN64

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file