Jasa Fabrikasi Pengelasan

Jasa Fabrikasi Pengelasan di Bekasi

Jasa Fabrikasi Pengelasan di Bekasi

Jasa Fabrikasi pengelasan adalah proses kreatifitas yang melibatkan proses fabrikasi dan pengelasan. Fabrikasi sendiri digunakan untuk membentuk bahan material logam menjadi suatu bentuk yang diinginkan sesuai standar desain yang dibuat. Setelah dibentuk, proses selanjutnya adalah melakukan pengelasan untuk menggabungkan potongan – potongan logam yang telah terbentuk dari proses fabrikasi agar menjadi kesatuan bentuk tertentu.

Namun, fabrikasi pengelasan ini biasanya digunakan untuk konstruksi baja dalam proses mengolah baja yang nantinya dibutuhkan sebagai alat dalam proses produksi untuk membangun gedung serta jenis bangunan lainnya. Dan bila anda membutuhkan Jasa Fabrikasi Pengelasan di Bekasi, silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Fabrikasi Atau Pabrikasi

Dalam pelafalannya, beberapa menyebut fabrikasi namun, beberapa juga menyebutnya pabrikasi. Tetapi diambil dari bahasa aslinya, dua kata ini memiliki arti yang sama dari bahasa Inggris, yaitu “fabrication”. Makna dari fabrication ini adalah komponen peranti. Nah, ketika banyak dipakai di Indonesia, kata tersebut diolah menjadi fabrikasi atau juga pabrikasi. Akan tetapi, jika merujuk sesuai EYD KBBI, kata yang baku adalah pabrikasi.

Fabrikasi Artinya

Sesuai dengan makna aslinya, fabrikasi ini adalah rangkaian pekerjaan untuk membuat komponen peranti. Rangkaian pekerjaan tersebut dilakukan dalam beberapa tahap untuk membuat beberapa item bagian yang nantinya digabungkan menjadi satu untuk membuat bentuk tertentu.

Fabrikasi Baja

Fabrikasi Baja merupakan proses dan tahapan untuk membentuk komponen – komponen struktur baja yang tentunya dibuat dari bahan berprofil baja atau plat baja. Workshopnya pun harus dilakukan di luar pabrik, biasanya dilakukan di lapangan dimana proyek konstruksi sedang berlangsung.

Fabrikasi Penelitian Adalah

Jika dilihat dari makna harfiahnya, fabrikasi penelitian atau fabric research, dua kata tersebut maknanya adalah membuat dan merangkum hasil penelitian dari data yang direka – reka. Bisa jadi data yang dibuat adalah data fiktif, tapi bisa juga diartikan sebagai data perkiraan.

Nah, di kasus fabrikasi dalam pembuatan komponen piranti ini dapat diartikan sebagai pembuatan piranti setelah melakukan riset kecil dan membuat data yang dibuat. Data tersebut di buat karena disesuaikan dengan desain yang dibutuhkan, dan rekaan ini dibuat karena komponen besi yang akan dibuat ini belum pernah ada sebelumnya, dan pembuat melakukan riset dan perhitungan terbaik agar hasil akhir dari komponen besi yang berbentuk itu sesuai dengan ekspektasi dan dapat digunakan di lapangan.

BACA JUGA  Untuk Mengadopsi Industri 4.0, Kita Harus Melihat ke Perusahaan Mercusuar

Contoh Fabrikasi

Ada beberapa contoh fabrikasi yang sudah diproduksi oleh perusahaan dan sudah melewati berbagai tahapan proses pengolahan serta bahan mentah dengan tahapan proses kerja fabrikasinya. Beberapa contoh hasil fabrikasi adalah:

  • Dust cooler
  • Tangki
  • Hopper
  • Struktur Konstruksi
  • Conveyor pabrik

Teori Pengelasan Pdf

Pengelasan adalah bagian yang dilakukan setelah melakukan fabrikasi saat memproses baja menjadi beberapa komponen hingga menjadi satu kesatuan utuh yang nantinya dijadikan alat produksi untuk manufaktur.

Dasar Teknik Fabrikasi

Teknik dasar fabrikasi pengelasan dalam membuat baja ada 3, yaitu.

  1. Proses onshore/offshore fabrication atau proses fabrikasi serta instalasi yang dibuat di darat (onshore) atau di laut (offshore)
  2. Teknik pemotongan baja setelah diberi tanda. Sehingga menjadi potongan yang bisa digabungkan dan membentuk model alat yang akan digunakan nantinya
  3. Teknik pengeboran untuk membuat lubang yang sesuai standar pada site
  4. Teknik yang dilakukan dalam proses penyetelan. Proses ini juga dikenal juga sebagai las titik sebelum komponen baja satu dan komponen lainnya digabung.
  5. Proses dalam pengelasan. Teknik ini dilakukan untuk menyambung dua logam dengan api atau sesuatu yang panas.
  6. Memeriksa produk setengah jadi atau sudah jadi.

Alat Fabrikasi

Jasa Fabrikasi Pengelasan

Meskipun fabrikasi dan pengelasan dilakukan untuk membuat ‘alat’ yang digunakan sebagai alat produksi pada pabrik, tentu saja proses fabrikasi ini membutuhkan alat khusus. Berikut alat – alatnya:

  • Mesin Las
  • Cutting Torch
  • Grinda
  • Plasma Cutting
  • Alat bantu lainnya, termasuk: paju, cukit, strong badge, plate ‘L’ dan ‘U’.

Jadi, proses fabrikasi pengelasan membutuhkan banyak alat. proses, dan riset. Jika perusahaan Anda sedang membutuhkan alat khusus yang digunakan sebagai alat produksi, perusahaan kami, PT Sentra Teknika Prima bergerak dalam service pembuatan berbagai alat yang dibutuhkan perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file