murah dengan karakuri

Cara Mencapai Otomatisasi Secara Efektif dan Murah Dengan Karakuri Kaizen

Di era industri 4.0, otomatisasi kian semakin penting. Akan tetapi sebenarnya, istilah dari ‘otomatisasi’ di sini tak hanya mencakup mesin berteknologi tinggi saja yang diasosiasikan dalam industri modern. Prinsip dari Karakuri Kaizen, sebagai komponen utama filosofi lean, kini berfokus sebagai solusi otomatisasi yang dapat diimplementasikan dengan mudah dan sederhana. Dengan Karakuri Kaizen, Anda hanya menggunakan energi kinetic dengan Teknik yang cerdas dan dapat mencegah pemborosan secara konsisten. Meskipun demikian memberikan hasil yang efektif dan efisien tentunya.

Asal Usul Karakuri Kaizen

Untuk lebih memahami tentang sistem otomatisasi dari Karakuri Kaizen, mari kita simak asal-usul Karakuri Kaizen. Pertama kali diperkenalkan di Jepang pada abad ke-19, bernama Karkuri Ningyo yang secara harfiah memiliki arti ‘boneka mekanis’. Mesin kecil ini pada saat itu sangat populer. Selain itu, hal serupa juga diperkenalkan di Jerman, seperti ‘Sandmann’ contohnya, salah satu karya dari E.T.A Hoffman, walaupun sebenarnya antusiasme terhadap mesin boneka di Jepang lebih besar. 

Salah satu jenis boneka mekanis karakuri yang sangat populer sejauh ini yaitu yang dijadikan server teh atau pengantar teh. Pasalnya boneka mekanis ini bisa berjalan dengan jarak tertentu, mereka berayun anggun sembari mengantar teh. Sedangkan kepalanya tertunduk dan menawarkan segelas teh ke manusia. Ketika teh diminum, maka karakuri berhenti. Saat cangkir tehnya kosong dan dimasukkan Kembali, maka server kecil akan berbalik lalu Kembali lagi ke posisi awalnya. Nah, kedua tangan dari boneka inilah yang berguna untuk bergerak. Jadi, ada atau tanpa beban dapat memicu reaksi yang berantai hingga mentransfer Gerakan ke seluruh bagian yang bergerak pada boneka. Menarik, bukan?

Karakuri Kaizen Memungkinkan Proses Lebih Efektif

Meskipun tujuan utama contoh penggunaan Karakuri Kaizen di atas cukup menghibur, namun tentu saja hal ini memikat beberapa industri untuk mengadopsi Teknik pemindahan barang pada karakuri. Dengan kata lain, karakuri adalah cara sederhana yang bisa diaplikasikan untuk mencapai sistem Gerakan secara otomatis. 

BACA JUGA  Mengembangkan Manusia Melalui Karakuri

Ada beberapa aturan dalam penggunaan Karakuri Kaizen, diantaranya :

  • Benda harus selalu dipindahkan memakai energi mekanik, dan tanpa memanfaatkan energi listrik, hidrolik atau pneiumatik,
  • Anda hanya perlu menghabiskan sedikit anggaran dan menggunakan konstruksi yang perawatannya lebih mudah.
  • Menggunakan energi secara kreatif serta melakukan interkoneksi pada sistem Karakuri Kaizen berbeda.
  • Manfaatkan kreativitas pekerja dan dorong pekerja untuk saling berbagi pengalaman.

Apabila Anda menggunakan Karakuri Kaizen, maka semua aturan tersebut harus tertanam dengan kuat di perusahaan. Ini adalah filosofi berjuang demi perubahan yang lebih baik. Kondisi sekarang ini tentu hanya 1 tahap saja melangkah menuju arah perbaikan yang berkelanjutan.

murah dengan karakuri

Cara Mencapai Otomatisasi Secara Efektif dan Murah dengan Karakuri

Semuanya bisa terbentuk saat Anda melihat sistem otomatisasi dengan biaya rendah. Melalui contoh di atas antara pemanfaatan low cost automation atau LCA dengan Karakuri sendiri hampir sama. Tanpa memakai tenaga listrik, penggerak hidrolik, pneumatik, melainkan murni memanfaatkan energi mekanis, seperti gaya pegas dan gravitasi, untuk memindahkan beban kerja, maupun membawa beban kerja.

Dalam sektor otomotif di Jepang sendiri, ada sentra pelatihan khusus LCA, dengan nama Karakuri Dosho. Ini adalah pusat pelatihan yang menawarkan kursus secara intensif guna membantu para insinyur dan pekerja untuk memahami konsep dari Karakuri dengan benar.

Adapun langkah-langkah untuk mencapai otomatisasi secara efektif dan murah dengan Karakuri Kaizen ialah sebagai berikut :

  1. Pisahkan antara pekerjaan dengan menggunakan mesin dan manual.
  2. Meningatkan pekerjaan dengan penanganan manual, seperti meneruskan beban kerja ke lokasi kerja lainnya lewat roll conveyor.
  3. Pasang solusi secara teknis dengan biaya rendah, sederhana dan efisien.
  4. Perlu pertimbangan untuk menerapkan solusi teknis lebih kompleks.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file