Aplikasi Pemesinan CNC pada Industri Otomotif

Mobil telah ada sejak abad ke-19 dalam beberapa bentuk atau lainnya. Penemuan mobil mengubah peradaban, menyediakan transportasi pribadi yang cepat pada sebagian besar populasi sambil menciptakan tenaga kerja baru dan memperkenalkan aspek baru budaya populer. Pada artikel ini, anda akan diberikan ulasan tentang Pemesinan CNC di Otomotif.

Industri otomotif sekarang ada di mana-mana. Dalam satu setengah abad sejak mobil pertama, proses manufaktur otomotif telah berubah secara signifikan. Ketika produksi massal mobil dimulai, sebagian besar pekerjaan perakitan dilakukan dengan tangan. Namun, sejak tahun 1960-an, robot telah menjadi hal biasa. Melakukan pengelasan dan perakitan dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat. Melakukan beberpa hal penting yang mungkin dilakukan hanya dengan tangan manusia.

Untuk komponen mobil tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan proses pemesinan CNC. Proses yang melibatkan pelaksanaan tugas-tugas seperti pengeboran dan pembuatan lubang dengan kontrol dan otomatisasi komputer. Yang mana sekarang berfungsi sebagai pilihan yang menguntungkan baik untuk pembuatan prototipe maupun produksi.

Mesin CNC mengubah file digital menjadi instruksi komputer berurutan. Kemudian yang dikirim ke alat bermotor seperti mesin bor, bubut atau milling. Alat ini mengubah balok material menjadi produk jadi dengan memotongnya di tempat yang tepat, dan dapat memberikan keakurasian yang jauh lebih tinggi daripada pemesinan konvensional.

Pemesinan CNC di Otomotif untuk Suku Cadang Mobil

Mesin

Pemesinan CNC di Otomotif dapat digunakan untuk membuat beberapa komponen penting dari mesin pembakaran mobil. Misalnya, blok aluminium besar dapat dikerjakan dengan mesin menjadi blok mesin (atau blok silinder). Menjadi struktur logam yang terdiri dari silinder mesin tempat piston bergerak naik dan turun.

Meskipun memprogram mesin CNC adalah proses yang memakan waktu dan membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. Namun, setelah disiapkan, mesin tersebut dapat menjalankan instruksinya tanpa bantuan. Ini berarti beberapa blok mesin dapat dikerjakan secara berurutan tanpa peningkatan tenaga kerja yang signifikan.

BACA JUGA  Mengapa Menggunakan Karakuri Daripada Komputer?

Kepala silinder, bagian yang menutupi silinder di atas blok silinder, juga umumnya diproduksi menggunakan teknik pemesinan CNC.

Pencahayaan

Pemesinan aluminium adalah salah satu aplikasi terpenting dari teknologi CNC dalam industri otomotif. Tetapi, bahan seperti kaca akrilik atau Poli (metil metakrilat) (PMMA) dapat digunakan untuk membuat komponen penting lainnya.

Dengan pemesinan PMMA, pabrikan dapat menghasilkan pencahayaan untuk kendaraan. termasuk lampu depan dan pencahayaan interiornya. Meskipun potongan akrilik ini perlu digerinda dan dipoles setelah pemesinan CNC. Seluruh prosesnya masih relatif cepat. Memungkinkan pembuat mobil membuat prototipe lampu baru untuk mobil mereka.

PMMA umumnya digunakan sebagai alternatif kaca yang tahan pecah. Dan dapat dibuat menjadi jendela, perisai transparan, tangki ikan, dan benda lainnya.

Suku Cadang  Lainnya

Pemesinan CNC dapat digunakan untuk menghasilkan banyak suku cadang mobil lainnya. Termasuk namun tidak terbatas pada komponen suspensi, suku cadang knalpot, rumah karburator, komponen sistem fluida, busing, dan penahan katup. Teknologi manufaktur juga sangat berguna untuk kustomisasi kendaraan dan komponennya, karena CAD memungkinkan perubahan cepat pada desain suku cadang.

Untuk pemahaman lebih jauh silahkan anda baca di tautan berikut ini.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan spare part molding, Jig dan Fixture. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di industri plastic baik sekala UMKM maupun skala besar.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file