jasa fabrikasi pengelasan

Jasa Fabrikasi Pengelasan untuk Perlengkapan dan Peralatan Pabrik di Jabodetabek

Bagikan

Jasa Fabrikasi Pengelasan

Seiring berkembangnya zaman dan industri sekarang ini, tentunya kebutuhan untuk memproduksi produk besar – besaran. Fenomena ini tentu banyak dilakukan oleh banyak pabrik karena jumlah orang yang mengkonsumsi produk tersebut semakin banyak jumlahnya. Dan hal ini berlaku untuk hampir semua lini usaha yang yang memproduksi jenis produk apa saja. Mulai dari alat kecantikan, makanan, hingga mesin bermotor.

Kebutuhan akan alat yang dibutuhkan oleh pabrik sebagai alat produksi ini membutuhkan proses pengelasan fabrikasi. Proses tersebut membutuhkan kreatifitas dan usaha untuk membentuk logam menjadi suatu bentuk yang diinginkan sesuai standar desain yang diperlukan nantinya. Proses ini membutuhkan proses khusus dan anda dapat berkonsultasi dan membuat bentuk alat khusus yang perusahaan anda butuhkan, Sentra Teknika Prima akan siap membantu.

Jika anda ingin tahu lebih lanjut apa itu proses pengelasan fabrikasi, artikel ini untuk anda.

Proses Fabrikasi Adalah

Atau disebut juga sebagai workshop fabrications disebut proses konstruksi alat. Proses ini biasanya dilakukan di sebuah gedung yang sudah dipersiapkan atau di lapangan. Jadi tidak bisa dilakukan di suatu pabrik tetap. Dalam prosesnya, proses produksi ini membutuhkan beberapa alat termasuk: mesin pemotong plat, mesin las, mesin overhead crane, dan mesin bending.

Contoh Fabrikasi

Karena proses pengelasan fabrikasi dibutuhkan oleh perusahaan yang membutuhkan alat besar atau alat khusus. Beberapa contoh proses yang membutuhkan fabrikasi adalah:

jasa fabrikasi pengelasan
  • Ducting
  • Conveyor pabrik
  • Tangki
  • Dust cooler
  • Struktur konstruksi
  • Hopper

Contoh di atas membutuhkan produksi yang harus melalui proses pengolahan dan juga manipulasi data dan material yang kemudian diproses dalam kerja fabrikasi.

Fabrikasi Penelitian Adalah

Sebelum memulai proses fabrikasi, proses ini membutuhkan riset atau penelitian. Proses ini dilakukan untuk merancang bagaimana proses fabrikasi akan dilakukan demi membuat suatu alat atau komponen dari baja.

Fabrikasi Artinya

Jika dilihat dari makna harfiahnya, fabrikasi artinya mereka – reka atau ‘membuat’. Fabrikasi sendiri biasanya identik dengan konstruksi baja yang membutuhkan beberapa proses demi membuat pemotongan hingga pengelasan untuk membentuk suatu komponen yang dibuat dari besi.

BACA JUGA  Modul Fabrikasi Pengelasan

Proses Fabrikasi Baja

Proses dalam fabrikasi baja membutuhkan 9 tahapan yaitu:

Marking

Marking ini adalah proses penandaan yang juga menjadi proses pertama. Proses ini dilakukan setelah mempersiapkan bahan untuk produksi, bahan tersebut diukur dan diberi beberapa tanda pada bahannya langsung sebelum adanya pemotongan.

Cutting

Cutting adalah proses kedua yang artinya pemotongan. Proses ini dilakukan setelah adanya proses marking atau penandaan. Proses pemotongan bahan ini menggunakan mesin potong atau cutting torch menggunakan oxy flame cutting, mesin potong hidrolik, dan cnc cutting.

Drilling

Proses ketiga adalah drilling, yaitu proses pengeboran. Dalam membentuk komponen dari besi hingga menghubungkan komponen satu dan lainnya, proses pengeboran ini tentu dibutuhkan untuk membuat lubang baut.

Assembling

Pada proses assembling, ada beberapa proses termasuk penyetelan serta perakitan dan menyambung beberapa bahan menjadi bentuk jadi.

Welding

Welding ini adalah bagian dari tahapan penting yaitu pengelasan. Karena fabrikasi pengelasan adalah dua kesatuan tahapan yang dibutuhkan dalam membuat suatu alat dari baja.

Checking

Proses selanjutnya adalah proses pemeriksaan yang tak hanya tahapan pemeriksaan namun juga pengawasan proses pembuatan alat sesuai quality control yang sudah ditetapkan.

Finishing

Setelah dilakukan pemeriksaan proses pembuatan, langkah selanjutnya adalah proses finishing. Proses ini membutuhkan pembersihan permukaan materia dari berbagai bekas proses produksi.

Blasting

Setelah finishing, langkah berikutnya adalah proses penyemprotan atau blasting. Proses ini dilakukan dengan menyemprotkan pasir menggunakan tekanan udara ke permukaan baja yang sudah dibentuk.

Painting

Proses terakhir adalah proses pengecatan atau painting. Proses ini dilakukan sesuai keinginan klien dan prosedur yang sudah disetujui bersama. 

Tujuan Fabrikasi

Proses pengelasan fabrikasi ini hasilnya disesuaikan dengan tujuan fabrikasi yang bertujuan untuk menghasilkan beberapa struktur konstruksi bangunan.

Proses Fabrikasi Logam

Merupakan proses memproduksi logam yang melibatkan proses perancangan, pemotongan, kemudian pembentukan.

Fabrikasi Chipset Adalah

Bukan hanya alat berat dan juga berukuran besar, proses fabrikasi juga dibutuhkan dalam membuat chipset. Alat mungil yang berperan seperti otak dalam perangkat ini membutuhkan proses pengelasan fabrikasi yang cukup rumit. Kami PT Snetra Teknika Prima menerima jasa fabrikasi pengelasan.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file