auto mobile robot

Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri Part 2/3

Masa Depan Industri Cerdas

Krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi telah mengungkap kerentanan tersembunyi khususnya pada rantai pasokan global; dan pada kurangnya daya tanggap dan kemampuan beradaptasi. Produsen membutuhkan ketahanan, fleksibilitas, dan skalabilitas, itulah sebabnya mereka beralih ke teknologi dan otomatisasi untuk mengikuti perkembangan zaman. Saat ini ada beberapa teknologi yang telah ditingkatkan dan dibutuhkan untuk menciptakan pabrik manufaktur untuk menjadi lebih tangguh.

Baca Tulisan Sebelumnya Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri Part 1/3

Robot Berjalan Otomatis

Yang paling umum terlintas dalam pikiran seseorang ketika berpikir tentang robot di industry manufaktur  adalah Automated Mobile Robots, lebih sering disebut sebagai AMR. Robot-robot ini memiliki serangkaian sensor yang memungkinkan mereka untuk memahami dan memperkirakan lingkungan mereka,  melakukan perjalanan di seluruh pabrik, dan melakukan tugas mereka dengan cara seefisien mungkin.

Ketika melihat proses manufaktur, teknologi terintegrasi dengan sistem kontrol pabrik; yang memungkinkan AMR meningkatkan fleksibilitas untuk membuat rute mereka sendiri antar lokasi di dalam pabrik atau fasilitas lainya. Robot juga dapat dipasangkan dengan teknologi pengisian daya nirkabel; yang memungkinkan robot untuk memandu diri mereka sendiri ke dok pengisi daya; hingga siap digunakan lagi sehingga menghilangkan kebutuhan manusia untuk menyambungkan robot secara manual ke pengisi daya; dan juga dapat mengurangi keausan pada pengisi daya.

Bionik & Perangkat yang Dapat Dipakai

Teknologi bionik dan perangkat yang dapat dipakai diarahkan untuk meningkatkan kinerja manusia; dan mempersiapkan pekerja dengan level dukungan dan produktivitas yang ekstra. Pekerja gudang sering kali mengandalkan computer tablet, pemindai, dan perangkat lain; yang dapat diintegrasikan ke dalam perangkat yang dapat dikenakan dan tampilan visualisasi informasi. Dengan  menggunakan teknologi yang mengkombinasikan gambar dari komputer ke objek aslinya maka dapat membantu mengarahkan pekerja untuk mengambil jalur paling efisien dari titik A ke titik B, menampilkan daftar periksa untuk mendapatkan referensi paling mudah dan sebagainya.

BACA JUGA  Manfaat Otomasi Pabrik Dan Manufaktur Untuk Industri Saat Ini - 1/3
auto mobile robot
auto mobile robot

Produsen perlu bekerja dengan cepat dan akurat untuk menjaga agar biaya produksi tetap rendah dan kualitas output tetap tinggi. Cara lain untuk meningkatkan pekerja adalah melalui kerangka luar; – penyangga eksternal yang dapat melindungi pekerja dan memungkinkan mereka mengangkat beban yang biasanya dianggap berbahaya. Selain itu, kerangka luar ini membantu mengurangi kelelahan pada pekerja dan mengurangi risiko cedera.

Bersambung Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri Part 3/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

2 thoughts on “Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri Part 2/3”

  1. terimakasih infonya, seiring berkembangnya jaman ternyata sekarang teknologi yang digunakan di pabrik manufaktur sangat canggih

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file