jasa desain pembuatan jig washing

Jasa Desain dan Pembuatan Jig Washing menggunakan Mesin CNC CNC

Desain Pembuatan Jig Washing ini merupakan salah satu portofolio kami dalam pembuatan Jig untuk Proses Pemesinan. Silahkan simak lebih lanjut bagaimana kami mengerjakan jig ini, serta pengalaman apa saja yang kami dapatkan dari hambatan yang muncul dari pembuatan jig ini.

Jig washing merupakan suatu alat bantu yang berfungsi sebagai tempat produk. tujuan jig ini adalah untuk menghilangkan burry produk. Menghilangkannya dengan cara di semprot angin yang bertekanan tinggi.

Setelah proses machining lubang, pengetapan ataupun proses permesinan pada produk yang berongga, biasanya masih ada burry  atau chip yang terperangkap di dalam produk tersebut.

jasa desain pembuatan jig washing

Dalam pembuatannya merupakan gabungan beberapa komponen atau beberapa gabungan sub-assy, yang dirakit atau assembly  menjadi satu kesatuan jig.  Material yang digunakan pun berbeda-beda ada dari jenis S50C, Kuningan, Stainless Steel seri 304, Nylon Biru, dan Silicon. Mesin yang digunakan untuk proses pembuatannya pun berbeda-beda.

Jig washing dibagi dalam beberapa sub-assy terdiri dari :

Assy Base Plate Jig dan Valve

Assy Base Plate Jig dan Valve terdiri dari beberapa part yang digabungkan /assembling. Base Plate Jig merupakan part utama yang menopang / sebagai landasan dari part sub-assy yang lain.

Material yanh digunakan terdiri dari S50C, Stainless Steel seri 304, Aluminium, Silikon dan Piston Rod.

Part-part standar untuk sistem pneumatic menggunakan Compact Cylinder (double acting, single rod) serta bearing pengarah. Base Plate Jig ini yang akan diletakkan pada meja mesin yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Sedangkan valve berfungsi sebagai tempat keluar masuknya yang di dalam jig untuk di buang setelah proses washing berlangsung. Dalam proses pembuatannya, kebanyakan menggunakan mesin CNC Milling. Sedangkan pembuatan Laser cutting untuk pembuatan talang Air yang menuju valve. Semua part-part besi untuk mencegah karat di proses chrome plating.

Assy Tangki Jig Washing

Tangki Jig merupakan tempat atau wadah untuk menampung air yang di salurkan kedalam Tangki Jig.

Yang menjadi fokus utama adalah Tangki Jig tidak boleh bocor. Karena bila terjadi kebocoran akan mengurangi debit air di dalam Tangki. Sehingga menyebabkan tidak akan terjadi proses Washing (Pencucian) Produk dan menjadi kurang maksimal.

Tangki Jig menggunakan material yang tahan terhadap korosi yaitu Plate Stainless Steel seri 304 , Pipa SUS 304_OD Ø38 mm.

Dalam pembuatan Tangki Jig ini menggunakan proses laser cutting. Laser Cutting ini digunakan untuk proses memotong plate SUS 304 sebagai part cover tangki. Kemudian dilanjutkan dengan proses bending untuk membentuk tangki seperti gambar kerja, serta proses welding untuk menghubungkan sisi cover tangki.

Setelah proses welding, akan dilakukan pengecekan kebocoran tangki.

Proses milling manual untuk membuat kotak part Base manifold depan lalu dilanjutkan proses CNC Milling untuk proses pembuatan profilnya. Sedangkan part Manifold Pipe di proses bubut manual.

Setelah semua part digabung (proses welding), selanjutnya di Assy dengan Base Plate Jig dan Valve. Kemudian setelah sistem baut lalu diberi sealant. Pemberian sealant dan silicon fungsinya untuk mencegah agar tidak ada kebocoran. Terutama kebocoran sambungan, lubang baut dan baut pengikat secara merata. Serta cek kebocoran pada tangki Jig dengan base manifold depannya.

BACA JUGA  Pemesinan CNC Prototipe Untuk Validasi Desain - 2/4

Assy Lifter

Pada Lifter ditempatkan Jig Produk. Berfungsi sebagai dudukan untuk mengeluarkan dan merendam Produk ke dalam Tangki Jig. Prinsip kerja Lifter ini turun dan naik ke dalam Tangki Jig.

Dalam pembuatannya menggunakan material besi dengan jenis S50C dan Piston Rod (sebagai pengarah).

Hal yang harus diperhatikan adalah ketika mensetting speed control pada compact cylindernya. Agar saat naik dan turun dapat bersamaan dan tidak miring. Langkah Lifter pun perlu diperhatikan, terutama saat turun agar tidak terjadi tabrakan dengan Base Plate atau dasar Tangki Jig.

Assy Jig Produk

Jig Produk merupakan komponen utama. Berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan produk dalam proses washing. Di dalam Jig Produk, ada satu part yang sangat sensitif. Bila salah penanganan dalam proses assy, maka akan menyebabkan tidak terkoneksinya jig dengan mesin. Karena fungsi part ini akan memberi sinyal ke mesin bahwa proses washing siap dimulai. Part tersebut adalah Pin Simulasi.

Prinsip kerjanya Jig Produk ini adalah Produk dimasukkan ke jig. Lalu perhatikan pin yang menonjol pada block spray hingga masuk ke produk. Tekan tombol clamp pada mesin dan clamper atas akan menekan produk selanjutnya clamper bawah menekan produk dan produk mendorong pin simulasi. Kemudian (menutup jalur angin) akan terbaca di system Tacometer (pressure gauge akan menunjukkan tekanan angin).

Tekanan angin targetnya adalah 0.1 bar. baru pin tersebut akan memberi sinyal bahwa mesin siap untuk proses washing.

Proses pembuatannya kebanyakan menggunakan mesin milling CNC agar presisi dan cepat. Semua part besi ada proses pelapisan permukaan dengan di chrome platting untuk mencegah karat.

Assy Nozzle Atas, Samping Kanan & Kiri

Nozzle Atas, Samping Kanan & Kiri merupakan komponen yang dapat mengeluarkan angin bertekanan. Berfungsi sebagai alat untuk menghilangkan sisa burry yang tersangkut atau terjebak pada Produk.

Posisi nozzle berada di Atas, Samping Kanan & Kiri produk. Nozzle harus steril dari kotoran atau tidak terjadi sumbatan agar proses penyemprotan dapat maksimal.

Bila penyumbatan terjadi, periksa nozzle dengan cara melepasnya dari bracket nozzle lalu semprotkan dengan angin. Bukan hanya nozzle saja yang harus di cek, selang yang menuju ke nozzle pun perlu dicek. Apakah ada yang menyumbat atau tidak.

Dalam proses pembuatannya menggunakan mesin CNC, serta material S50C dan Plate 5mm agar tidak berkarat diproses Chrome plating.

Assy Nozzle Depan

Nozzle Depan merupakan komponen yang dapat mengeluarkan angin bertekanan. Berfungsi sebagai alat untukmembersihkan sisa burry yang tersangkut atau terjebak di Produk. Posisi nozzle berada di bagian depan yang digabungkan dengan Assy Tangki Jig.

Material yang digunakan menggunakan S50C, Plate tebal 5mm, serta Piston Rod Ø12, Fitting-fiting dari produk SMC. Dalam proses pembuatannya menggunakan mesin CNC, serta material S50C dan Plate 5mm agar tidak berkarat diproses Chrome plating.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan Jig dan Fixture.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Ikuti juga kursus CNC online untuk meningkatkan kemamuan operator dan programmer anda di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file