Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Ada beberapa jenis peralatan mesin non konvensional saat ini yang mulai banyak digunakan, seperti Laser Beam Machining (Mesin Berkas Laser), Water Jet Machining (Mesin Jet Air), Electrical Discharge Machining (Mesin Erosi Bunga Api), Coordinate Measuring Machine (Mesin Ukur Koordinat CMM, Wire Cut Machining (Mesin Pemotong), mesin CNC, mesin plasma dan masih banyak lagi. Yang disebutkan, hanyalah baru sebagian kecil dari Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri.

Dalam menghadapi persaingan dan tuntutan perkembangan di bidang industri saat ini, para pekerja yang menggeluti bidangnya diharapkan perlu pembekalan pemahaman mengenai mesin otomatisasi, khususnya mesin CNC.

pemesinan cnc
pemesinan cnc

Apa Itu Mesin CNC?

CNC atau Computer Numerically Controlled adalah mesin berbasis kontrol numerik yang dikembangkan sejak tahun 1952. Mesin CNC pada awalnya diaplikasikan untuk pembuatan alat kerja khusus dengan tingkat kerumitan cukup tinggi.

Pada awalnya, mesin CNC membutuhkan biaya tinggi dengan volume unit pengendali besar. Di tahun 1973, harga mesin CNC bisa dibilang masih sangat fantastis. Jadi masih sedikit saja perusahaan yang memiliki keberanian mempelopori investasi pada teknologi ini.

Mesin CNC telah berkembang pesat sejak tahun 1975. Perkembangan tersebut dipacu berdasarkan perkembangan mikroprosesor canggih, karenanya volume pada unit pengendali controller-nya menjadi lebih ringkas.

Mesin CNC itu sendiri ialah mesin yang dikendalikan perangkat komputer dengan memanfaatkan bahasa numerik sesuai standar ISO. Prinsip kerja teknologi CNC ialah menyinkronkan antara mekanik dan komputer, sehingga jika dibandingkan mesin perkakas serupa, mesin perkakas CNC sendiri lebih fleksibel, tepat, lebih teliti dan ideal untuk aplikasi produksi masal.

Melalui mesin perkakas CNC ini bisa menunjang produksi dengan tingkat kerumitan tinggi serta bisa mengurangi kerja operator saat mesin beroperasi.

NC, Apakah Itu?

NC atau Numerical Control merupakan sebuah format berbentuk program otomasi. Sebagai tindakan mekanik pada peralatan permesinan maupun lainnya. Dikendalikan berdasarkan sebuah program berisi data berbentuk kode angka. Dimana data alphanumerical menampilkan sebuah instruksi pekerjaan dalam pengoperasian mesin itu sendiri.

BACA JUGA  7 Tips Untuk Menghemat Biaya Proses Pemesinan CNC - 2/2

Numerical Control mengendalikan mesin berdasarkan pada informasi digital. Biasanya NC Berguna untuk produksi berskala kecil hingga medium dengan memvariasikan produksi pada item, yang dimensi, bentuk, rute proses hingga pengerjaannya bervariasi.

Di era revolusi industri 4.0, pemanfaatan mesin CNC sendiri hampir diaplikasikan dalam berbagai bidang industri bisnis. Diantaranya di bidang pendidikan, meliputi Riset Penelitian, Sekolah Kejuruan atau Universitas Teknik.

Bengkel Workshop, Bisnis mebel interior furnitur dan lainnya juga banyak yang memanfaatkan mesin CNC. mesin CNC berguna untuk masyarakat banyak, bahkan telah banyak dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, industri manufaktur sudah menuntut tingkat kecepatan produksi tinggi yang menyebabkan persaingan global. Akurasi, produksi, hingga kepresisian sangat dituntut untuk menghadirkan kualitas produk. Maka dari itu, peralatan mesin yang bersifat non konvensional sudah menggantikan fungsi pada mesin-mesin konvensional, dimana kini keterbatasannya semakin dirasakan di tangah kemajuan bidang industri manufaktur yang semakin pesat.

Jenis-Jenis Mesin Non Konvensional

Berikut ada beberapa macam mesin non konvensional, diantaranya sebagai berikut :

  • Water Jet Machining atau Mesin Jet Air.
  • Electrical Discharge Machining atau Mesin Erosi Bunga Api
  • Mesin Plasma Arc.
  • Coordinate Measuring Machine atau Mesin Ukur Koordinat CMM.
  • Wire Cut Machining atau Mesin Pemotong.
  • Laser Beam Machiningi atau Mesin Berkas Laser.
  • Mesin CNC

Semua mesin di atas disebut sebagai mesin perkakas yang berbasis sistem pengontrol/pengendali numeris alias Numerical Control yang membutuhkan berbagai macam program. Beberapa program yang dibutuhkan ialah Program Sistem Operasi, Program Kelengkapan, dan Program Aplikasi Khusus untuk komputer pengontrolnya.

Berbicara tentang mesin CNC, jika Anda membutuhkan spare part mesin CNC custom, Anda bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC. . Sentra Teknika Prima adalah perusahaan mekanikal proses yang siap membantu pembuatan mesin atau part mesin hingga mesin cetakan yang presisi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file