Teknologi Mesin Manufaktur

Teknologi Mesin Manufaktur Modern CNC & Karakteristik Pengoperasiannya

Teknologi Mesin Manufaktur Modern CNC

Di industri manufaktur, teknologi mesin manufaktur CNC banyak digunakan. Ada banyak mesin-mesin andal dan canggih yang digunakan untuk mendukung proses produksinya.

Adapun satu mesin yang paling sering digunakan untuk operasi dari sistem industri manufaktur ialah mesin CNC. Mesin perkakas Computer Numerical Control atau CNC adalah satu dari teknologi mesin terbaru di dunia industri permesinan modern.

CNC adalah sebuah mesin yang sering diaplikasikan sebagai sistem pengendali otomatis di dunia industri. Mesin ini berfungsi untuk mengendalikan kinerja pada mesin-mesin yang lainnya yang sudah dimanfaatkan.

Sementara itu, CNC adalah istilah yang kerap diaplikasikan untuk menunjukkan sebuah mesin manufaktur, diantaranya mesin milling dan mesin bubut. Peralatan ini sudah dikontrol dengan cara numerik berbasis komputer.

Selain itu, CNC bisa membaca hampir seluruh perintah yang ada, termasuk kode T, F, G, N dan sebagainya. Semua kode tersebut sudah menginstruksikan mesin CNC, supaya dapat bekerja dengan baik sesuai program pembuatan benda kerja.

Melalui mesin CNC, ketelitian suatu produk bisa terjamin hingga di atas 1/1000 mm. Di samping itu, proses pengerjaan produk masal yang menggunakan mesin CNC ini berlangsung dengan cepat, sama dan akurat.

Adapun fungsi mesin CNC biasanya untuk menggantikan tugas atau pekerjaan oeprator untuk mesin perkakas konvensional. Contohnya, pekerjaan pengaturan tool, gerakan memotong hingga yang lainnya. Selain itu juga berperan dalam hal pengaturan kondisi pada pemotongan serta fungsi pengaturan yang lainnya.

Karakteristik Pengoperasiannya

Biasanya sistem operasi pada perkakas sudah dioperasikan menggunakan program dengan cara abstrak dan sudah tersimpan di media penyimpanan. Adapun media penyimpanannya itu sendiri berupa mesin bubut CNC. Akan tetapi, mesin bubut CNC biasanya menggunakan mesin perkakas berbeda. Mesin CNC sebenarnya sudah terbagi ke dalam 2 jenis, diantaranya mesin frais dan mesin bubut.

Biasanya mesin perkakas lebih banyak dikendalikan secara manual menggunakan otomatisasi sederhana memakai CAM. Sedangkan CNC langsung dioperasikan oleh komputer. Pada awalnya, mesin CNC hanya diproduksi tahun 40-an hingga 50-an, yang mengadopsi mesin untuk perkakas pada umumnya.

BACA JUGA  Perusahaan Pembuatan Suku Cadang Terpercaya

Mesin perkakas dalam hal ini sudah ditambahkan oleh motor yang menggerakkan pengontrol. Kemudian pengontrol tersebut bergerak mengikuti beberapa titik yang telah dimasukkan pada sistem menggunakan perekam kertas. Meisn perkakas segera tergantingan menggunakan sistem analog, lalu berlatih memakai computer digital. Hingga akhirnya, diluncurkanlah sebuah mesin perkakas modern  bernama mesin CNC.

Teknologi Mesin Manufaktur

Mesin CNC saat ini biasanya berhubungan dengan CAD. Dimana CAD sendiri adalah sebuah program yang dipakai untuk menggambarkan sebuah produk. Setiap mesin CNC biasanya diproduksi untuk menjawab tantangan dalam dunia manufaktur modern.

Tiap jenis mesin CNC mempunyai karakteristik yang berbeda menyesuaikan pabrik pembuat mesin itu sendiri. Akan tetapi, jika dilihat garis besarnya karakteristik dari pengoperasian mesin CNC bisa dilakukan dengan hanya menggunakan 2 macam cara. Yaitu sistem incremental dan sitem absolute.

Sistem Absolut

Dalam sistem absolut, biasanya penempatan titik awal alat pemotong yang ingin dipakai untuk titik acuan ialah dengan menentukan titik referensi tertentu yang berlaku. Dimana titik referensi ini harus tetap saat berlangsungnya operasi mesin.

Titik referensi pada mesin bubut biasanya diletakkan di sumbu benda kerja, lebih tepatnya di bagian ujung. Sedangkan untuk mesin frais sendiri, titik referensinya akan diletakkan diantara pertemuan 2 sisi benda kerja yang akan dikerjakan.

Sistem Incremental

Titik awal peletakkan dalam sistem incremental sendiri selalu berpindah. Proses perpindahan tersebut harus sesuai titik aktual dan dinyatakan terakhir. Pada mesin frais dan mesin bubut biasanya diberlakukan melalui metode yang sama.

Itulah penjelasan terkait teknologi mesin manufaktur modern CNC dan karakteristik pengoperasiannya.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan part mesin untuk pembubutan, mesin CNC maupun cetakan, Anda bisa mempercayakan tugas ini kepada Sentra Teknika Prima . Kami adalah perusahaan mekanikal proses yang siap membantu pembuatan mesin CNC, bubut, atau spare part custom yang presisi yang telah berpengalaman selama belasan tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file