jenis operasi milling cnc

Panduan Pemesinan Milling CNC Lengkap – 2/3

Setelah operator mencekam benda kerja seperti yang disebutkan pada  langkah 3 artikel Panduan Pemesinan Milling CNC Lengkap (1) , baru kemudian proses pemesinan milling CNC dapat dimulai. 

Selanjutnya berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis operasi pemesinan milling CNC

Jenis Operasi Pemesinan Milling CNC

jenis operasi milling cnc
operasi milling CNC kontrol pemotongan lurus

sumber : https://www.slideshare.net/

Ada beberapa jenis operasi milling.

  1. Miling muka ( face milling ). Milling muka adalah operasi milling dasar di mana pemotongan utama dilakukan oleh ujung pisau milling. Selama proses miling muka, sumbu alat potong adalah normal terhadap permukaan benda kerja. Alat potong yang digunakan untuk milling muka biasanya memiliki diameter besar untuk dapat memotong sebagian besar area benda kerja. Atau menggunakan pisau ujung bola untuk permukaan benda kerja yang rumit.
  2. Plain Milling berlawanan dengan milling muka. Dimana bagian sisi alat potongnya yang melakukan pemotongan pada permukaan benda kerja. Dengan sisi potong yang lebih panjang, maka  lebih  panjang pula permukaan benda kerja yang dapat dipotong, dengan sisi potong yang lebih besar maka  lebih besar pula bagian benda kerja yang dapat dipotong..
  3. Milling sudut. Milling sudut cocok untuk pembuatan poket dalam dan permukaan cekung. Sumbu alat potongnya berada pada sudut konstan terhadap permukaan benda kerja. Sehingga dapat menjangkau area yang dalam dengan alat potong yang lebih pendek.
  4. Milling bentuk. Milling bentuk adalah proses milling yang paling jarang dilakukan dibandingkan dengan metode milling lainnya. Proses ini membutuhkan alat khusus. Biasanya milling bentuk digunakan untuk membuat roda gigi, atau untuk membuat alur cembung dan cekung, fillet, chamfer, dan sebagainya. Pada Proses Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan prototipe jarang menggunakan teknik ini, karena mahal dan tidak terlalu efisien.
BACA JUGA  Bengkel Pemesinan CNC - Panduan Terbaik - 4/4

Peralatan Milling CNC

pemesinan cnc
pemesinan cnc

Peralatan utama untuk pemesinan milling CNC adalah Sumbu  milling CNC. Parameter utama yang menentukan kemampuan peralatan milling adalah jumlah sumbu. Peralatan milling CNC dasar memiliki 3 sumbu gerakan: XYZ. Untuk peralatan mesin 4 sumbu dapat memutar ke salah satu sumbu untuk mencapai orientasi alat potong yang lebih baik. Sedangkan peralatan mesin 5-sumbu dapat berputar ke 2 sumbu dan dapat memproduksi hampir semua permukaan benda kerja dengan toleransi yang sangat ketat dan permukaan akhir yang baik.

Untuk Peralatan Mesin Milling CNC akan dibahas pada artikel selanjutnya yang berjudul Panduan Pemesinan Milling CNC Lengkap (3)

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

1 thought on “Panduan Pemesinan Milling CNC Lengkap – 2/3”

  1. Pingback: Panduan Pemesinan Milling CNC Lengkap - 3/3 - Peralatan Mesin Milling

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file